Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan Bagi Anak

Banyak orang tua yang cemas jika anaknya bermain dengan hewan. Karena takut memicu alergi, membahayakan keselamatan anak, dll. Namun, menurut Alan Beck selaku pengurus Center for the Human Animal Bond Universitas Purdue mengatakan bahwa,”Anak yang memiliki hewan peliharaan secara tidak sadar telah belajar komunikasi nonverbal”.

Sementara itu Gail F Melson, profesor perkembangan manusia dan studi keluarga di Purdue, menguraikan, anak-anak yang mengembangkan hubungan dengan hewan mungkin akan lebih mudah berempati. Selain itu, beberapa anjing memang telah dilatih dan disertifikasi untuk membantu terapi, seperti yang telah dilakukan oleh Autism Service Dogs of America.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda ambil ketika memelihara hewan peliharaan, diantaranya:

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan Bagi Anak

manfaat-memelihara-hewan-peliharaan-bagi-anak

Membuat anak lebih aktif
Dengan adanya binatang peliharaan membuat anak-anak lebih aktif untuk bergerak dan bermain. Hal ini lebih baik ketimbang anak terlalu banyak diam di depan televisi, bermain games dan gadget.

Bertanggung jawab
Ia belajar bertanggung jawab dengan memberi makan hewan peliharaannya, membantu membersihkan kandang, dan mengajak hewan peliharaannya bermain. Secara tidak langsung ia belajar menjadi peduli terhadap mahluk hidup lain.

Rasa empati
Dengan memelihara hewan, si kecil belajar memahami apa yang dirasakan hewan, seperti sedih ketika hewan piaraannya sakit atau senang saat hewan piaraannya bertingkah lucu.

Mengajarkan kebersihan dan kesehatan
Ketika mengizinkan anak memelihara binatang, jangan lupa untuk memberitahunya hal-hal yang harus ia lakukan sebagai syarat boleh memelihara hewan peliharaan. Salah satunya adalah rajin menjaga kebersihan kandang dan memandikan hewan peliharaannya. Otomatis anak pun akan belajar untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan binatang peliharaannya, serta dirinya sendiri.

Memberikan stimulus
Menurut Dr Soedjatmiko Sp.A(K), MSi, ahli tumbuh kembang anak FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, memperkenalkan anak pada hewan juga dapat membantu memberikan stimulus pada anak.

ujar Melson seperti dilansir New York Times mengatakan bahwa,”Bukti yang paling kuat akan pentingnya hewan peliharaan, datang dari anak-anak itu sendiri, yang sering menganggap hewan peliharaan sebagai sumber dukungan emosional”.

Artikel terbaru yang meneliti sejumlah besar studi, menemukan bukti kalau anak yang tidak memiliki riwayat alergi dalam keluarganya, dan mereka yang terbiasa dengan anjing dalam periode perinatal mungkin tidak akan terlalu mengembangkan alergi dalam sistem tubuhnya.

Nah, jadi para orang tua tidak perlu khawatir lagi dengan binatang peliharaan Anda yah, asalkan Anda bisa merawat binatang tersebut dengan baik, maka hal itu tidak akan membahayakan kesehatan si kecil.