Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Menjaga kebersihan merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan terutama pada bayi yang masih rentan terkena virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit. Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan adalah telinga. Tidak hanya mencegah penumpukan kotoran, membersihkan telinga juga membantu menghilangkan sel-sel mati yang telah menumpuk pada lipatan telinga.

Membersihkan telinga harus dengan hati-hati. Pasalnya, apabila bunda salah dalam hal membersihkan telinga maka akan terjadi komplikasi yang berakibat fatal bagi kesehatan, seperti infeksi telinga, rusaknya gendang telinga dan bisa pula mengganggu pendengaran. Berikut ini cara membersihkan telinga pada bayi dengan benar.

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Bersihkan ketika waktu mandi
Karena, dengan kondisi telinga yang basah memudahkan proses pembersihan telinga. Ibu bisa menggunakan kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga, bagian lipatan telinga sercara lembut dan perlahan.

Gunakan dengan kain hangat
Rendam kain terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian gunakan untuk membersihkan telinga secara perlahan. Dengan hal ini, maka akan bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati juga.

Hindari membersihkan telinga dengan kapas
Tidak dianjurkan membersihkan telinga dengan cutton bud atau kapas pembersih telinga kedalam telinga bayi. Cukup gunakan kapas pada bagian luar telinga saja. Hal ini dikarenakan, apabila ibu memasukkan kapas kedalam telinga bayi maka dapat berisiko kapas tertinggal didalam telinga, sehingga dapat merusak gendang telinga.

Jangan membersihkan telinga pada keadaan bayi sudah kering
Hal ini dapat menyebabkan bayi terkena iritasi pada kulit telinga dan juga terjadi goresan yang menyebabkan infeksi.

Berhati-hati dan telitilah saat membersihkan telinga
Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman ketika Bunda sedang membersihkan telinganya sehingga tidak jarang bayi akan bertingkah. Bunda harus waspada, berhati-hati dan ekstra sabar dalam menghadapinya. Karena, jika tetap dipaksakan untuk membersihkan telinga bisa saja akan terjadi cedera yang serius pada bayi.

Bersihkan telinga bayi menggunakan tetes telinga
Namun, sebelum ibu menggunakannya, sebaiknya ibu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter supaya tidak salah langkah.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga bayi dengan benar. Semoga bermanfaat buat para ibu baru.

| Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *