Mitos Dan Fakta Seputar Kesehatan Untuk Pencernaan Anak

Mitos Dan Fakta Seputar Kesehatan Untuk Pencernaan Anak

Bunda pasti kerap mendengar berbagai mitos yang beredar di masyarakat terkait kesehatan pencernaan si kecil. Namun bagaimana dengan fakta yang sebenarnya? Dan bagaimana peran nutrisi yang tepat dalam menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Yuk simak ulasan berikut ini.

Gangguan fungsi saluran cerna menjadi masalah umum yang kerap di alami oleh anak anak dalam kesehatan mereka. Gangguan fungsi saluran cerna merupakan kondisi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan. Gejalanya bisa beragam, seperti nyeri perut, diare, sembelit, kembung, mual dan mulas, yang kerap membuat si kecil rewel karena ketidaknyamanan yang dirasakan.

Mitos Dan Fakta Seputar Kesehatan Untuk Pencernaan Anak

Mitos dan Fakta Tentang Pencernaan Anak

Berikut ini beberapa mitos dan fakta tentang gangguan fungsi saluran cerna yang umumnya terjadi pada si kecil :

Minyak Angin atau Minyak Kayu Putih Sebagai Pereda Kembung
Mitos : Mengoleskan minyak angin atau minyak kayu putih dapat meredakan sakit perut pada si kecil

Fakta : Belum ada bukti klinis bahwa mengoleskan minyak angin atau minyak kayu putih dapat meredakan kembung pada si kecil. Namun, sensasi hangat yang ditimbulkannya dapat membuat si kecil merasa lebih nyaman. Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah mengonsumsi makanan penghasil gas seperti brokoli, kol, bawang dan kedelai.

Beberapa studi membuktikan bahwa konsumsi asupan laktosa yang direndahkan dan kaya serat dapat mengurangi risiko kembung dan gejala gangguan fungsi saluran cerna lainnya. Oleh sebab itu ibu dapat memberikan nutrisi dengan kandungan serat yang cukup dan laktosa rendah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kembung pada si kecil. Bila keluhan tampak sangat mengganggu si kecil dan tidak kunjung teratasi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter.

Gumoh Dapat Memengaruhi Nutrisi Anak

Mitos : Gumoh dapat mengganggu keseimbangan nutrisi si kecil

Fakta : Mitos ini tidak sepenuhnya salah, karena selama terjadi dalam batas yang wajar, gumoh tidak perlu di khawatirkan, namun bila terjadi secara berlebihan, maka bisa saja hal ini memengaruhi nutrisi dan tumbuh kembangnya, sehingga patut untuk diwaspadai. Meski kerap mengkhawatirkan, sebenarnya gumoh adalah hal yang wajar terjadi dalam proses perkembangan si kecil, hal ini karena ukuran lambungnya masih kecil. Di usia ini juha, cincin otot yang menunjang proses minum atau menelan si kecil belum bisa bekerja dengan sempurna.

Tidak perlu khawatir, karena si kecil umumnya akan berhenti mengalami gumoh setelah melewati usia 6 bulan. Gumoh dan muntah perlu dibedakan, gumoh terjadi sesaat setelah mendapat asupan, biasanya terjadi dengan mudah, tanpa tekanan dari perut si kecil dari bersamaan dengan sendawa dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan muntah memiliki aliran yang lebih kuat dari dalam perut hingga keluar dari mulut dalam jumlah banyak. Muntah kerap kali menandakan gangguan pada pencernaan si kecil, seperti infeksi saluran cerna. Jadi, bila gumoh dinilai berlebihan (kira kira hingga lebih dari 2 sendok makan), gumoh terjadi dengan tekanan kuat menyerupai muntah, serta gumoh menetap hingga diatas usia 6 bulan, jangan ragu untuk membawanya ke dokter.

Kopi Dapat Mengatasi Sembelit Pada Si Kecil

Mitos : Beberapa mitos yang berkembang dikalangan ibu menyebut memberikan kopi pada si kecil dapat mengatasi sembelit.

Fakta : Sembelit atau konstipasi adalah suatu keluhan sulit BAB yang sering dialami banyak orang termmasuk anak anak, kondisi ini secara utama berkaitan dengan kurangnya asupan serat dan kesehatan saluran cerna. Kopi memang dapat memancing aktivitas saluran cerna, namun disaat yang bersamaan kopi memancing peningkatan produksi urine, yang menyebabkan cairan banyak terbuang dari tubuh, termasuk pada pencernaan, ini dapat membuat kotoran semakin kehilangan kelunakannya, dan menjadi lebih sulit unuk BAB.

Lebih jauhnya, anak anak bahkan belum bisa mencerna kopi dengan baik, dan kandungan kafein didalamnya dapat memberikan efek yang mengganggu seperti gelisah, berdebar-debar, sakit kepala, sulit tidur dan gangguan pencernaan.

Asupan makanan dan minuman yang mengandung serat dan prebiotik, dapat membantu mengurangi gejala sembelit dan gangguan saluran cerna lainnya. Serat menjaga dan membantu kinerja saluran cerna dengan baik. Selain itu makanan atau minuman yang mengandung prebiotik, termasuk galakto-oligosakarida (GOS) dan frukto-oligosakarida (FOS), juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran cerna melalui fungsinya memelihara bakteri baik (probiotik) yang hidup di usus.

Nutrisi Tepat Untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Terlepas dari cara apapun yang dilakukan untuk menangani keluhan gangguan fungsi saluran cerna si kecil, mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Ada rumus sederhana untuk menjaga sistem pencernaan si kecil tetap sehat, yaitu serat, cairan dan aktivitas fisik.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan si kecil, ibu perlu memerhatikan kelengkapan asupan nutrisinya, seperti dengan memberikan asupan cukup serat dari buah, sayur, yoghurt dan biji bijian yang membantu penyerapan nutrisi, makanan berserat dan juga susu seringkali mengandung prebiotik seperti FOS dan GOS yang mampu mmeberi nutrisi bagi bakteri baik di usus, vitamin dan mineral (Vitamin A, B, C, dan D) juga zat besi baik dari daging sayuran hijau maupun susu.

Pastikan ibu mencukupi asupan cairan, dan memastikan higienitas makanan dan minuman si kecil. Selain itu, ajak si kecil untuk tetap aktif, guna memaksimalkan kinerja organ tubuhnya, termasuk saluran pencernaan dan daya tahan tubuhnya. Jika keluhan pencernaan si kecil semakin mengganggu jangan ragu untuk membawanya ke dokter.

Obat Radang Usus Buntu Pada Anak Dengan Qnc Jelly Gamat

Obat Radang Usus Buntu Pada Anak Dengan Qnc Jelly Gamat

Obat Radang Usus Buntu Pada Anak Dengan Qnc Jelly Gamat – Anak kecil biasanya sering mengalami gejala gangguan pencernaan karena pola makan anak yang masih sembarangan. Jika itu sudah terjadi, anda sebagai orang tua harus benar benar mengenali sakit yang dialami anak, bisa saja itu adalah gejala radang usus buntu.

Obat Radang Usus Buntu Pada Anak Dengan Qnc Jelly Gamat

Usus buntu sendiri, berfungsi untuk mengendalikan infeksi di dalam tubuh, karena jaringan usus ini terdiri dari jaringan limfoid fan terletak diatas usus halus dan usus besar, persinya di sebelah kanan bawah perut. Dan keluhan yang biasanya terjadi adalah terasa nyeri di daerah perut bagian bawah, rasa sakitnya bermula dari ulu hati selama beberapa hari kemudian berpindah ke bagian kanan perut dan menetap disana. Rasa nyeri nya pun bisanya bertingkat, mulai dari rasa yang masih bisa ditahan sampai kemudian harus membungkuk karena rasa sakit yang mulai meninggi. Pasien juga akan mengalami demam, mual mual hingga muntah, lalu nafsu makan hilang.

Usus buntu berukuran kira kira sebesar jari telunjuk, ujung usus ini membuntu sehingga rentan sekali terhadap infeksi. Dengan pangkal saluran yang sempit (kecil), sumbatan akan mudah terjadi baik karena sisa makanan, feses, cacing dan lendir. Sumbatan ini akan menghambat aliran darah sehingga sedikit saja ada bakteri yang terjangkit akan sulit ditoleransi tubuh.

Tanda dan Gejala Penyakit Radang Usus Buntu

Gejala usus buntu bervariasi tergantung stadiumnya :

1. Penyakit Radang Usus Buntu Akut (Mendadak). Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual muntah saja.

2. Penyakit Radang Usus Buntu Kronik. Pada stadium ini gejala yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar (tumpul) didaerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pd titik mc burney (istilah kesehatannya).

Ada beberapa pemeriksaan yang dapat di lakukan oleh tim kesehatan untuk menentukan dan mendiagnosa adanya penyakit radang usus buntu (Appendicitis) oleh pasiennya, dan jika terbukti benar, anak anda terkena radang usus buntu, segera lakukan pengobatan yang tentunya aman karena menyangkut dengan kesehatan anak anda. Untuk itu, jangan khawatir, kami rekomendasikan obat herbal alternatif untuk pengobatan secara terapis radang usus buntu yang terjadi pada anak anda secara alami, aman serta tanpa efek samping.

Qnc Jelly Gamat Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Radang Usus Buntu Pada Anak

Obat Radang Usus Buntu Pada Anak Dengan Qnc Jelly Gamat

Qnc Jelly Gamat obat herbal rekomendasi kami untuk pengobatan radang usus buntu pada anak bukan karena tanpa alasan, sudah terbukti dalam beberapa pengobatan, seperti radang ginjal, maag kronis, dan gangguan saluran pencernaan lainnya. Dengan tuntas disembuhkan secara terapis dengan qnc jelly gamat. Qnc Jelly yang terbuat dari teripang emas yang diekstrak dan diolah dengan menggunakan teknologi tinggi, menjadikan hasil ekstrak lebih jernih, tidak berbau, serta bebas dari rasa garam dengan tidak menghilangkan kandungan yang berada didalamnya. Teripang emas Qnc Jellu Gamat memang terkenal sudah sejak lama ahli dalam pengobatan. Hal hal yang mempengaruhi tersebut tidak lepas dari beberapa kandungan yang dimilikinya seperti :

Protein 86,8%. Mukopolisakarida. Glucosaminoglycans (GAGs). Antiseptik Alamiah. Glucasamine dan Chondroitin. Saponin. Omega-3, 6, dan 9. Asam amino. Lektin. Vitamin dan Mineral.

Beberapa kandungan gizi dan vitamin diatas adalah sebagian dari kandungan yang terdapat pada teripang emas Qnc Jelly Gamat, selain itu, didalam teripang emas ini terdapat pula senyawa “Gamapeptide” yang memiliki khasiat dalam meredakan rasa sakit, 3 kali lebih cepat dalam menyembuhkan luka, mencegah inflamasi (peradangan), anti virus dan antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, menstabilkan emosi, mengaktifkan pertumbuhan sel sel serta meregenerasinya, memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit.

“Penelitian yang dilakukan oleh prof. Ridzwan Hashim di Universitas kebangsaan Malayasia, beliau mengatakan teripang emas memiliki senyawa antibakteri yang dapat melawan bakteri Escherchia coli yang menyebabkan radang usus buntu, selain itu beberapa kandungan gizi dan vitamin yang sudah terdapat didalamnya membantu memperkuat sistem imun tubuh agar terhindar dari serangan infeksi virus dan kuman penyakit yang bisa kapan saja mengancam apalagi terhadap anak anak”.

Qnc Jelly Gamat juga telah mendapatkan legalitas resmi mendapatkan legalitas resmi dari Depkes dan sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. (Bisa dilihat dari kemasan).

Qnc Jelly Gamat sendiri adalah obatg herbal multikhasiat yang boleh untuk dikonsumsi bahkan semua kalangan usia termasuk anak anak, ibu hamil dan menyusui.

“Aturan Konsumsi Qnc Jelly Gamat”

>> Untuk bayi dibawah umur < 1 tahun : 1-2 sendik teh perhari
>> Untuk balita dan anak anak : 1-2 sendok makan perhari
>> Dewasa : 3×1 sendok makan perhari
>> Lansia : 3×2 – 3×3 sendok makan perhari

Jika berminat, anda bisa mendapatkan Qnc Jelly gamat obat radang usus buntu pada anak dengan cara memesan kepada kami via sms/bbm dengan contoh format pemesanan seperti berikut ini :

CARA PEMESANAN VIA SMS DAN BBM

[Kode Produk] : Jumlah pesanan: NAMA: Alamat Lengkap: No. Hp/tlpn Anda
Contoh
NMQJ : 9 botol: Ibu Susiana: Kp. Nagarakasih RT 01/RW 04 belakang rumah no 56 Kel. Kersanagara Kec. Cibeureum Kota. Tasikmalaya Jawa Barat: 085.223.944.949
KIRIM KE
Via SMS: 085.316.695.777
Via BBM: PIN BB 53227614
Tlp: 0265-339207
Whatsapp: +6852-2394-4949
#NMQJ adalah kode produk pemesanan yang harus anda cantumkan dalam setiap pemesanan anda. Agar dapat terdeteksi oleh komputer admin kami sehingga pemesanan anda dapat segera kami proses.

PROMO DI BULAN INI !!!

– Anda bisa mendapatkan potongan harga sampai Rp.100.000-, untuk pembelian QnC Jelly Gamat.
– Anda bisa mendapatkan discount berlipat mulai pemesanan 4 botol.

Daftar Harga QnC Jelly Gamat 300 ml

Pembelian Harga Asli Discount Harga Setelah Discount
1 botol Rp. 155.000 tidak ada Rp. 155.000
2 botol Rp. 310.000 tidak ada Rp. 310.000
3 botol Rp. 465.000 tidak ada Rp. 465.000
4 botol Rp. 620.000 Rp. 20.000 Rp. 600.000
5 botol Rp. 775.000 Rp. 25.000 Rp. 750.000
6 botol Rp. 930.000 Rp. 30.000 Rp. 900.000
7 botol Rp. 1.085.000 Rp. 35.000 Rp. 1.050.000
8 botol Rp. 1.240.000 Rp. 40.000 Rp. 1.200.000
9 botol Rp. 1.395.000 Rp. 63.000 Rp. 1.332.000
10 botol Rp. 1.550.000
Rp. 100.000 Rp. 1.450.000

mengirimkan format pemesanan tersebut selanjutnya kami akan memberikan balasan berupa total harga dan no.rekening pembayaran. No.rekening kami semua atas nama ARYANTO.

Berikut adalah nomor rekening kami.

Bank BCA KCU Tasikmalaya
No. Rekening : 0540606196
Atas Nama : Aryanto

Bank BRI Cab. Tasikmalaya
No. Rekening : 010001054862505
Atas Nama : Aryanto

Bank Mandiri KCP Tasikmalaya
No. Rekening : 1310009942550
Atas Nama : Aryanto

Bank BNI KC Tasikmalaya
No.Rekening : 0226098704
Atas Nama : Aryanto

Bank CIMB Niaga Cab. Tasikmalaya
No. Rekening : 4390101029118
Atas Nama : Aryanto

Obat Menyembuhkan Mata Bengkak Anak Sesuai Penyebab

Obat Untuk Menyembuhkan Mata Bengkak Anak Sesuai Penyebab

Pilihlah obat mata bengkak sangat beragam. Mulai dari obat tetes mata yang dapat dibeli bebas atau harus melalui resep dokter, antibiotik yang diteteskan, hingga krim atau salep yang dioles. Menggunakan obat mata bengkak tergantung pada penyebab serta kondisi yang menyertainya.

Mata bengkak atau edema periorbital merupakan kondisi yang mengacu pada kelebihan cairna dalam jaringan ikat di sekitar mata. Mata bengkak seringkali terjadi di kelopak mata dan dapat mengganggu aktivitas anda. Kondisi ini bisa muncul akibat beberapa sebab, karena itu sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat mata bengkak.

Obat Untuk Menyembuhkan Mata Bengkak Anak Sesuai Penyebab

Memakai Obat Mata Bengkak Sesuai Penyebab

Pastikan terlebih dahulu apa penyebab mata bengkak, sebelum menentukan jenis obat mata bengkak yang akan digunakan. Selain itu, pengobatan mata bengkak juga perlu disesuaikan dengan derajat keluhan yang dirasakan.

Penyebab mata bengkak yang sering terjadi antara lain : Alergi, infeksi, dan cedera pada mata. Berikut adalah pengobatan untuk mata bengkak sesuai penyebabnya.

1. Alergi Pada Mata
Jika mata bengkak disebabkan oleh alergi, maka anda perlu menghindari faktor penyebab alergi. Untuk pengobatan, umumnya dokter akan memberi resep obat tetes mata seperti air mata buatan ( artificial tears) untuk membilas mata dari bahan penyebab alergi, dan antihistamin baik dalma bentuk tetes mata maupun obat minum. Dokter juga dapat memberikan kortikosteroid dalma bentuk tetes mata, untuk mengobati reaksi alergi yang lebih parah.

2. Infeksi Pada Mata
Mata bengkak akibat infeksi akan menimbulkan peradangan yang disebut konjungtivitis, konjungtivitis karena infeksi seringkali disebabkan oleh virus atau bakteri dan dapat menular. Meski demikian, mata bengkak akibat konjungtivitis virus biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Namun yang mengganggu. Namun jika mata bengkka diakibatkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberi resep antibiotik dalam bentuk tets mata atau salep mata. Jika mata bengkak disebabkan oleh kondisi seperti bintitan dan kalazion, anda bisa mengompres air hangat pada mata yang bengkak untuk membantu penyembuhan, sebelum menggunakan obat mata bengkak. Selain itu, saat mengalami mata bengkak akibat bintitan, hindari penggunaan make up disekitar mata, karena dapat menyebabkan infeksi berulang.

3. Cedera Mata
Cedera pada mata sering menyertai cedera pada bagian wajah dan kepala. Mata bengkak akibat cedera biasanya menimbulkan nyeri dan memar pada mata yang terluka. Cedera mata ringan dapat membaik dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Untuk mengatasi keluhan, anda perlu beristirahat dan memberikan kompres dingin selama sekitar 20 menit pada mata yang bengkak. Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol, jika diperlukan.

Tips Mencegah Mata Bengkak

Ada beberapa cara mencegah agar mata tidak bengkak. Diantaranya adalah sebagai berikut :
>> Menghindari penyebab alergi
Lakukan pemeriksaan alergi untuk mengetahui dengan pasti apa saja penyebab alergi yang anda alami. Dengan demikian, anda dapat menghindari penyebab penyebab tersebut untuk mencegah terjadinya mata bengkak
>> Gunakan pelindung mata
Bagi anda yang serinng melakukan aktivitas dengan risiko tinggi terkena cedera mata, penting untuk menggunakan pelindung mata. Kacamata khusus yang berbahan polycarbonate juga dapat melindungi anda dari sinar ultraviolet
>> Menggunakan obat tetes mata tanpa pengawet
Saat anda menggunakan obat tetes mata, gunakanlah obat atau produk yang tanpa pengawet. Hal itu dikarenakan obat tetes mata dengan pengawet kemungkinan mengandung zat iriatif yang dapat menyebabkan iritasi mata.
>> Menjaga kebersihan tubuh
Sering mencuci tangan dan menghentikan kebiasaan menyentuh mata dapat mengurangi risiko infeksi pada mata yang dapat menyebabkan mata bengkak. Jika diperlukan, gunakan handuk atau tisu bersih saat membersihkan wajah dan mata.
>> Rajin membersihkan lensa kontak
Bagi anda yang menggunakan lensa kontak, anda harus rutin membersihkan dan mengganti lensa kontak anda. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko infeksi mata atau iritasi.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebab mata bengkak yang anda alami, sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat dan juga aman. Jika anda mengalami hal yang tidak biasa pada mata anda, seperti merasa ada sesuatu yang menempel dimata, nyeri pada mata, pandangan kabur berhari hari dan terdapat gangguan penglihatan saat mata bengkak, maka sebaiknya segera kunjungi dokter agar diberi perawatan lebih lanjut.