Cara Merawat Luka Jahitan Agar Terhindar Dari Infeksi

Selama proses persalinan berlangsung tentu saja, “Miss V” atau vagina mendapatkan tugas yang berat sebagai pintu untuk keluarnya bayi dengan rata-rata berat badan 3-4 kg. Bagi yang elastis atau telah berulangkali menjalani proses persalinan normal, mungkin kondisi ini telah menjadi “hal biasa”, sehingga kondisi vagina tidak sampai mengalami pengguntingan atau episiotomi. Namun, tidak sedikit pula ibu memerlukan bantuan bidan atau dokter untuk memperlebar jalan lahir dengan cara menggunting di area perineum (area antara vagina dan dubur). Kemudian setelah itu, dokter atau bidan akan menjahit kembali bekas guntingan tersebut.

Home: Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Nah jahitan ini perlu mendapatkan perawatan yang benar, karena bila luka jahitan ini tidak dirawat secara benar takutnya malah akan terinfeksi oleh bakteri dan menimbulkan penyakit. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya anda membaca panduan kami mengenai cara merawat luka jahitan agar terhindar dari infeksi.

Cara Merawat Luka Jahitan Agar Terhindar Dari Infeksi

setelah melahirkan

Untuk menjaga kesterilan, alangkah baiknya luka jahitan segera dirawat dengan cara mengganti pembalut sesering mungkin. Setelah 6 jam dari persalinan normal, biasanya ibu akan dilatih untuk mulai bergerak seperti duduk dan latihan berjalan. Namun, semuanya itu bisa dilakukan bila keadaan ibu sudah cukup stabil dan tidak mengalami komplikasi seperti tekanan darah tinggi atau pendarahan. Untuk melakukan perawatan terhadap luka jahitan, langkah pertama yaitu siapkan bahan-bahannya seperti:

> Air hangat
> Handuk kering dan bersih
> Sabun dan waslap
> Celana dalam yang bersih
> Pembalut untuk ganti secukupnya

Cara merawat luka jahitan

  • Lepas semua pembalut kemudian ceboklah dari arah depan ke belakang
  • Basahi waslap dengan busa sabun lalu gosokkan secara perlahan pada area luka jahitan.
  • Bilaslah dengan menggunakan air hangat dan ulangi cara tersebut sekali lagi sampai ibu benar-benar yakin bahwa luka sudah bersih.
  • Setelah luka tersebut bersih dari darah kotor yang menempel, ibu bisa berendam dalam air hangat.
  • Pakailah pembalut yang bersih serta nyaman dan gunakan pula celana dalam yang bersih berahan katun.
  • Disarankan untuk tidak menggunakan celana dalam yang akan membuat vagina anda lembab dan menimbulkan iritasi.

Baca Juga: Cara Alami Menyembuhkan Luka Jahitan Setelah Melahirkan

  • Segeralah ganti pembalut anda bila anda merasakan darah sudah penuh. Karena semakin bersih kondisi luka jahitan maka akan semakin cepat pula luka tersebut sembuh dan kering.
  • Bersihkan luka setiap selesai buang air kecil.
  • Disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung protein tinggi agar luka jahitan cepat sembuh. Sumber makanan protein diantaranya yaitu ikan, telur, ayam, daging, tempe, tahu, dll. Jangan pantang terhadap makanan, ibu boleh mengkonsumsi makanan apa saja kecuali memang memiliki riwayat alergi.
  • Tidak disarankan mengkompres luka jahitan dengan obat antiseptik cair bila tidak ada resep dari dokter.

Pada intinya, kebersihan itu pangkal sehat. Jadi, sebisa mungkin kita harus bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar untuk menjaga dan mencegah perkembangan biakan bakteri, kuman, dan penyebab penyakit lainnya.

| Cara Merawat Luka Jahitan Agar Terhindar Dari Infeksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *