Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Muncul biang keringat di leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, perut, atau lipatan kulit bayi lainnya ? Yuk, terapkan cara mencegah biang keringat pada bayi berikut ini.

Biang keringat bisa muncul akibat cuaca yang lembap dan panas atau jika si kecil demam dan banyak berkeringat. Selain itu, bisa juga karena pori pori kulit bayi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi dan anak anak sangat rentan terkena biang keringat karena pori pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori pori orang dewasa. Selain itu, kelenjar dan saluran keluar keringat pada bayi dan anak anak juga belum sepenuhnya berkembang.

Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat kebanyak bisa sembuh dan hilang sendiri dalam beberapa hari, kecuali jika biang keringat mengalami infeksi. Bunda bisa mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman yang dialami si kecil akibat biang keringat. Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa di terapkan :

1. Hindari Udara Panas dan Lembap

Cara mengatasi biang keringat pada bayi bisa mulai dengan memindahkian si kecil ke ruangan yang sejuk dan teduh. Jika menggunakan AC atau kipas angin, disarankan untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh si kecil.

Selain itu, apabila hendak keluar rumah, jangan lupa membawa kipas dan topi untuknya. Pastikan juga si kecil minum cukup air putih. Gunanya, untuk mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat agar bayi tidak mengalami dehidrasi.

2. Pakaian

Disarankan untuk memilih pakaian dari serat alami untuk si kecil, misalnya yang berbahan katun. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon, karena kain jenis ini dapat memerangkap panas. Selain itu, pakaikanla pakaian yang longgar kepada si kecil, atau sesekali biarkan si kecil tanpa pakaian dan popok selama beberapa waktu. Namun tetap pastikan ia tidak kedinginan.

3. Jangan Sering Digendong

Menggendong bayi ketika cuaca panas tidak disarankan apabila ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Ketika digendong, si kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh bunda. Sebaiknya tidurkan si kecil di ranjang dan membiarkan ia berbaring merangkak, atau berjalan jalan sendiri ketika bangun.

4. Menjaga Kulit Bayi Tetap Sejuk

Salah satu cara mencegah biang keringat pada bayi adalah mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat menggunakan kain basah yang sejuk. Atau, bisa juga dengan memandikannya, lalu membiarkan kulit bayi kering dengan sendirinya, tanpa menggunakan handuk.

5. Basahi ruam bayi dengan lembut, dengan lap yang sebelumnya direndam kedalam air dingin. Hal ini dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi yang disebabkan oleh biang keringat.
6. Bila bayi dalam keadaan basan sehabis mandi, lap tubuh bayi hingga kering sampai ke daerah lipatan lipatan kulit yang rentan biang keringat. Gunakan handuk berbahan katun yang baik dalam menyerap air.
7. Hindari penggunaan terlalu banyak krim dan bedak pada kulit bayi karena dapat menyumbat pori pori dan menghambat proses penyembuhan
8. Bersihkan dan potong kuku bayi untuk mencegah bayi menggaruk biang keringat dan menghindari kulit lecet
9. Selalu periksa keadaan tubuh dan kehangatan lingkungan bayi
10. Bila ingin memandikan dengan air hangat, pastikan air tersebut hangat sebatas suam suam kuku, jangan terlalu panas.

Cara mencegah biang keringat pada bayi diatas bisa di coba sendiri di rumah. Biang keringat biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Terimakasih semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *