7 Cara Terbaik Menjauhkan Anak Dari Rokok

7 Cara Terbaik Menjauhkan Anak Dari Rokok

 

7 Cara untuk menjauhkan anak dari rokok

 

Ketika masih kecil, anda mungkin penasaran seperti apa rasanya merokok. Anak dan remaja memang punya rasa ingin tahu yang besar dan tidak ragu mencoba-coba, bisa jadi malah ketagihan merokok. Lalu bagaimanan caranya mencegah anak merokok ? Ingat, larangan merokok saja belum tentu mempan. Makin dilarang anak mungkin jadi makin penasaran. Lebih baik ikuti 7 langkah berikut ini.

1. Anda Sendiri Tidak Boleh Merokok

Anak belajar mengambil keputusan dan berprilaku lewat orangtuanya. Jadi berhentilah merokok kalau tidak mau anak merokok juga. Penelitian dari University Of Washington membuktikan bahwa anak anak yang orangtuanya merokok punya kemungkinan besar mulai merokok di usia belia, yaitu 13 tahun. Percuma saja melarang anak merokok atau coba coba jika anda sendiri belum lepas dari kebiasaan merokok.

2. Selalu Ingatkan Anak Sisi Negatif Merokok

Seperti halnya pendidikan seks bagi anak, pendidikan soal bahaya rokok harus dimulai sejak dini. Meskipun anak masih duduk dibangku taman kanak-kanak atau sekolah dasar, anda harus mengingatkan anak apa saja dampak negatif merokok.

Misalnya anda sekeluarga sedang berada di tempat umum dan ada orang yang merokok didekat anda. Beri tahu anak bahwa meroko itu merusak kesehatan, mengganggu orang lain, dan menghabiskan banyak uang. Supaya dampaknya bisa dibayangkan anak, beri contoh yang sederhana. Jelaskan bahwa harga sebungkus rokok sama dengan harga satu jilid komik kesukaanya.

3. Rutin Berkomunikasi Dengan Anak

Mencegah anak merokok bukan berarti mengekang kebebasannya. Tak perlu merlarang anak bergaul dengan teman sebaya yang orangtuanya perokok atau menonton film yang ada adegan merokoknya. Kuncinya justru membangun komunikasi dan kepercayaan antara anda dengan anak.

Segala nasihat dan inilah yang ditanamkan akan terus melekat pada anak, meskipun teman sekelasnya merokok atau ia sering menonton film dengan adegan merokok. Hal ini akan sangat berguna kalau anak ditawari rokok waktu anda tidak ada bersamanya. Mengekang anak malah akan membuatnya mencari kesempatan dibelakang anda.

4. Mengenal Teman-Teman Anak

Selain berkomunikasi mengenal langsung teman teman anak bisa membantu anda memantau pergaulannya. Ajak teman teman si kecil main ke rumah supaya anda bisa mengobrol juga dengan mereka. Dari situ anda bisa menilai apakah ada kecendrungan anak mencoba rokok bersama teman temannya.

Melihat dari luar saja memang tidak bisa menjamin seratus persen anak anak bebas dari rokok. Namun, paling tidak tahu seperti apa teman bermain yang dipilih anak sehingga anda bisa membantunya mengambil keputusan yang bijak.

5. Ajari Anak Untuk Menolak Ajakan Merokok

Walapun anak tidak menunjukan kecendrungan merokok di usia dini, bekali dengan kemampuan menolak ajakan dari teman temannya. Dibawah tekanan teman sebayanya, Mengatakan “TIDAK” atau ” KATA ORANGTUAKU TAK BOLEH” saja tidaklah cukup. Ajari anak untuk mencari alasan kuat seperti apa ” AKU TIDAK SUKA BAU ROKOK” atau ” KAKEK KU SAKIT KARENA MEROKOK”.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Anak dan remaja mungkin mulai merokok karena ingin merasa diterima oleh teman temannya. Bisa juga karena merokok membuatnya merasa seperti orang dewasa. Ini berarti anak kurang kepercayaan diri. Maka, untuk mencegah anak merokok anda harus meningkatkan kepercayaan diri anak.

Anak harus tahu bahwa merokok bukan satu satunya cara supaya diterima dalam pergaulan. Ia juga harus percaya diri bahwa ada orang dan teman lain yang mau menerima dirinya apa adanya. Anda juga bisa memercayakan tanggung jawab penting pada anak supaya ia merasa lebih dewasa, misalnya tidur dikamar sendiri.

7. Mendorong Minat Dan Bakat Anak

Banyak anak merokok karena merasa mendapatkan sesuatu, misalnya kepuasan atau sensasi rileks dari rokok. Ini berarti hidup anak kurang produktif dan bermakna baginya. Lebih baik dorong anak untuk menekuni minat dan bakatnya sehingga ia jauh dari pengaruh negatif rokok diusia dini. Semoga bermanfaat.

