Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Anda perlu memperhatikan asupan gizinya. Konsumsi makanan dengan gizi yang lengkap akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Jual Obat Herbal Kaya Khasiat

Ada beragam jenis zat gizi yang perlu anak penuhi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat secara seimbang. Dengan jenis makanan yang tepat, tumbuh kembang anak bisa maksimal. Selain makanan, ada juga beberapa jus sehat untuk membantu tumbuh kembang anak. Apa saja itu? Ini dia

Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

  • Pisang

Buah yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan serat makanan. Serat makanan pada jus pisang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Kandungan vitamin A yang dimilikinya bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata balita, sedangkan asam folatnya bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

  • Tomat

Jus buah tomat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh terhadap gangguan bakteri atau organisme penyakit yang lain. Karena, tomat mengandung likopen. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfat untuk menjaga kesehatan penglihatan. Kandungan serat makanan pada tomat juga bermanfaat untuk melancarkan organ pencernaan, selain itu kandungan asam folatnya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita.

  • Apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mata, vitamin C yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh terhadap gangguan penyakit dan kandungan kalsiumnya yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan kalium pada apel juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kemungkinan dehidrasi. An Apple a day keep a doctor awat. Itulah ungkapan yang sering didengar.

  • Brokoli dan wortel

Kandungan vitamin A pada kedua sayuran ini bermanfaat untuk kesehatan mata balita. Kombinasi beta karoten pada wortel dan klorofil pada brokoli bermanfaat untuk menjaga kehalusan dan kesehatan kulit. Hanya saja pemberian wortel pada balita tidak disarankan diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan perubahan pigmentasi pada jaringan kulit dan retina.

  • Alpukat

Kandungan asam folat yang lumayan tinggi dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita. Kandungan carotenoid lutein dan beta-caroten pada alpukat juga bermanfaat untuk memelihara kelenturan lensa mata agar mata tidak cepat lelah ketika berakomodasi.

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan mineral zat besi yang tinggi dan bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berguna untuk mengikat oksigen yang berguna sebagai bahan bakar segala proses biokimia dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Merawat Anak yang Terkena Campak

Itulah beberapa jus sehat untuk tumbuh kembang si kecil. Berikan asupan nutrisi yang seimbang agar tumbuh kembang balita makin optimal. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

| Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *