Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan alami

Memiliki dahak yang menumpuk ditenggorokan pasti sangat tidak nyaman. Apalagi jika terjadi pada anak anda. Bila anak anda masih balita, maka hal tersebut akan sangat membuatnya rewel. Namun tenang, anda dapat menghilangkan dahak tersebut dengan hanya mengggunakan bahan bahan yang ada dirumah.

Bagaimana Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak ?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan dahak anak dengan cara yang mudah dan memakai bahan bahan yang ada dirumah anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan bahan alami ?

1. Menggunakan Madu
Seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya madu punya banyak manfaat dan kebunaan, salah satunya adalah untuk menghilangkan dahak. Bahkan para ahli menyatakan bila madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak ketimbang dengan dekongestan (obat penghilang dahak). Semakin gelap warna madunya maka semakin banyak antioksidan didalamnya dan dapat semakin efektif untuk menyembuhkan gejala yang dirasakan si anak.

Berikan anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan anak. Anda dapat memberikan anak madu sebanyak empat sampai lima kali perhari dengan dosis yang dihitung berdasarkan berat badan anak saat itu. Tapi ingat, apabila anak anda masih dibawah 2 tahun, maka sebaiknya jangan diberikan madu dan segera periksakan kedokter.

2. Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup

Air putih salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk. Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat anda andalkan. Selain bisa menghilangkan dahak anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi. Coba berikan anak anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut.

3. Minum Jus Lemon

Meskipun rasanya yang asam, jus lemon ampuh untuk menghilangkan dahak yang menumpuk ditenggorokan si anak. Tidak perlu memberikan jus lemon terlalu banyak pada anak, cukup satu sendok teh pertiga jam sekali. Pastikan anak anda minum air putih yang cukup setelah mengonsumsi jus lemon, sebab jus lemon dapat mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.

4. Mandi Dengan Air Hangat

Memandikan anak dengan air yang hangat dapat membantu melegakan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk. Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan seperti, melancarkan aliran darah, membersihkan kuman penyakit lebih ampuh, dan meringankan gejala pilek.

Jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak yang menumpuk adalah dekongestan. Dekongestan ini dapat anda dapatkan diapotek terdekat disekitar anda. Namun hati hati dengan pemberian obat jenis ini pada anak anda. Sebab jika anda salah dalam memberikan obat pada anak, anak justru bisa mengalami keracunan.

Sebaiknya anda baca aturan pakai yang ada dikemasan obat tersebut. Biasanya, anak yang dibawah 4 tahun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat obatan tersebut. Dan apabila kondisi anak tidak kunjung membaik, lebih baik anda segera membawanya kedokter untuk diperiksa lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *