Cara Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak dini

Perawatan gigi anak dimulai ketika pertama kali gigi muncul. Biasanya gigi pertama baru telihat pada usia 6 bulan, namun pada beberapa anak, gigi dapat muncul lebih awal yaitu usia 4 bulan. Lalu bagaimana cara merawat kesehatan gigi anak sejak dini?

Cara Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak dini

Cara Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak dini

  • Pembersihan gusi

Sebaiknya sebelum gigi pertama muncul, bersihkan gusi sekali atau dua kalisehari. Caranya yaitu dengan menggunakan kain lap bayi yang bersih, lingkarkan ke jari telunjuk lalu usapkan pada gusi. Membersihkan gusi akan mencegah bakteri terkumpul digusi.

Setelah gigi tumbuh, mulailah membersihkan dengan sikat gigi Walaupun gigi susu akan lepas dan digantikan gigi permanen, gigi susu memegang peranan pada perkembangan wajah dan mulut. Kebiasaan mengunyah yang baik berpengaruh pada cara makan yang baik, dan kesehatan gigi berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk itulah perawatan gigi anak diperlukan sejak awal.

  • Mencegah penumpukan gula

Sebaik anak-anak hindari makanan manis yang mengandung gula tinggi. Karena dapat membentuk karies, dimana karies ini dapat merusak kesehatan gigi karena gula yang menempel di gigi tersebut, sehingga akhirnya akan membentuk asam perusak enamel gigi.

  • Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur

Perawatan gigi anak sehari-hari harus dibarengi dengan pemeriksaan gigi anak secara teratur. Perhatikan apakah pada gigi anak muncul plak berwarna coklat atau hitam, dan bawalah anak ke dokter gigi bila Anda menemukan hal ini. Bila tidak ada masalah pada gigi, bawa anak Anda ke dokter gigi minimal 1 tahun sekali untuk pengecekan rutin.

Selain cara-cara diatas, Dokter Amr Moursi, New York University juga memberikan tips sederhana untuk merawat gigi anak. Berikut ini tipsnya

Baca Juga: Cara Membuat Ramuan Herbal Untuk Melancarkan ASI

  • Menghindari transfer bakteri

Untuk menghindarinya, hindari penggunaan mug dan peralatan makan yang sama ketika makan. Jangan menjilat atau mengulum dot anak untuk membersihkannya.

Orang tua juga harus memiliki kebiasaan merawat gigi yang baik. Selain untuk menghindari transfer bakteri penyebab karies, anak cenderung mencontoh kelakuan dan kebiasaan orang tuanya.

  • Sikat gigi teratur

Gunakan pasta gigi khusus untuk anak dan terbebas dari kandungan fluoride untuk mencegah bila mana tertelan. Dan usahakan anak menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan sedikit pasta gigi, kira-kira sebesar kacang polong untuk anak balita.

  • Jadwal makan teratur

jadwal makan sebanyak 3 kali sehari makan utama dan 2 kali semilan diantara ketiga makanan utama tersebut. Dengan jadwal ini, anak tidak makan lagi setelah sikat gigi malam dan tidur dalam kondisi gigi bersih.

Selamat mempraktekannya di rumah, dan semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga: Jual Obat Herbal Kaya Khasiat

| Cara Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *