Cara Melatih Anak Supaya Cerdas Sejak Dini

Cara Melatih Anak Supaya Cerdas Sejak Dini,- Dikaruniai seorang anak merupakan anugrah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita. Anak merupakan harta yang tak ternilai harganya dibandingkan apapun. sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk merawat dan mendidik anak supaya cerdas, pintar, dan berbudi pekerti yang baik.

Beberapa bayi secara alami cenderung menjadi pintar oleh faktor genetika, sementara yang lain tidak mendapatkan kepintaran dari faktor genetika. Tentu saja, setiap orang tua berharap anaknya menjadi pintar. Namun, sebagai orang tua itu adalah tugas kita untuk memelihara dan memanfaatkan potensi penuh dari anak-anak kita sejak lahir. Maka dari itu, diperlukan cara untuk mendorong pengembangan pembelajaran anak sejak dini, berikut ini cara-caranya:

anak cerdas
Cara Melatih Anak Supaya Cerdas Sejak Dini
    • Berikan ASI eksklusif

Penelitian menyatakan bahwa ASI mengandung banyak gizii yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh buah hati anda. ASI sangat bebas akteri dan memiliki suhu yang normal sehingga sangat cocok untuk bayi. Selain itu, ASI dapat meningkatkan kecerdasan otak bayi dan meningkatkan antibody. Selama proses menyesui, proses pendekatan bayi dengan ibu akan lebih intim. Dan ketika bayi menginjak kanak-kanak, otaknya akan lebih pintar diandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    • Ajak Bayi Berbicara

Sejak masih bayi, bahkan dimasa kandungan ajaklah bayi berbicara sesering mungkin. Seorang peneliti dari Sydney University mengatakan bahwa jika ingin mengajak berbicara pada bayi tidak harus dengan pujian atau guyonan. Meskipun seorang bayi belum bisa berbicara, tetapi terkadang mereka dapat merespon perkataan anda dengan sebuah ekspresi. Bukan hanya itu, otak bayi mengalami penyerapan sebegitu pesat hingga semakin lama banyak kosakata yang dipelajari. Sebagai contoh, bila anda memanggil nama bayi tersebut tidak akan lama bayi akan menoleh bila dipanggil namanya. Hal ini terbukti otak bayi menyerap semua perkataan yang didengar.

    • Mengajak Anak Bercerita

Menurut seorang pakar pendidikan Dr. Rosmarie Truglio, dengan membacakan anak cerita akan membuat anak mencintai buku bacaan, memberi kosakata baru disetiap cerita dan akan diserap oleh otak anak, ikut serta menambah keterampilan berbahasa pada anak. Tidak ada alasan terlalu dini, atau takut anak tidak mengerti. Dengan membacakan cerita setiap malam atau bahkan ketika anak tertidur akan membuat anak lebih pintar dalam berbahasa dan berkosa kata. Terlebih bila memberikan buku bacaan lengkap dengan gambar lucu dan menarik.

    • Ikut Bermain Bersama Anak

Dengan mengajak bermain akan menambah keintiman hubungan antara orang tua dan anak. Selain mempercepat proses belajar lewat bermain, anak juga akan menemukan hal-hal baru, dengan bertambah kemampuan otaknya, mengenali bakatnya, bermain juga dapat menambah kebutuhan emosionalnya, dan mendapatkan hal-hal baru. Contoh-contoh permainan yang baik untuk perkembangan otak anak, adalah puzzle, teka-teki silang, menggambar, bermain musik, ketapel. Ada juga permainan online seperti: angry bird, dan game yang diasah untuk mengingat otak si buah hati.

    • Biarkan Anak Mendengarkan Lagu

Mendengarkan lagu akan membuat anak mempelajari suatu syair, nada, dan bunyi-bunyi alat musik di dalam lagu tersebut. Memberikan lagu classic dan jazz adalah salah satu cara meningkatkan IQ anak dan meningkatkan daya ingat pada si buah hati. Mengenalkan lagu dari sejak balita atau bahkan dari semenjak didalam janin bagus untuk perkembangan otak anak. Membuat anak jauh dari cacat berfikir dan akan mempercepat penanggapan anak dalam bidang apapun. Selain itu mendengarkan lagu berpengaruh kepada emosional anak, jadi ada bagusnya mengenalkan lagu kerohanian, classic, jazz, pop, atau alternative.

    • Biarkan Anak Belajar Musik

Memberikan alat musik dari semenjak kecil akan berpengaruh besar pada perkembangan otak kanan anak. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian di Toronto University menyatakan bahwa anak yang belajar musik akan mudah meningkatkan kinerja otak kanan. Semakin diperdalam hasilnya akan terlihat jelas, dengan beberapa penelitian lain dengan musik akan meningkatkan IQ dan prestasi anak. Hal ini dapat dicoba dengan memberikan pembelajaran musik pada anak selama 6 bulan, dan dapat dibuktikan sendiri. Musik memberikan gelombang dengan pola tertentu pada otak anak.

    • Berolahraga Dan Mengenal Alam

Dengan Olahraga secara teratur baik anak maupun orang dewasa akan berdampak baik untuk kesehatan otak. Metabolisme yang lancar akan berpengaruh pada kecerdasan, pada orang dewasa berolahraga berguna menghindari stress berkepanjangan. Mengajarkan anak olahraga sejak dini akan memberikan prestasi yang baik kelak disekolahnya, selain itu anak akan mendapatkan kekebalan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Biarkan anak bermain dan mengenali alam disekitarnya selama 20 menit dalam sehari. Hal ini berfungsi untuk mengimpuls daya konsentrasi dan memori otak, terutama sikap perhatian anak. Gelombang alam nampaknya mampu memberi kesegaran pada otak anak dan memberikan rileksasi otot dan mental ditengah kegiatan anak. Dengan membaca buku ditengah rerumputan, berjalan-jalan disawah, atau bahkan bermain sepak bola akan menambah kepuasan tersendiri pada anak, juga menambah daya fungsi otak.

Demikian beberapa Cara Melatih Anak Supaya Cerdas Sejak Dini dan masih banyak lagi tips agar anak menjadi cerdas sesuai keinginan orang tua yang bisa dipelajari berdasarkan kebiasaan orang tua berinteraksi yang positif dengan buah hati anda.

| Cara Melatih Anak Supaya Cerdas Sejak Dini

Artikel lainnya:
de bibah jenabiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *