Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Penyakit jantung bawaan dapat terjadi pada satu dari seratus kelahiran. Penyakit ini terjadi karena kelainan struktur jantung yang muncul sejak bayi masih dalam kandungan.

Penyakit jantung bawaan dapat menggangu kemampuan jantung untuk memompa darah dan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun demikian, ada sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung bawaan.

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Berikut beberapa faktor risiko terjadinya penyakit jantung bawaan pada anak.

>> Ketika hamil, ibu mengonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan tertentu
>> Pada trimester pertama, ibu hamil terkena infeksi virus seperti rubella
>> Kromosom atau gen pada anak mengalami kelainan, misalnya sindrom down
>> Risiko bisa menjadi dua kali lipat bila ada riwayat penyakit ini didalam keluarga

Penyakit jantung bawaan bisa dikenali ketika dokter mendengarkan suara tidak normal dari jantung yang disebut dengan bising jantung. Jika gejala ini terjadi, orang tua harus lebih sigap mengamati tanda tanda lain pada sibuah hati. Berikut ini gejala gejala lain yang perlu diwaspadai.

>> Sulit bernapas atau bernapas dengan cepat
>> Bibir, lidah, dan kuku berwarna kebiruan (sianosis)
>> Berkeringat secara berlebihan, terutama ketika makan
>> Susah makan atau kurang nafsu makan
>> Berat badan sulit atau turun

Bila ditemukan gejala tersebut pada anak, biasanya akan dirujuk ke dokter ahli penyakit jantung. Selanjutnya, biasanya dokter akan merekomendasikan pemeriksaan yang meliputi ekokardigram atau ekokardiografi transeofageal, X-rar dada, elektrokardiogram (EKG), pencitraan resonansi magnetik (MRI) serta keteterisasi jantung.

Jenis-Jenis Penyakit Jantung Bawaan

Sebagian besar jenis penyakit jantung bawaan yang ditemukan pada anak sejak dini ialah kelainan pada pembuluh darah dijantung. Kondisi dapat berdampak fatal dan memungkinkan terjadinya gagal jantung. Hal ini karena darah bersih yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh justru mengalir ke paru-paru. Sebaliknya, darah kotor yang seharusnya mengalir ke paru-paru malah mengalir ke seluruh tubuh.

Untuk dapat melakukan pengobatan yang sesuai, kenali beberapa jenis umum penyakit jantung bawaan berikut.

>> Defek Septum Atrium, yaitu adanya lubang pada dinding pemisah antara serambi kanan dan serambi kiri jantung, sehingga darah bisa mengalir ke paru paru
>> Defek Septum Ventrikel, seperti pada jenis defek septum atrium. Perbedaanya, lubang terdapat pada dinding antara bilik kanan dan kiri jantung. Lubang yang berukuran kecil dapat merapat dengan sendirinya secara bertahap. Namun, tidak demukian pada lubang yang berukuran besar.
>> Defek Kanal Atrioventrikular atau kelainan saluran atriobentrikular umumnya terjadi pada anak dengan down syndrome. Biasanya terdapat lubang diantara serambi atau bagian atas jantung, maupun lubang lain pada bilik atau bagian bawah jantung. Disamping itu, ada katup besar yang mungkin kurang sempurna.
>> Foramen Ovale Persisten bisa dikatakan tidak separah jenis lainnya. Jenis ini merupkan lubang normal yang berada diantara serambi jantung pada janin. Biasanya lubang tersebut tertutup pada beberapa bulan kehidupan pertama bayi. Namun, lubang yang tidak tertutup sempurna pada sebagian orang biasanya tidak menimbulkan masalah.
>> Sindroma Hipoplastik Jantung Kiri biasanya dideteksi ketika bayi mengalami kondisi kritis pada masa awal kehidupannya. Sindrom ini diakibatkan kurang sempurnanya perkembangan jantung bagian kiri sehingga tidak mampu memompa darah secara adekuat ke seluruh tubuh.
>> Duktus Ateriosus Persisten yang umum menimpa bayi prematur adalah kondisi dimana darah mengalir terlalu banyak ke paru paru bayi. Hal ini terjadi akibat duktus tidak menutup setelah bayi lahir.

Duktus steriosus merupakan pembuluh darah normal kyang menguhubungkan aorta (pembuluh arteri utama) dan arteri pulmonalis. Duktus terbuka ketika janin masih berada dalam kandungan dan mendapat oksigen dari ibu. Ketika lahir dan bisa bernapas secara mandiri, duktus seharusnya menutup untuk menghindari tercampurnya darah bersih dan darah kotor.

>> Tetralogi Fallot sering kali menimbulkan gejala berupa warna kebiruan pada anak. Jantung, tetralogi tersebut yaitu defek septum ventrikel, penebalan bilik kanan jantung, penyempitan pada lubang masuk arteri pulmonalis, serta kondisi medis pada jantung. Tetralogi tersebut yaitu defek septum ventrikel, penebalan bilik kanan jantung, penyempitan pada lubang masuk arteri pulmonalis, serta kondisi dimna aorta yang seharusnya hanya menyalurkan darah dari serambi kiri justru menerima darah dari serambi kanan dan kiri jantung.

>> Anomali Total Hubungan Vena Pulmonalis juga dapat menimbulkan gejala kebiruan. Gejala lainnya yaitu anak kesulitan bernapas. Hal ini akibat vena pulmonalis mengalami anormali atau berbeda dari kondisi normal.

Normalnya, vena pulmonalis bertugas mengantarkan darah bersih dari paru paru ke serambi kiri. Namun pada kondisi anomali, pembuluh vena pulmonalis mengantarkan darah ke jantung melalui jalur lain yang mungkin menyempit akibatnya tubuh kekurangan darah bersih.

>> Transposisi Arteri Besar adalah tertukarnya posisi aorta dan ateri pulmonalis. Aorta menerima darah kotor dan mengembaliknnya ketubuh. Arteri pulmonalis menerima darah besih dan mengembalikannya ke paru paru.

Pada kondisi normal, aorta harusnya mengantarkan darah besih ke seluruh tubuh. Dan arteri pulmonalis menerima darah kotor lalu mengantarnya ke paru paru. Karena terbaliknya tugas pembuluh darah, tingkat oksigen dalam darah menjadi sangat rendah, sehingga bayi menjadi sangat biru. Kondisi ini memerlukan pertolongan medis segera setelah kelahiran bayi.

Mencegah Penyakit Jantung Bawaan

Kunci pencegahan penyakit ini terletak pada perawatan bayi sejak masih dalam kandungan atau disebut asupan prenatal. Berikut beberapa langkah perawatan prenatal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil.

>> Pengecekan darah sejak awal kehamilan untuk mengetahui apakah ibu hamil memiliki daya tahan tubuh terhadap rubella. Jika diketahui bahwa ibu hamil belum imun terhadap rubella, harus menghindari kemungkinanan terpapar dan diperlukan vaksinasi rubella setelah kelahiran.
>> Menghindari penggunaan obat obatan terlarang maupun minuman beralkohol selama kehamilan
>> Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan
>> Ibu hamil yang memiliki diabetes harus berusaha untuk mengendalikan kadar gula darah agar senantiasa normal
>> Bila ibu hamil berusia 35 tahun atau mengalamo kehamilan risiko tinggi karena kondisi medis seperti tekanan tinggi atau diabetes, sebaiknya melakukan pemeriksaan prenatal di dokter kandungan dengan lebih sering.

Jika anda menemukan gejala penyakit jantung bawaan pada bayi anda, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis. Makin cepat anak mendapat pertolongan, makin cepat anak mendapat pertolongan, makin baik peluangnya untuk tertolong. Disamping itu, anak dengan penyakit jantung bawaan sebaiknya diperiksa secara rutin ke dokter ahli jantung, bahkan setelah dia tumbuh dewasa bila masih mengalami gejalanya.

Cara Menenangkan Anak Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

Cara Menenangkan Anak Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

Cara Menenangkan Anak Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

Setiap orang pasti pernah mengalami perasaan cemas dengan sebab yang berbeda-beda. Namun, tahukah anda bahawa perasaan cemas tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan juga pada anak anak ? Mereka dapat cemas karena hal tertentu, misalnya karena menghadapi ujian, masuk ke lingkungan baru, atau melihat orang tuanya bertengkar.

Sebagai orang tua, mungkin tidak mudah untuk mengetahui apakah anak anda sedang mengalami kecemasan atau tidak. Karena sering se kali, anak ragu atau malu mengungkapkan apa yang sedang ia rasakan. Namun, jika anak anda sering menangis, menutupi diri, menghindari kontak sosial, mengeluh sakit perut atau sakit kepala, sering panik, dan terus menerus mengkhawatirkan sesuatu, maka itu bisa menjadi tanda bahwa anak anda sedang mengalami kecemasan.

Anda tentu tidak akan membiarkan anak anda terus mengalami kecemasan, karena hal tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan mempengaruhi hubungan antara anak dan orang tua. Bahkan jika dibiarkan rasa cemas dapat memicu terjadinya depresi pada anak. Namun kabar baiknya adalah, anda dapat melakukan sesuatu untuk membantu anak anda terlepas dari kecemasan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda terapkan.

Biarkan Anak Anda Terbiasa Dengan Hal Yang Membuatnya Kurang Nyaman

Hal pertama yang perlu anda ingat dalam membantu anak mengatasi kecemasannya adalah, jangan menghindarkan anak dari hal-hal yang membuat merasa cemas. Hal tersebut hanya akan membuat anda merasa lebih baik untuk sementara waktu, namun justru dapat memperkuat kecemasan itu dalam jangka panjang.

Jika anak anda sedang berada dalam situasi yang membuat mereka tidak nyaman, biarkan saja. Hal ini dapat membantu mereka belajar untuk menoleransi kecemasan.

Hibur Dengan Kata-kata Positif

Memberikan penguatan pada anak di saat mereka sedang cemas dapat membantu mereka mengatasi kecemasannya. Ungkapkan yang dapat anda sampaikan diantaranya adalah “Tenang saja, kamu akan baik baik saja, kok” atau “kami pasti bisa mengatasinya”.

Hormati Perasaanya

Saat anak merasa cemas terhadap sesuatu, anda tidak boleh meremehkan perasaan tersebut, melainkan harus menghormatinya. Salah satu caranya ad alah dengan mengatakan “Ibu tahu kamu takut, tapi tidak apa apa. Ibu ada disini sama kamu, semua akan baik baik saja.”

Jangan Memperkuat Rasa Cemasnya

Saat anda mengetahui bahwa anak anda sedang cemas, anda dapat bertanya tentang bagimana perasaanya. Anda tidak dianjurkan untuk memicu rasa takut anak dengan mengatakan, “Hiiiihh Ada Kecoak!” atau “Jangan nanti digigit” atau kalimat yang justru dapat memicu rasa takut yang akhinya membuat ia cemas ketika melihat kecoak atau anjing.

Contoh Mengatasi Rasa Cemas Dengan Baik

Sebagai orang tua, anda mungkin lebih memilih untuk menyembunyikan rasa cemas yang anda rasakan di depan anak anda. Padahal, menunjukkan rasa cemas didepan anak tidak masalah, selama anda memperlihatkan kepada mereka tentang bagaimana cara mengatasi rasa cemas dengan tenang. Dengan itu, anda secara tidak langsung mengajari mereka mengenai bagaimana cara mengelola rasa cemas.

 

Obat Sakit Perut Anak Sesuai Dengan Penyebabnya

Obat Sakit Perut Anak Sesuai Dengan Penyebabnya

Sakit perut pada anak merupakan alalsan yang umum bagi orang tua untuk membawa anaknya menemui dokter. Beda penyebab, beda pula obat sakit perut anak yang harus dilakukan. Terkadang, sulit untuk mencari penyebab keluhan ini pada anak, oleh karena itu, dokter dan orang tua perlu mencermati keluhan nyeri perut pada anak dengan baik.

Hampir semua anak pernah sakit perut. Penyebabnya sering kali bukan karena masalah medis yang serius. Tapi terkadang sakit perut pada anak juga bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang bisa berbahaya. Yuk, cari tahu apa saja penyebab sakit perut pada anak dan obat sakit perut anak apa yang cocok untuk menanganinya.

Obat Sakit Perut Anak Sesuai Dengan Penyebabnya

1. Gastroenteritis

Kondisi inu disebut juga stomatch flu yaitu radang pada lambung dan saluran usus. Karena infeksi virus sehingga menyebabkan nyeri perut. Gejala lain yakni diare, anak lemas, kurang nafsu makan, demam, dan terdapat tanda tanda dehidrasi.

Obat sakit perut anak, disarankan memberikan cairan oralit atau pedialit setiap kali anak muntah dan diare, menjaga asupan cairan oralit atau pedialit setiap kali anak muntah dan diare, menjaga asupan cairan tubuh dari makanan dan minuman agar tidak dehidrasi. Jika anak semakin lemas dan tidak mengalami perbaikan, segera kunjungi dokter.

2. Usus Buntu

Keluhan usus buntu pada anak biasanya tidak spesifik. Anak akan terlihat kesakitan pada perut terutama disekitar pusar, malas makan, kembung, demam, mual dan muntah. Tidak ada cara untuk mencegah sakit usus buntu. Maka dari itu, jika akan mengeluh sakit perut hebat dan menjadi sulit beraktivitas, orang tua perlu segera memeriksakan ke dokter.

3. Susah Buang Air Besar

Konstipasi atau susah buang air besar merupakan masalah paling umum terjadi pada anak-anak. Tanda tandanya, si kecil tidak buang air besar selama empat hari atau lebih, dan merasa tidak nyaman saat mau buang air besar. Kadang anak akan mengeluh nyeri pada perut bagian bawah.

Obat sakit perut anak, pastikan si kecil minum banyak cairan atau mengonsumsi serat sepanjang hari. Selain itu, berikan havermut, aprikot, pir, plum, dan kacang polong. Kurangi memberinya makanan yang membuat tinja jadi keras seperti nasi, pasta, kentang, susu, keju, pisang dan apel. Obat obatan pencahar atau laksatif pada anak hanya boleh diberikan sesuai anjuran dokter.

4. Gas Di Perut

Gas diproduksi saat makanan, terutama gula, dipecag oleh bakteri di usus besar. Ini merupakan proses yang normal, tapi beberapa anak bisa memproduksi lebih banyak gas dari pada yang lain. Jika gas didalam usus menimbulkan nyeri kemungkinan anak menderita intoleransi laktosa.

Obat sakit perut anak, kurangi makanan tertentu yang menyebabkan gas berlebih di perut, mulai dari kacang, minuman bersoda, jus buah siap minum, atau susu. Ajari anak untuk dudukdi toilet selama sekitar 5 menit dna diulang beberapa kali setiap hari (potty training). Jika selain sakit perut si kecil juga menderita muntah, diare, atau demam, segera pergi kedokter.

5. Maag atau Ulkus

Ini adalah kondisi dimana si kecil menderita ulkus atau tukak lambung jika sakit perutnya terkadang terjadi ditengah malam saat perutnya kosong, muntah muntah, dan ada darah ditinjanya. Kondisi ini sering disebabkan oleh kebiasaan konsumsi makanan pedas, kopi, atau karena infeksi Helicobacter pylori. Apabila anak anda mengalami kondisi ini, anda disarankan segera membawahanya ke dokter untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

6. Sindrom Iritasi Usus Besar (Irritable Bowel Syndrome)

Sakit perut yang sering terjadi di malam hari disertai dengan perut kembung, perut bergas, diare, atau konstipasi.

Obat sakit perut anak, berikan si kecil lebih banyak serat dalam menu hariannya. Selain itu, kurangi konsumsi lemak, makanan dan minuman dengan fruktosa tambahan, dan sorbitol.

7. Keracunan

Jika si kecil, baik secara sengaja atau tidak, menelan sesuatu yang beracun seperti obat-obatan, tumbuhan, makanan atau bahan kimia, dia kemungkinan akan merasa sakit perut dan muntah-muntah. Jika anda tahu si kecil menelan sesuatu yang bukan makanan, disarankan untuk membawanya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lengkap dan penanganannya.

8. Sakit Perut Fungsional

Jika sikecil merasa sakit perut tapi tidak ada penyebab yang jelas, kemungkinan dia menderita sakit perut fungsional. Para ahli berpendapat jika sakit perut yang satu ini kemungkinan di picu oleh stres.

Obat sakit perut anak, minta si kecil untuk bersantai dan melakukan relaksasi. BIasanya sakit perut ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi tidak ada salahnya juga jika bunda membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Obat sakit perut anak yang diberikan disesuaikan dengan penyakit atau kondisi yang mendasarinya. Obat yang diberikan untuk anak juga harus sesuai dengan anjuran dokter. Walau katanya anak kecil itu normal mengalami sakit perut, segera bawa buah hati bunda ke rumah sakit terdekat, jika sakit perutnya membuat dia kesulitan atau terlalu lemah untuk bergerak, sakit perut bertambah parah, sakit perutnya berpindah dari pusar kekanan bawah perut, perut keras saat diraba, si kecil tidak nafsu makan, sakit tenggorokan, sikecil muntah berwarna hijau atau kuning yang mengandung darah, sakit saat buang air kecil, tinjannya berwarna hitam atau berdarah, atau ada ruam seperti memar pada kaki dan bokong.

Mencegah Terjadinya Mata Minus Pada Si Kecil

Mencegah Terjadinya Mata Minus Pada Si Kecil

Mencegah terjadinya mata minus pada si kecil

Saat ini, miopi alias mata minus pada anak semakin bertambah dan menjadi bagian yang besar dimasyarakat. Minus mata akan meningkat seiring bertambahnya usia dan jika tidak diobati dini akan membuat hidup menjadi sulit bagi anak-anak. Menurut penelitian terbaru, hingga 60% anak menderita miopi. Usia dari 11 sampai 16 sangatlah mudah untuk terkena rabun jauh. Jadi, bagaimana sebagiknya anda merawat anak anda.

Ciri dan Gejala Minus Mata Pada Anak

Berikut ini adalah tanda-tanda anak anda mungkin menderita rabuh jauh :

>> Kesulitan melihat benda-benda yang letaknya jauh
>> Menonton TV, Membaca buku, dll dari jarak dekat, dan harus membungkuk dan memeriksa setiap jari satu persatu miopi
>> Sering mengalami ketegangan mata, sakit kepala dan mata berair

Saat orang tua mendeteksi tanda tanda ini, bawa anak anda ke dokter mata untuk diperiksa sebelum dipesankan kacamata. Berikan jenis kacamata yang tepat untuk anak anda dan kemudian kunjungi klinik lebih dari sekali dalam 3 bulan untuk menghindari memburuknya kondisi anak. Ini juga adalah cara yang baik untuk merawat anda penderita miopi.

Penyebab Minus Mata Pada Anak

Faktor penyebab yang diturunkan dari ibu ke anak atau ayah ke anak. Saat minus orangtua lebih dari 20 diopter, kemampuan anak untuk pulih dari rabun jauh sangatlah sulit, meskipun anda memberinya terapi.

Faktor penyebab eksternal antara lain adalah belajar atau bekerja dilingkungan dengan cahaya redup. Jika dideteksi dengan cukup dini, rabun jauh ini akan mudah diobati. Pada tahap awal, anda mungkin juga bisa menggunakan terapi untuk penyembuhan.

Bagaimana Cara Mencegah Minus Mata Pada Anak ?

Postur yang buruk, kurangnya cahaya, atau terlalu banyak terpapar layar gadget adalah penyebab utama semakin bertambahnya kondisi ini. Jadi, untuk membantu mencegah penyakit ini, orang tua harus memperhatikan yang berikut ini :

>> Ajari anak untuk duduk dengan benar. Jarak buki minimal 30 cm dari mata dan harus dibaca sembari duduk alih alih berbaring
>> Jauhkan anak dari layar televisi atau komputer dengan jarak minimal 2 meter
>> Pastikan kamar anak memiliki penerangan yang baik sehingga tidak terlalu silau atau terlalu gelap dan menyebabkan minus mata
>> Batasi anak agar tidak menonton TV dan menggunakan komputer untuk terlalu lama juga merupakan cara untuk mencegah penyakit rabun jauh
>> Anak-anak harus didorong untuk istirahtan selama sekitar 30 menit setelah membaca atau menonton televisi
>> Dorong anak untuk menghabiskan lebih banyak waktu diluar ruangan
>> Orang tua juga harus membawa amak untuk melakukan pencegahan dan pengobatan tepat waktu
>> Jika anak ternyata menderita rabun jauh, orang tua harus memesankan kacamata dengan resep yang tepat dibawah bimbingan dokter agar kondisi tidak memburuk

Ini adalah beberapa cara untuk membantu anda merawat anak anda menderita rabun jauh. Semoga, dengan pertimbangan ini, anda akan membantu anak anda untuk menjalani gaya hidup belajar dan istirahatn yang benar setelah jam belajar yang menengangkan yang meningkat risiko miopi.

Cara Mengatasi dan Obat Sembelit Pada Anak

Cara Mengatasi dan Obat Sembelit Pada Anak

Saat anak mengalami sembelit, orang tua tak perlu panik dalam menghadapinya. Sembelit pada anak dapat diatasi dengan perawatan rumah dan pemberian obat sembelit anak berupa pencahar sesuai anjuran dokter.

Cara mengatasi sembelit pada anak

Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari kurangnya asupan serat yang dikonsumsi, kurangnya minum, stres, malas ke kamar mandi untuk buang air besar, hingga pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk mengetahui apakah anak mengalami sembelit atau tidak, anda bisa melakukan pengecekan saat anaj sedang buang air besar. Jika kotoran yang dikeluarkan berukuran kecil layaknya kotoran kelici, sulit untuk dikeluarkan, dan buang air besar kurang 3 kali dalam seminggu, bisa jadi anak mengalami sembelit.

Langkah Perawatan Alami Di Rumah

Sebelum memberikan obat sembelit anak, Anda dapat memberikan perawatan alami di rumah seperti :

1. Memberikan Makanan Mengandung Serat

Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti aneka jenis kacang-kacangan, biji bijian, buah buahan, dan sayur sayuran dapat menjadi langkah dalam mengatasi sembelit yang dialami anak. Mulailah dengan cara perlahan dengan menyisipkan makanan berserat pada makanan yang dikonsumsi agar anak terbiasa

Agar kebutuhan serat terpenuhi, disarankan untuk memberikan asupan serat sekitar 20 gram perhari. Pemenuhan asupan serat yang dibutuhkan anak ini akan membantu tubuh mengeluarkan tinja dengan mudah dan tidak keras.

2. Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi

Mencukupi kebutuhan terhadap cairan akan membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah. Disarankan untuk tidak memberikan susu yang berlebih kepada anak karena konsumsi susu yang berlebih justru dapat menyebabkan terjadinya sembelit.

3. Tetap Mendorong Anak Beraktivitas

Ajak anak aktif bergerak atau bermain seperti biasanya. Berikan waktu untuk bermain sekitar 30 menit hingga 1 jam setiap hari, guna membantu usus untuk turut bergerak dan membantu melancarkan proses pencernaan.

4. Buat Jadwal Makan

Makan teratur mampu mentimulasi usus, sehingga membantu anak anak terbiasa untuk buang air besar secara rutin. Disarankan, untuk membiasakan anak sarapan pagi lebih awal agar anak terbiasa untuk buang air besar sebelum berangkat sekolah.

Penggunaan Obat Pencahat Yang Aman

Jika pengobatan dirumah tidak dapat mengatasi sembelit pada anak. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan obat pencahar sebagai obat sembelit anak. Obat pencahar tidak selalu disarankan untuk digunakan pada anak. Hanya pada kondisi tertentu berdasarkan pertimbangan medis, obat pencahar dapat diberikan sehingga disarankan untuk berhati hati dalam mengonsumsi obat pencagar pada prinsipnya ada dua jenis obat pencahar yaitu :

>> Obat Pencahar Pelunjak Tinja

Obat pencahar ini antara lain laktulosa, minyak mineral dan dokusat. Obat pencahar laktulosa dan minyak mineral berbentuk cair, sehingga dapat dicampurkan pada jus atau minuman favorit anak. Sedangkan obat dokusat terbagi menjadi 3 jenis yaitu tablet, kapsul dan cair. Dokusat cair biasa dipilih untuk anak usia dibawah 3 tahun melalui resep dokter. Laktulosa merupakan pilihan pelunak tinja yang umum digunakan di indonesia.

>> Obat Pencahar Pendorong Tinja

Bisacodyl termasuk obat paling umum yang kerap digunakan untuk mengatasi sembelit yang dialami anak. Namun obat ini tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang, kecuali dibawah pengawasan dokter.

Ada pula tindakan klisma (enema), yakni dengan memasukan cairan obat melalui anus menggunakan gliserin, yang dapat dilakukan dirumah sakit. Tindakan ini adalah untuk melumas dan mengeluarkan tinja yang telah menumpul dalam usus besar. Jika anak mengalami sembelit lebih dari 2 minggu, segera berkonsultasi kepada dokter karena pada beberapa kasus, sembelit bisa menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Obat pencahar dapat menjadi obatb sembelit anak, namun disarankan untuk tidak memberikan obat pencahar selain anjuran dokter. Utamakan pengaturan pola makan yang kaya serat dan pemenuhan kebutuhan cairan seperti tips diatas sebagai langkah untuk mengurangi keluhan dan sebagai langkah pencegahan. Bila terjadi gangguan pada pencernaan, bawalah anak untuk diperiksa oleh dokter, sehingga dapat diberikan penanganan yang aman dibawah pengawasan dokter dan berdasarkan resep yang telah diberikan.