6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Semua orang tua ingin membentuk atau memunculkan bakat si anak untuk bekal masa depannya. Bakat atau hal-hal yang di sukai anak sebaiknya harus dimunculkan sejak dini dan orang tua harus mendukungnya karena anak akan lebih cerdas dan lebih berkembang dengan bakat yang mereka miliki dan hal tersebut dapat membuat anak lebih aktif.

Baca Juga: Khasiat QnC Jelly Gamat

Sebenarnya, pendidikan terbaik untuk anak yaitu pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Namun, tidak banyak orang tua yang mengenali bakat yang dimiliki oleh anaknya. Padahal, sebelum usia anak mencapai 3 tahun, sebenarnya sudah bisa mengenali bakat dan minat anak, karena pada usia tersebut anak biasanya mulai menunjukkan minat terhadap lingkungan di sekitarnya. Dari sinilah peran orang tua dibutuhkan untuk memberikan stimulasi beragam agar bakat anak berkembang. Berikut dibawah ini 6 cara mudah mengetahui bakat anak sejak dini.

6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Seperti yang dikutip oleh laman New Kids Center yang ditulis Rabu (25/05/2016), pada usia muda atau saat anak masih bayi memang tidak ada ara untuk mencari ciri-ciri dari bakat anak kecuali Anda menyewa seorang profesional yang ahli melihat bakat anak. Meski demikian, Anda dapat melihat tanda-tanda yang mungkin saja muncul pada si kecil dengan cara seperti dibawah ini:

  • Motorik lebih cepat

Melihat bakat atau minat anak dapat dilihat dari kemampuan motorik anak (terutama usia bayi) dengan melihat cepat atau lambatnya anak mampu merangkak, berjalan, bahkan bicara. Anak yang memiliki kemampuan motorik lebih awal diyakini memiliki keunggulan di masa pertumbuhannya kelak.

  • Keterampilan bahasa

Bayi yang berbakat cenderung lebih cepat berbicara. Selain itu ia juga akan menunjukkan minat membaca atau memahami gambar pada buku saat usia 6 ulan. Bahkan mereka juga mampu berbicara saat usia 14 bulan dan mengulang perkataan yang diucapkan saat usia 18 bulan.

  • Memiliki daya fokus yang baik

Kebanyakan bayi atau balita akan kehilangan minatnya untuk mendengarkan cerita atau membaca buku cerita dengan cepat. Namun, anak yang memiliki intelegensi tinggi akan duduk dan fokus mendengarkan seluruh cerita hingga selesai, lalu ia baru mengerjakan kegiatan lainnya.

  • Memiliki prilaku dan emosional khusus

Anak yang memiliki intelegensi yang tinggi cenderung memiliki emosi yang kompleks seperti mampu memberitahu teman sebayanya untuk berempati. Sedangkan anak yang memiliki emosional yang kurang sensitif, kurang merasa empati terhadap orang lain. Hal ini menandakan dia memiliki kemampuan pemahanan standar.

  • Memiliki imajinasi

Anak-anak yang berbakat cenderung memiliki imajinasi atau khayalan yang luar biasa, bahkan terlalu canggih. Imajinasi itu mampu diperankan si kecil dengan baik. Tidak sedikit dari mereka yang merasa memiliki teman imajinasi.

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi bisa menjadi tanda ia memiliki kemampuan intelegensi yang tinggi dari ukuran normal. Biasanya anak akan mampu memainkan benda apapun yang bukan mainannya.

Mungkin memang sedikit berbahaya bila ia memainkan benda tajam. Namun, selama Anda bisa memastikan mengontrol si kecil saat ia bermain di rumah, hal berbahaya dapat dicegah.

Baca Juga: Khasiat Kandungan Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Itulah beberapa cara mudah mengenali bakat anak sejak dini. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak sajian artikel kami hari ini.

| 6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *