Mencegah Terjadinya Mata Minus Pada Si Kecil

Mencegah Terjadinya Mata Minus Pada Si Kecil

Mencegah terjadinya mata minus pada si kecil

Saat ini, miopi alias mata minus pada anak semakin bertambah dan menjadi bagian yang besar dimasyarakat. Minus mata akan meningkat seiring bertambahnya usia dan jika tidak diobati dini akan membuat hidup menjadi sulit bagi anak-anak. Menurut penelitian terbaru, hingga 60% anak menderita miopi. Usia dari 11 sampai 16 sangatlah mudah untuk terkena rabun jauh. Jadi, bagaimana sebagiknya anda merawat anak anda.

Ciri dan Gejala Minus Mata Pada Anak

Berikut ini adalah tanda-tanda anak anda mungkin menderita rabuh jauh :

>> Kesulitan melihat benda-benda yang letaknya jauh
>> Menonton TV, Membaca buku, dll dari jarak dekat, dan harus membungkuk dan memeriksa setiap jari satu persatu miopi
>> Sering mengalami ketegangan mata, sakit kepala dan mata berair

Saat orang tua mendeteksi tanda tanda ini, bawa anak anda ke dokter mata untuk diperiksa sebelum dipesankan kacamata. Berikan jenis kacamata yang tepat untuk anak anda dan kemudian kunjungi klinik lebih dari sekali dalam 3 bulan untuk menghindari memburuknya kondisi anak. Ini juga adalah cara yang baik untuk merawat anda penderita miopi.

Penyebab Minus Mata Pada Anak

Faktor penyebab yang diturunkan dari ibu ke anak atau ayah ke anak. Saat minus orangtua lebih dari 20 diopter, kemampuan anak untuk pulih dari rabun jauh sangatlah sulit, meskipun anda memberinya terapi.

Faktor penyebab eksternal antara lain adalah belajar atau bekerja dilingkungan dengan cahaya redup. Jika dideteksi dengan cukup dini, rabun jauh ini akan mudah diobati. Pada tahap awal, anda mungkin juga bisa menggunakan terapi untuk penyembuhan.

Bagaimana Cara Mencegah Minus Mata Pada Anak ?

Postur yang buruk, kurangnya cahaya, atau terlalu banyak terpapar layar gadget adalah penyebab utama semakin bertambahnya kondisi ini. Jadi, untuk membantu mencegah penyakit ini, orang tua harus memperhatikan yang berikut ini :

>> Ajari anak untuk duduk dengan benar. Jarak buki minimal 30 cm dari mata dan harus dibaca sembari duduk alih alih berbaring
>> Jauhkan anak dari layar televisi atau komputer dengan jarak minimal 2 meter
>> Pastikan kamar anak memiliki penerangan yang baik sehingga tidak terlalu silau atau terlalu gelap dan menyebabkan minus mata
>> Batasi anak agar tidak menonton TV dan menggunakan komputer untuk terlalu lama juga merupakan cara untuk mencegah penyakit rabun jauh
>> Anak-anak harus didorong untuk istirahtan selama sekitar 30 menit setelah membaca atau menonton televisi
>> Dorong anak untuk menghabiskan lebih banyak waktu diluar ruangan
>> Orang tua juga harus membawa amak untuk melakukan pencegahan dan pengobatan tepat waktu
>> Jika anak ternyata menderita rabun jauh, orang tua harus memesankan kacamata dengan resep yang tepat dibawah bimbingan dokter agar kondisi tidak memburuk

Ini adalah beberapa cara untuk membantu anda merawat anak anda menderita rabun jauh. Semoga, dengan pertimbangan ini, anda akan membantu anak anda untuk menjalani gaya hidup belajar dan istirahatn yang benar setelah jam belajar yang menengangkan yang meningkat risiko miopi.

Cara Mengatasi dan Obat Sembelit Pada Anak

Cara Mengatasi dan Obat Sembelit Pada Anak

Saat anak mengalami sembelit, orang tua tak perlu panik dalam menghadapinya. Sembelit pada anak dapat diatasi dengan perawatan rumah dan pemberian obat sembelit anak berupa pencahar sesuai anjuran dokter.

Cara mengatasi sembelit pada anak

Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari kurangnya asupan serat yang dikonsumsi, kurangnya minum, stres, malas ke kamar mandi untuk buang air besar, hingga pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk mengetahui apakah anak mengalami sembelit atau tidak, anda bisa melakukan pengecekan saat anaj sedang buang air besar. Jika kotoran yang dikeluarkan berukuran kecil layaknya kotoran kelici, sulit untuk dikeluarkan, dan buang air besar kurang 3 kali dalam seminggu, bisa jadi anak mengalami sembelit.

Langkah Perawatan Alami Di Rumah

Sebelum memberikan obat sembelit anak, Anda dapat memberikan perawatan alami di rumah seperti :

1. Memberikan Makanan Mengandung Serat

Konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti aneka jenis kacang-kacangan, biji bijian, buah buahan, dan sayur sayuran dapat menjadi langkah dalam mengatasi sembelit yang dialami anak. Mulailah dengan cara perlahan dengan menyisipkan makanan berserat pada makanan yang dikonsumsi agar anak terbiasa

Agar kebutuhan serat terpenuhi, disarankan untuk memberikan asupan serat sekitar 20 gram perhari. Pemenuhan asupan serat yang dibutuhkan anak ini akan membantu tubuh mengeluarkan tinja dengan mudah dan tidak keras.

2. Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi

Mencukupi kebutuhan terhadap cairan akan membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah. Disarankan untuk tidak memberikan susu yang berlebih kepada anak karena konsumsi susu yang berlebih justru dapat menyebabkan terjadinya sembelit.

3. Tetap Mendorong Anak Beraktivitas

Ajak anak aktif bergerak atau bermain seperti biasanya. Berikan waktu untuk bermain sekitar 30 menit hingga 1 jam setiap hari, guna membantu usus untuk turut bergerak dan membantu melancarkan proses pencernaan.

4. Buat Jadwal Makan

Makan teratur mampu mentimulasi usus, sehingga membantu anak anak terbiasa untuk buang air besar secara rutin. Disarankan, untuk membiasakan anak sarapan pagi lebih awal agar anak terbiasa untuk buang air besar sebelum berangkat sekolah.

Penggunaan Obat Pencahat Yang Aman

Jika pengobatan dirumah tidak dapat mengatasi sembelit pada anak. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan obat pencahar sebagai obat sembelit anak. Obat pencahar tidak selalu disarankan untuk digunakan pada anak. Hanya pada kondisi tertentu berdasarkan pertimbangan medis, obat pencahar dapat diberikan sehingga disarankan untuk berhati hati dalam mengonsumsi obat pencagar pada prinsipnya ada dua jenis obat pencahar yaitu :

>> Obat Pencahar Pelunjak Tinja

Obat pencahar ini antara lain laktulosa, minyak mineral dan dokusat. Obat pencahar laktulosa dan minyak mineral berbentuk cair, sehingga dapat dicampurkan pada jus atau minuman favorit anak. Sedangkan obat dokusat terbagi menjadi 3 jenis yaitu tablet, kapsul dan cair. Dokusat cair biasa dipilih untuk anak usia dibawah 3 tahun melalui resep dokter. Laktulosa merupakan pilihan pelunak tinja yang umum digunakan di indonesia.

>> Obat Pencahar Pendorong Tinja

Bisacodyl termasuk obat paling umum yang kerap digunakan untuk mengatasi sembelit yang dialami anak. Namun obat ini tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang, kecuali dibawah pengawasan dokter.

Ada pula tindakan klisma (enema), yakni dengan memasukan cairan obat melalui anus menggunakan gliserin, yang dapat dilakukan dirumah sakit. Tindakan ini adalah untuk melumas dan mengeluarkan tinja yang telah menumpul dalam usus besar. Jika anak mengalami sembelit lebih dari 2 minggu, segera berkonsultasi kepada dokter karena pada beberapa kasus, sembelit bisa menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Obat pencahar dapat menjadi obatb sembelit anak, namun disarankan untuk tidak memberikan obat pencahar selain anjuran dokter. Utamakan pengaturan pola makan yang kaya serat dan pemenuhan kebutuhan cairan seperti tips diatas sebagai langkah untuk mengurangi keluhan dan sebagai langkah pencegahan. Bila terjadi gangguan pada pencernaan, bawalah anak untuk diperiksa oleh dokter, sehingga dapat diberikan penanganan yang aman dibawah pengawasan dokter dan berdasarkan resep yang telah diberikan.

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa

Kini telah hadir Qnc Jelly Gamat Cara Mengobati Penyakir Ispa Pada Anak Dan Dewasa yang terbuat dari ramuan tradisional alami gamat emas yang berkhasiat Aman, Nyaman dan tanpa efek samping.

Kami Mempunyai penawaran khusus untuk anda yang telah berkunjung di website kami herbal kami memberikan penawaran “KIRIM BARANG DULU SETELAH BARANG DITERIMA DENGAN BAIK BARU TRANSPER PEMBAYARAN BARANG TIDAK SAMPE KAMI GANTI DENGAN X LIPAT”.

Sekilas Tentang ISPA

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa
ISPA ( Infeksi Saluran Pernapasan Akut ) Adalah infeksi saluran pernafasan akut yang menyerang tenggorokan, hidung dan paru-paru yang berlangsung kurang lebih 14 haru, ISPA mengenai struktur saluran diatas laring, tetapi kebanyakan penyakit ini mengenai bagian saluran atas dan bawah secara stimulan atau berurutan.

Penyakit ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak, karena sistem pertahanan tubuh anak yang masih rendah. Kejadian penyakit batuk pilek pada balita di indonesia diperkirakan 3 sampai 6 kali pertahun, yang berati seorang balita rata rata mendapat serangan batuk pilek sebanyak 3 sampai 6 kali setahun.

ISPA yang berlanjut menjadi pneumonia (radang paru-paru) sering terjadi pada anak anak terutama apabila terdapat gizi kurang dan dikombinasi dengan keadaan lingkungan yang tidak sehat. Risiko terutama terjadi pada anak anak karena meningkatnya kemungkinan infeksi silang, beban immunologisnya terlalu besar karena dipakai untuk penyakit parasit dan cacing, serta tidak tersedianya atau malah berlebihannya pemakaian antibiotiok.

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa

Penyebab Penyakit Ispa

Secara umum, efek pencemaran udara terhadap saluran pernapasan dapat menyebabkan pergerakan silia hidung menjadi lambat dan kaku bahkan dapat berhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernapasan akibat iritasi oleh bahan pencemar. Produksi lendir akan meningkat sehingga menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan rusaknya sel pembunuhan bakteri disaluran pernapasan. Akibat dari hal tersebut akan menyebabkan kesulitan bernapas sehingga benda asing tertarik dan bekteri lain tidak dapat dikeluarkan dari saluran pernapasan, hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernapasan atau penyakit ISPA.

Berikut Faktor-Faktor Yang Dapat Menyebabkan Ispa, yaitu :

>> Virus, virus yang menjadi pemicu ISPA yaitu virus rhinovirus, respiratoru syncytial virus, adenovirus, virus influenza.
>> Debu atau Asap, debu yang halus dan yang tidak terlihat tidak dapat disaring oleh rambut yang terdapat dalam hidung, sehingga dapat masuk ke lapisan mukosa sampai terdorong menuju pharing. Akibat dari hal tersebut, maka akan menyebabkan kesulitan bernapas sehingga benda asing tertarik dan bakteri lain dapat dikeluarkan dari saluran pernapasan, hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernapasan.

Gejala ISPA

Gejala ISPA sangat banyak ditemukan pada kelompok masyarakat di dunia, sebab penyebab ISPA merupakan salah satu hal yang sangat akrab masyarakat. ISPA merupakan infeksi akut yang disebabkan oleh virus meliputi infeksi akut saluran pernapasan bagian atas dan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah.

Berikut gejala atau tanda tanda penyakit ISPA, antara lain :

>> Demam suhu diatas 37,4 Celcius
>> Batuk pilek
>> Nyeri tenggorokan
>> Produksi secret atau lender yang berlebih
>> Sesak napas
>> Terdengar suara nafas abnormal (Wheezing, ronchi, stridor, crackles)
>> Diare
>> Mual muntah
>> Nafsu makan berkurang

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa – QNC Jelly Gamat adalah produk herbal terobosan terbaru atau bisa dikatakan sebagai produk herbal pengganti produk Qnc Jelly Gamat sebelumnya. Qnc Jelly Gamat merupakan produk asli dari indonesia dengan memanfaatklan sumber daya alam indonesia yang sangat kaya. Obat ISPA herbal Qnc Jelly Gamat khasiatnya sangat manjur sekali untuk menyembuhkan penderita penyakit ISPA. Produk Obat ISPA herbal QNC Jelly Gamat terbuat dari bahan hebral alami yakni terbuat dari hewan laut bernama GAMAT EMAS atau teripang laut. Teripang yang kami pakai berasal dari perairan sulawesi, bangka belitung dan manado. Waktu yang diperlukan dari tempat teripang diambil ke tempat produksi hanya 1 hari saja jadi fres teripang masih terjaga.

Agen Resmi QnC Jelly Gamat Jakarta Aryanto Herbal

Cara Mengobati Penyakit Ispa Pada Anak Dan Dewasa – Qnc Jelly Gamat adalah obat ispa herbal yang terbuat dari 100% bahan alami berkhasiat yang telah terbukti mampu mengobati berbagai penyakit secara alami termasuk penyakit ISPA. Terbuat dari teripang emas terpilih yang berasal dari species “Golden Stichopus Variegatus” menjadikan obat ispa herbal Qnc Jelly gamat memiliki kandungan gizi dan vitamin yang lengkap serta memiliki kandungan gamapeptide yang berasal dari teripang emas tersebut. Kandungan gamapeptide sendiri memiliki khasiat yang luar baisa diantaranya membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah, mengurangi rasa sakit, mengakitifkan pertumbuhan sel sel dan memperbaiki jaringan jaringan yang telah rusak, menstabilkan emosi dan juga bisa memelihara kesehatan dan membuat kulit me menjadi telihat muda.

Kandungan gizi dan vitamin yang memperlengkap obat ispa herbal ini diantaranya adalah :

>> Kolagen 80,0%
>> Protein 86,6%
>> Mineral
>> Mukopolisakarida
>> Glucasaminoglycans (GAGs)
>> Antiseptik alamiah
>> Chindroitin
>> Omega 3, 6 dan 9
>> Asam amino
>> Vitamin

Teripang emas dalam obat ispa herbal QNC Jelly gamat ini kaya kana antiseptik alami yang efektif dalam membasmi bakteri, virus dan jamur penyebab penyakit ISPA. Selain itu teripang emas juga memiliki kandungan Cell Grwoth Factor (Faktor regenerasi sel), yang mampu memperbaiki sel tubuh yang terganggu atau rusak diakibatkan oleh infeksi. Teripang emas ini juga dikenal sebagai imunomodulator, karena dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda secara alami dan maksimal, yang berfungsi memperkuat tubuh anda dari serangan bakter dan virus, serta jamur yang menjadi penyebab penyakit ISPA.

Untuk itu, tidak perlu dirgaukan lagi khasiat dari obat ispa Qnc Jelly gamat, selain untuk pengobatan ISPA, Qnc Jelly gamat juga mampu mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti liver, hipertensi berat, diabetes, stroke, maag, dll. Obat ISPA herbal QNC Jelly Gamat ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, termasuk anak anak, serta ibu hamil dan menyusui pun diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.

Selain itu, penggunaan Sweetener Stevia, pengemulsi nabati, essen natural, buah dan sayur dipilih untuk menghindari pemakaian obat kimia yang berbahaya. Bahan bahan alami ini berfungsi untuk melembutkan, menghilabgkan bau amis, membentuk tekstur, dan rasa. Sehingga produk lebih awet dan mudah dikonsumsi.

Untuk itu tunggu apalagi, sebagaimana rekomendasi dari para ahli kesehatan atasi penyakit keloid anda dengan menggunakan Qnc Jelly Gamat yang merupakan obat tradisional herbal keloid yang terbukti ampuh.

CARA PEMESANAN VIA SMS DAN BBM

[Kode Produk] : Jumlah pesanan: NAMA: Alamat Lengkap: No. Hp/tlpn Anda
Contoh
NMQJ : 9 botol: Ibu Susiana: Kp. Nagarakasih RT 01/RW 04 belakang rumah no 56 Kel. Kersanagara Kec. Cibeureum Kota. Tasikmalaya Jawa Barat: 085.223.944.949
KIRIM KE
Via SMS: 085.316.695.777
Via BBM: PIN BB 53227614
Tlp: 0265-339207
Whatsapp: +6852-2394-4949
#NMQJ adalah kode produk pemesanan yang harus anda cantumkan dalam setiap pemesanan anda. Agar dapat terdeteksi oleh komputer admin kami sehingga pemesanan anda dapat segera kami proses.

PROMO DI BULAN INI !!!

– Anda bisa mendapatkan potongan harga sampai Rp.100.000-, untuk pembelian QnC Jelly Gamat.
– Anda bisa mendapatkan discount berlipat mulai pemesanan 4 botol.

Daftar Harga QnC Jelly Gamat 300 ml

Pembelian Harga Asli Discount Harga Setelah Discount
1 botol Rp. 155.000 tidak ada Rp. 155.000
2 botol Rp. 310.000 tidak ada Rp. 310.000
3 botol Rp. 465.000 tidak ada Rp. 465.000
4 botol Rp. 620.000 Rp. 20.000 Rp. 600.000
5 botol Rp. 775.000 Rp. 25.000 Rp. 750.000
6 botol Rp. 930.000 Rp. 30.000 Rp. 900.000
7 botol Rp. 1.085.000 Rp. 35.000 Rp. 1.050.000
8 botol Rp. 1.240.000 Rp. 40.000 Rp. 1.200.000
9 botol Rp. 1.395.000 Rp. 63.000 Rp. 1.332.000
10 botol Rp. 1.550.000
Rp. 100.000 Rp. 1.450.000

Setelah anda mengirimkan format pemesanan tersebut selanjutnya kami akan memberikan balasan berupa total harga dan no.rekening pembayaran. No.rekening kami semua atas nama ARYANTO.

Berikut adalah nomor rekening kami.

Bank BCA KCU Tasikmalaya
No. Rekening : 0540606196
Atas Nama : Aryanto

Bank BRI Cab. Tasikmalaya
No. Rekening : 010001054862505
Atas Nama : Aryanto

Bank Mandiri KCP Tasikmalaya
No. Rekening : 1310009942550
Atas Nama : Aryanto

Bank BNI KC Tasikmalaya
No.Rekening : 0226098704
Atas Nama : Aryanto

Bank CIMB Niaga Cab. Tasikmalaya
No. Rekening : 4390101029118
Atas Nama : Aryanto

Cara Menurunkan Demam Anak dan Mengenali Saat Berbahaya

Cara Menurunkan Demam Anak dan Mengenali Saat Berbahaya

Ketika anak demam, jangan langsung panik. Anda dapat menurunkan demam anak melalui perawatan dirumah atau mengunakan obat yang sesuai.

Demam pada anak tidak selalu pertanda bahaya. Namun, demam pada anak yang mencapai 40 derajat celcius, atau demam pada bayi berusia kurang dari 4 bulan yang mencapai 37 derajat celcius, harus segera dibawa kerumah sakit.

Cara menurunkan demam pada anak

Sistem Kekebalan Tubuh

Demam adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi yang sedang terjadi atau penyakit yang mulai menyerang. Otak yang berperan mengatur suhu tubuh naik, ketika virus atau bakteri masuk kedalam tubuh. Kemudian, disusul dengan mendorong sel darah putih bekerja menyerang dan menghancurkan virus atau bakteri tersebut.

Jika anak demam tetapi tidak ada gejala atau kelainan yang berati, masih mau makan dan minum cukup, tidak ada masalah dengan buang air kecil (BAK), anda dapat merawatnya dirumah hingga demamnya turun.

Melakukan Perawatan Di Rumah

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan demam anak dengan perawatan di rumah :

>> Kompres anak menggunakan kain basah yang sudah dicelup kedalam air dingin. Posisikan anak dalam keadaan tidur terlentang dan letakkan kain tersebut didahi
>> Beri pakaian yang ringan, tipis, dan nyaman untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Hindari menggunakan selimut anak sedang demam
>> Pastikan anak cukup cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Beri makanan yang menyejukkan seperti yoghurt dan es krim. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, makanan atau minuman sejuk akan membantu menenangkan tubuh dari dalam.
>> Jaga suhu ruangan agar tetap nyaman. Gunakan kipas angin dengan suhu rendah untuk mendapatkan suhu ruangan yang sejuk. Yang perlu diingat, hindari mengarahkan kipas angin langsung ke anak. Jika anak merasa kedinginan, matikan kipas angin tersebut
>> Mandikan anak menggunakan air hangat (suam-suam kuku). Air mandi yang menguap dari tubuh anak akan membantu menurunkan suhu tubuh. Hindari memandikannya menggunakan air dingin atau alkohol karena bisa menyebabkan suhu tubuhnya bertembah tinggi.

Kapan Harus Memeriksakan Anak ke Dokter ?

Jika anda sudah berusaha menurunkan demam anak dengan perawatan di rumah, tetapi kondisinya belum membaik, disarankan untuk membawa anak ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Suhu tubuh yang tidak juga turun bisa saja sebagai tanda bahwa anak mengalami hal yang serius bahkan mungkin bisa sampai mengancam jiwa. Waspadai demam yang terlalu tinggi pada anak, bisa menimbulkan kejang demam.

Selain kondisi demam yang tak kunjung turun, anda disarankan membawa anak ke dokter secepatnya jika demam anak disertaigejala seperti :

>> Telinga yang terasa sakit
>> Muncul ruam pada tubuh
>> Sakit tenggorokan
>> Leher yang terasa kaku (kaku kuduk)
>> Tampak lemah
>> Terlihat menderita kesakitan
>> Mengantuk berlebihan
>> Penurunan kesadaran
>> Terdapat tanda tanda dehidrasi, seperti urine berwarna gelap
>> Susah bernapas
>> Sangat rewel
>> Demam berlangsung lebih dari 3 hari, pada anak usia 2 tahun keatas. Atau berlangsung lebih dari 1 hari, pada anak usia kurang dari 2 tahun.

Lakukan langkah-langkah menurunkan demam anak dengan perawatan medis sebagai pertolongan awal. Meskipun demikian anda harus tetap waspada dan terus memantau perkembangannya. Jika demam sangat tinggi atau disertai gejala berbahaya, segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Penyebab Anak Yang Belum Bisa Bicara

Penyebab Anak Yang Belum Bisa Bicara

Penyebab anak belum bisa berbicara

Anak terlambat bicara adalah keluhan utama yang sering dicemaskan orang tua kepada dokter. Pada dasarnya, setiap anak memiliki perkembangan keterampilan dan kemampuan berbicara dalam rentang waktu yang berbeda.

Namun, pada titik tertentu beberapa anak memang ada yang sudah mulai belajar berbicara dan berkomunikasi secara efektif terlebih dulu. Hal inilah yang menimbulkan perasaan khawatir dan cemas ketika orang tua menyadari jika perkembangan anak mereka tidak tidak sama dengan anak anak lainnya.

Berikut ini adalah berbagai kemungkinan penyabab anak terlambat bicara :

1. Kelainan Perkembangan Bicara

Kelainan perkembangan bicara adalah masalah umum yang menyebabkan anak terlambat bicara. Kondisi ini disebabkan karena anak kesulitan belajar berbicara dibandingkan anak lainnya. anak anak ini mungkin mengalami kesulitan dalam memperlajari bagaimana menghasilkan suara apa yang ingin dikatakan, bahasa lisan yang digunakan untuk berkomunikasi atau memahami apa yang orang lain katakan.

2. Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran adalah suatu kondisi yang terjadi pada bagian telinga, yang menghambat jalan masuknya suara ke sistem pendengaran untuk bisa sampai ke otak. Seseorang yang mengalami gangguan pendengaran akan kesulitan mendengarakan suara, atau hanya bisa mendengarakan sedikit suara, dan bahkan bisa sama sekali mendengar tergantung tingkatan gangguan pendengaran yang dimiliki dan jenis gangguannya. Seorang anak yang mengalami masalah pendengaran akan mengalami kesulitan untuk mengucapkan, memahami, meniru, dan menggunakan bahasa.

3. Disabilitas Intelektual

Disabillitas intelektual adalah keadaan dimana perkembangan keceradan anak mengalami hambatan, sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal. Hal ini ditandai oleh lemahnya kemampuan berpikir yang menyebabkan anak mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata rata dan adanya ketidakcakapan dalam berinteraksi sosial.

4. Auditory Processing Disorder

Auditory Processing Disorder (APD) atau yang biasa disebut dengan gangguan pempropesan suara disistem saraf pusat yang mana kesulitan mendiskriminasi suara suara (antara latar belakang dan yang harus didengarkan). Hal ini membuat anak mengalami ketidak mampuan untuk mengintrepestasikan, mengatur ataupun menganalisa apa yang ia dengarakan.

Menurut American Speech Language and Hearing Association, kondisi auditory processing disorder ini kerap kali tumpang tindih dengan banyak kondisi gangguan prilaku, seperti pada kasus ADHD – Attentioan Deficit Hyperactivity Disorder, dan juga anak dengan sindroma autisme.

5. Cerebral Palsy

Cerebral Palsy adalah gangguan gerakan, otot, dan postur yang disebabkan oleh cedera ataupun perkembangan abnormal diotak. Penyakit ini dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Orang dengan cerebral palsy sering memiliki kondisi lain, seperti : kelainan perkembangan berjalan dan berbicara yang lambat perkembangan otak, seperti catat intelektual, masalah penglihatan dan pendengaran, bahkan kejang.

Selain cerebral palsy, masalah neuroligis lainnya seperti distrofi muskular dan cedera otak traumatis dapat mempengaruhi otot yang dibutuhkan untuk berbicara.

6. Autisme

Autisme juga bisa menjadi penyebab anak terlambatb bicaea. Autisme adalah kelainan neurolis yang perkembangganya dimulai pada mada kanak kanak dan bertahan seumur hidup. Autisme dapat mempengaruhi interaksi penderita dengan orang lain, berkomunikasi, dan belajar. Umumnya anak autis mengalami kesulitan dalam berinteraksi, masalah dalam berkomunikasi verbal dan non verbal.

7. Apraksia Bicara

Penyebab lain dari anak terlambat bicara bisa jadi karena apraksia bicara. Pasalnya anak anak yang mengalami apraksia bicara memiliki masalah untuk mengeluarkan suara, suku kata, dan kata kata yang disebabkan karena adanya masalah diotak. Sehingga membuat mereka memiliki masalah untuk menggerakan bagian bagian tubuh yang diperlukan untuk bicara seperti, bibir, lidah dan rahang.

Anak dengan apraksia mengetahui apa yang ingin dikatakan, hanya saja otak mereka kesulitan dalam mengkoordinasi gerakan otot yang diperlukan untuk berbicara.

Kiat Untuk Melatih Dan Merangsang Si Kesil Berbicara

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu dan merangsang anak dalam berbicara :

>> Anda harus aktif untuk mengajak sang anak berinteraksi dan berbicara dimanapun dan kapanpun. Sering mengajak anak ngobrol akan membantu si kecil lebih komunikatif.
>> Latih bicara anak dengan cara yang menyenangkan seperti bermain, mendingeng, dan bernyanyi dengan bantuan mainan anak, boneka, atau benada apapun yang bisa menjadi media edukatif yang mudah diserap anak.
>> Cobalah mempertegas apa yang anak anda katakan dengan cara menyenangkan kepada anak dengan lebih banyak pertanyaan. Misalnya jika anak berkata “MAAM”-makan, anda bisa mempertegas dengan Adik Mau makan ? Mau makan apa ? Hal ini bertujuan agar merangsang si kecil untuk berbicara dan mengeluarkan kosakata lebih banyak.
>> Doronglah sang anak untuk bercerita dan berbagai informasi tentang apa saja seputar kesehariannya. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan dan menyimak si kecil setiap ia berbicara sambil menatap mereka.