Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Batuk adalah sesuatu yang normal, karena batuk dapat membantu tenggorokan Anda bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Batuk yang terjadi bisa disebabkan oleh alergi, virus atau pun bakteri. Apabila batuk yang terjadi disebabkan oleh virus atau bakteri, biasanya akan berlangsung selama satu hingga dua minggu. Namun, bila disebabkan oleh alergi tertentu, biasanya berlangsung lebih lama. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab batuk Anda.

Artikel Terkait: QnC Jelly Gamat

Kini telah banyak sekali di toko obat yang menawarkan berbagai obat batuk. Namun, sebelum Anda mengkonsumsi obat tersebut, alangkah baiknya untuk mencoba membuat ramuan obat dari bahan alami, apa sajakah? Berikut ini bahan-bahan alami untuk meredakan batuk.

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Madu
Menurut satu studi, madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif ketimbang sejumlah obat yang mengandung dekstrometorfan (penekan batuk). Anda bisa membuat ramuannya sendiri di rumah, yaitu dengan mencampurkan madu dua sendok teh dan teh herbal kemudian ditambah dengan air hangat serta lemon.

Telah diakui, madu dapat menenangkan tenggorokan, sedangkan lemon dapat membantu kemacetan di dalam tenggorokan. Namun, Anda juga bisa hanya memakan madu dengan mengoleskannya pada roti atau meminumnya sebanyak satu sendok makan.

Probiotik
Ada bukti bahwa Lactobacillus (bakteri di susu), dapat mengurangi kemungkinan pilek atau flu, serta kepekaan terhadap alergen tertentu seperti serbuk sari. Oleh karena itu, konsumsi probiotik yang sudah ditambahkan ke dalam beberapa jenis yoghurt.

Nanas
Ada bukti yang menunjukkan bahwa bromelain yang hanya ditemukan di dalam batang dan buah nanas, dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan Anda. Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain di dalamnya, makan sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Namun, meski nanas baik untuk meredakan batuk. tetapi Anda juga harus berhati-hati jika sedang menggunakan antibiotik seperti amosisilin, karena bromelain dapat meningkatkan penyerapan antibiotik.

Daun mint
Mentol yang ada di dalamnya dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan yang membantu memecah lendir. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan meminum teh peppermint atau dengan menghirup uapnya.

Untuk membuat uapnya, tambahkan 3 hingga 4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 mililiter air panas. Lalu kenakan handuk di atas kepala Anda dan ambil napas dalam-dalam di atas airnya.

Tanaman marshmallow
Daun dan akar marshmallow telah digunakan sejak zama kuno untuk mengobati sakit tenggorokan dan menekan batuk. Tanaman ini mengandung getah yang akan melapisi tengorokan dan menenangkan iritasi.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan akar marshmallow sebagai teh atau dalam bentuk kapsul. Namun mereka tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Garam dan air
Caranya, campurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dengan 8 ons air hangat, dan kumur-kumur beberapa saat. Namun perlu diperhatikan, cara ini belum bisa dicoba pada anak di bawah umur enam tahun, karena mereka belum begitu baik dalam hal berkumur. Lebih baik gunakan pengobatan lain untuk anak di kelompok usia ini.

Daun thyme
Anda dapat membuah teh thyme di rumah dengan menggunakan dua sendok teh daun thyme yang sudah dihancurkan dan satu cangkir air panas. Tutup cangkir tersebut, tunggu beberapa saat dan saring.

Nah, jadi itulah beberapa bahan-bahan alami dan cara membuat ramuannya. sEmgoa bermanfaat dan selamat mencoba serta lekas sembuh. Aamiin

| Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *