Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Menjaga kebersihan merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan terutama pada bayi yang masih rentan terkena virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit. Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan adalah telinga. Tidak hanya mencegah penumpukan kotoran, membersihkan telinga juga membantu menghilangkan sel-sel mati yang telah menumpuk pada lipatan telinga.

Membersihkan telinga harus dengan hati-hati. Pasalnya, apabila bunda salah dalam hal membersihkan telinga maka akan terjadi komplikasi yang berakibat fatal bagi kesehatan, seperti infeksi telinga, rusaknya gendang telinga dan bisa pula mengganggu pendengaran. Berikut ini cara membersihkan telinga pada bayi dengan benar.

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Bersihkan ketika waktu mandi
Karena, dengan kondisi telinga yang basah memudahkan proses pembersihan telinga. Ibu bisa menggunakan kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga, bagian lipatan telinga sercara lembut dan perlahan.

Gunakan dengan kain hangat
Rendam kain terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian gunakan untuk membersihkan telinga secara perlahan. Dengan hal ini, maka akan bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati juga.

Hindari membersihkan telinga dengan kapas
Tidak dianjurkan membersihkan telinga dengan cutton bud atau kapas pembersih telinga kedalam telinga bayi. Cukup gunakan kapas pada bagian luar telinga saja. Hal ini dikarenakan, apabila ibu memasukkan kapas kedalam telinga bayi maka dapat berisiko kapas tertinggal didalam telinga, sehingga dapat merusak gendang telinga.

Jangan membersihkan telinga pada keadaan bayi sudah kering
Hal ini dapat menyebabkan bayi terkena iritasi pada kulit telinga dan juga terjadi goresan yang menyebabkan infeksi.

Berhati-hati dan telitilah saat membersihkan telinga
Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman ketika Bunda sedang membersihkan telinganya sehingga tidak jarang bayi akan bertingkah. Bunda harus waspada, berhati-hati dan ekstra sabar dalam menghadapinya. Karena, jika tetap dipaksakan untuk membersihkan telinga bisa saja akan terjadi cedera yang serius pada bayi.

Bersihkan telinga bayi menggunakan tetes telinga
Namun, sebelum ibu menggunakannya, sebaiknya ibu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter supaya tidak salah langkah.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga bayi dengan benar. Semoga bermanfaat buat para ibu baru.

| Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Tips untuk Bunda dalam Mencegah Ruam Pada Bayi

Kulit bayi yang halus dan lembut sangat rentan terhadap kontaminasi zat asing. Apabila kulit bayi terpapar zat asing tadi, reaksi yang paling sering muncul adalah ruam.

Menurut dokter spesialis anak Rini Sekartini, pada tahun pertama, masalah kulit yang acap muncul pada bayi ada tiga yaitu ruam susu, ruam popok dan biang keringat. Ruam susu adalah gangguan kulit yang berupa bintil merah di pipi yang muncul setelah bayi menenggak air susu ibu.

Pada ruam popok, bintil muncul diarea pantat dan sekitar pinggang bekas popok. Sedangkan biang keringat lumrah dijumpai pada lipatan-lipatan tubuh bayi atau bagian yang sering basah oleh keringat seperti punggung.

Selain itu, dokter Rini juga mengungkapkan bahwa pemakaian minyak dan sebagainya harus segera dihentikan saat bintil-bintil pada kulit muncul supaya ruam tidak melebar. Berikut dibawah ini tips untuk bunda dalam mencegah ruam pada bayi.

Tips untuk Bunda dalam Mencegah Ruam Pada Bayi

Tips untuk Bunda dalam Mencegah Ruam Pada Bayi

Perhatikan asupan bayi
Apabila kulit bayi bereaksi memerah setelah menetek, yang harus diperhatikan adalah asupan ibu. Alergi yang diderita bayi berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh si ibu.

Selalu bersihkan kulit bayi
Jika bayi selesai buang air, makan dan berkeringat, segeralah bunda membersihkannya dengan air atau tisu basah. Pilihlah tisu basah non-alkohol untuk menghindari risiko iritasi.

Pelajari teknik membersihkan alat kelamin bayi
Bagi bayi perempuan, basuh dari depan ke belakang ke arah anus. Adapun untuk bayi laki-laki, tarik kulupnya perhan hingga tampak lubang kencingnya, barulah kemudian bersihkan.

Jangan gunakan antiseptik
Produk-produk antiseptik sesuai untuk anak yang tumbuh-kembangnya sudah nyaris sempurna, misalnya pada usia sekolah dasar. Di bawah usia tersebut, pilihlah produk yang kandungan bahayanya rendah (low hazard).

Hindari penggunaan detergen
Saat membilas perlengkapan bayi, sebaiknya Anda menghindari penggunaan detergen karena bisa meninggalkan residu pada peralatannya. Pilihlah produk yang food grade sehingga aman ketika bayi menelannya.

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan dirumah untuk menjaga kesehatan bayi Anda. Semoga tips ini membantu Anda.

Artikel lainnya obat qnc jelly gamat

Cara Mengobati Gatal Pada Bayi Akibat Ruam Popok

Ruam popok pada bayi sering ditandai dengan kemunculan kulit kemerahan pada bokong bayi. Sehingga bayi sering nangis karena rasa gatal dan rasa tidak nyaman. Ruam popok ini terjadi akibat adanya peradangan pada kulit bayi yang tertutup popok seperti bokong. Ruam ini biasanya terjadi karena reaksi kulit terhadap urine dan tinja.

Pada umumnya, ruam popok memang tidak berbahaya. Namun, sering kita melihat kasian pada bayi yang mengalaminya karena dia akan merasakan gatal serta ketidak nyamanan. Maka dari itu, sebaiknya bunda pintar-pintar dan dalam merawat dan mengobati ruam pada popok buah hati bunda. Berikut ini cara mengobati gatal pada bayi akibat ruam popok.

Cara Mengobati Gatal Pada Bayi Akibat Ruam Popok

screenshot_20

Ruam popok umumnya terjadi pada dua tahun pertama, terutama saat bayi berusia 9 bulan hingga satu tahun atau kambuh saat buah hati Anda masih memakai popok. Untuk mengatasinya, sebaiknya hentikan terlebih dahulu pemakaian popok untuk mengurangi gejalanya, lalu berikan obat herbal gatal akibat ruam popok pada bayi dengan QnC Jelly Gamat.

Herbal yang dibuat dari ekstrak teripang ini sudah terbukti aman diberikan pada bayi dan ampuh atasi gatal akibat peradangan, dll. Di produksi oleh PT. Bijaksana Maju Utama, Indonesia yang telah terdaftar di Lembaga Kesehatan DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan telah bersertifikat HALAL dari MUI.

Didalam dunia medis, teripang juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa, diantaranya untuk penyembuhan luka seperti luka bakar, luka gores, sayat, mengatasi kulit gatal, sebagai tonik ginjal, darah tinggi, jerawat, asam urat, maag, masalah persendian pada usia lanjut, tumor, kista, kanker, stroke, kesehatan liver, kesehatan jantung dsb. Bahkan sudah banyak penelitian tentang khasiat dari ekstra teripang.

Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia. Dari hasil penelitiannya disebutkan bahwa ” teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.”

Hasil dari penelitian dan study diatas cukup menjelaskan mengenai manfaat teripang bagi kesehatan. Semoga hal ini bisa menjadi referensi Anda dalam mengobati gatal ruam popok pada bayi Anda. Jika berminat, pemesanan bisa dilakukan dengan mengirimkan pemesanan melalui SMS, BBM atau Whatsapp dengan mencantumkan kode produk YGAA dalam setiap pemesanan Anda, seperti contoh dibawah ini.

Dapatkan discount dan promo potongan harga bagi Anda yang memesan lebih dari 2 botol. Untuk info selengkapnya, bisa buka dihalaman CARA PEMESANAN QNC JELLY GAMAT.

6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Semua orang tua ingin membentuk atau memunculkan bakat si anak untuk bekal masa depannya. Bakat atau hal-hal yang di sukai anak sebaiknya harus dimunculkan sejak dini dan orang tua harus mendukungnya karena anak akan lebih cerdas dan lebih berkembang dengan bakat yang mereka miliki dan hal tersebut dapat membuat anak lebih aktif.

Baca Juga: Khasiat QnC Jelly Gamat

Sebenarnya, pendidikan terbaik untuk anak yaitu pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Namun, tidak banyak orang tua yang mengenali bakat yang dimiliki oleh anaknya. Padahal, sebelum usia anak mencapai 3 tahun, sebenarnya sudah bisa mengenali bakat dan minat anak, karena pada usia tersebut anak biasanya mulai menunjukkan minat terhadap lingkungan di sekitarnya. Dari sinilah peran orang tua dibutuhkan untuk memberikan stimulasi beragam agar bakat anak berkembang. Berikut dibawah ini 6 cara mudah mengetahui bakat anak sejak dini.

6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Seperti yang dikutip oleh laman New Kids Center yang ditulis Rabu (25/05/2016), pada usia muda atau saat anak masih bayi memang tidak ada ara untuk mencari ciri-ciri dari bakat anak kecuali Anda menyewa seorang profesional yang ahli melihat bakat anak. Meski demikian, Anda dapat melihat tanda-tanda yang mungkin saja muncul pada si kecil dengan cara seperti dibawah ini:

  • Motorik lebih cepat

Melihat bakat atau minat anak dapat dilihat dari kemampuan motorik anak (terutama usia bayi) dengan melihat cepat atau lambatnya anak mampu merangkak, berjalan, bahkan bicara. Anak yang memiliki kemampuan motorik lebih awal diyakini memiliki keunggulan di masa pertumbuhannya kelak.

  • Keterampilan bahasa

Bayi yang berbakat cenderung lebih cepat berbicara. Selain itu ia juga akan menunjukkan minat membaca atau memahami gambar pada buku saat usia 6 ulan. Bahkan mereka juga mampu berbicara saat usia 14 bulan dan mengulang perkataan yang diucapkan saat usia 18 bulan.

  • Memiliki daya fokus yang baik

Kebanyakan bayi atau balita akan kehilangan minatnya untuk mendengarkan cerita atau membaca buku cerita dengan cepat. Namun, anak yang memiliki intelegensi tinggi akan duduk dan fokus mendengarkan seluruh cerita hingga selesai, lalu ia baru mengerjakan kegiatan lainnya.

  • Memiliki prilaku dan emosional khusus

Anak yang memiliki intelegensi yang tinggi cenderung memiliki emosi yang kompleks seperti mampu memberitahu teman sebayanya untuk berempati. Sedangkan anak yang memiliki emosional yang kurang sensitif, kurang merasa empati terhadap orang lain. Hal ini menandakan dia memiliki kemampuan pemahanan standar.

  • Memiliki imajinasi

Anak-anak yang berbakat cenderung memiliki imajinasi atau khayalan yang luar biasa, bahkan terlalu canggih. Imajinasi itu mampu diperankan si kecil dengan baik. Tidak sedikit dari mereka yang merasa memiliki teman imajinasi.

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi bisa menjadi tanda ia memiliki kemampuan intelegensi yang tinggi dari ukuran normal. Biasanya anak akan mampu memainkan benda apapun yang bukan mainannya.

Mungkin memang sedikit berbahaya bila ia memainkan benda tajam. Namun, selama Anda bisa memastikan mengontrol si kecil saat ia bermain di rumah, hal berbahaya dapat dicegah.

Baca Juga: Khasiat Kandungan Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Itulah beberapa cara mudah mengenali bakat anak sejak dini. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak sajian artikel kami hari ini.

| 6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Makanan Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Asupan makanan bagi anak sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Untuk itu, sebagai orang tua anda harus bijak dalam memilih jenis makanan penunjang tumbuh kembang anak.

Makanan Penunjang Tumbuh Kembang Anak

tumbuh kembang anak

Kuning telur

Didalamnya mengandung lemak sehat seperti asam amino, kolin dan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan otak dan juga sistem saraf.

Telur ikan salmon

Merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik bagi tumbuh kembang anak dan perkembangan otak anak, bahkan lebih baik dari pada daging salmon. Selain itu, telur ikan salmon juga kaya akan antioksidan dan vitamin larut lemak, yodium dan seng.

Hati

Kaya akan vitamin A, B12 dan zat besi yang penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Hati juga mengandung kolin dan kolesterol yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Baca Juga: cara mengatasi biang keringat pada bayi

Daging Sapi

Sumber vitamin B, zat besi dan seng yang menunjukkan tumbuh kembang anak. Hasil penelitian menyatakan bahwa daging sapi khususnya sapi pemakan rumput mengandung lebih tinggi asam lemak omega 3 dan lebih sedikit lemak jenuh sehingga baik bagi kesehatan anak.

Produk berbahan dasar kelapa

Seperti kelapa parut tanpa gula, minyak kelapa, susu kelapa dan krim kelapa memberikan nutrisi yang tinggi bagi tubuh meskipun dalam sajian kecil. Meskipun produk dari kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi namun produk ini tidak mengandung lemak trans. Selain itu, produk dari kelapa juga diketahui kaya akan asam laurik, senyawa yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun yang ditemukan juga dalam ASI.

Nah itulah beberapa poin penting mengenai makanan penunjang tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat bagi calon ibu. Terimakasih atas kunjungannya di situsĀ http://www.debibahjenabiah.com/ .

| Makanan Penunjang Tumbuh Kembang Anak