Menurunkan Demam Dengan Kompres Dingin Ternyata Salah

Menurunkan Demam Dengan Kompres Dingin Ternyata Salah

Menurunkan demam dengan kompres dingin ternyata salah

Apakah saat ada anggota keluarga yang sakit, anda sering mengomporesnya dengan air dingin ? Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan. Ketika seseorang demam, biasanya banyak orang akan melakukan kompres dingin padahal ini sangat tidak dianjurkan ? Mengapa ?

Bahaya Kompres Dingin Saat Demam

Kompres merupakan tindakan yang biasa dilakukan orang tua ketika anak demam. Namun, kompres tidak akan efektif menurunkan suhu tubuh jika menggunakan air dingin. Jika seseorang demam, yang dianjurkan adalah kompres air hangat, bukan dingin. Hal ini untuk memindahkan suhu panas pada tubuh.

Sejumlah orang tua memang sering kali salah kaprah dalam melakukan kompres. Beberapa orangtua diketahui mengompres anak yang demam dengan merendam kain ke dalam wadah air berisi es batu. Kain yang dingin itu kemudian diletakkan ke dahi anak.

Suhu tubuh memang akan berpindah dari yang tinggi ke suhu yang lebih rendah. Akan tetapi, kompres air dingin justru dapat menutup pori pori sehingga menghambat berpindahnya suhu tubuh.

Mengompres air dingin membuat panas tubuh jadi tidak berpindah. Kompres dingin juga bisa menyebabkan perpindahan suhu yang cepat, dan hal itu tentu tidak baik. Cara mengompres demam yang baik juga bukan diletakkan didahi atau kening karena terhalang oleh tengkorak kepala. Kompres yang efektif seharusnya diletakkan di lipatan lipatan, seperti ketiak, agar panas keluar lewat por-pori tubuh.

Disalah satu bagian otak tepatnya dibagian hipotalamus, terdapat pusat pengatur suhu atau disebut termoregulator. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, pusat pengatur suhu ini berusaha menurunkan suhu tubuh. Jika suhu tubuh terlalu rendah, maka pusat pengatur suhu ini akan merespon dengan menaikkan suhu tubuh.

Disalah satu bagian otak tepatnya dibagian hipotalamus, terdapat pusat pengatur suhu atau disebut termoregulator. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, pusat pengatur suhu ini berusaha menurunkan suhu tubuh. Jika suhu tubuh terlalu rendah, maka pusat pengatur suhu ini akan merespon dengan menaikkan suhu tubuh.

Itu sebabnya, seseorang yang saat demam dikompres dengan air dingin atau es akan lebih demam saat kompres dihentikan. Karena saat dikompres air dingin atau es, pusat pengatur suhu menerima sinyal bahwa suhu disekitar sedang dingin, dan tubuyh harus segera dihangatkan.

Jika panas tidak turun dengan cara kompres, sebaiknya segera dibawa ke dokter. Adapun kompres dingin, lebih tepat dilakukan untuk masalah peradangan atau pembengkakan. Misalnya, kompres dingin saat anak terjatuh.

Bagaimana Cara Tepat Demam Untuk Menurunkan Demam ?

Berikut ini yang sebaiknya anda lakukan saat menangani anak atau orang dewasa yang demam

1. Ukur Suhu

Mengukur suhu tubuh dengan termometer merupakan langkah pertama terbaik yang bisa anda lakukan saat ada anggota keluarga yang demam. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan angka akurat sehingga dapat mengambil langkah tepat dalam penanganan demam.

Suhu normal tubuh adalah 36,5-37,5 derajat celcius. Bila suhu tubuh melebihi 37,5 derajat celcius, maka dapat dinyatakan demam.

2. Jika Suhu Diatas 37,5 derajat celsius

Anda dapat memberikan obat penurun panas, tetapi terlebih dahulu tanyakan kepada dokter tentang pilihan obat dan dosis. Selalu pastikan orang yang mengalami demam mendapat banyak cairan dan istirahat.

Memandikan atau membasuh dengan air hangat dapat membantu menurunkan suhu. jangan gunakan air dingin, es, maupun alkohol untuk meredakan panas.

3. Pemantauan

Seorang anak sebaiknya tidak pergi kesekolah terlebih dahulu bila suhu masih tinggi. Hubungi dokter jika demam berlangsung selama lebih dari satu hari, semakin tinggi, atau anda prihatin dengan kondisi yang semakin buruk.

Untuk suhu yang tinggi dalam jangka waktu lebih dari dua hari, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam, seperti cek darah.

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Menjaga kebersihan merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan terutama pada bayi yang masih rentan terkena virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit. Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan adalah telinga. Tidak hanya mencegah penumpukan kotoran, membersihkan telinga juga membantu menghilangkan sel-sel mati yang telah menumpuk pada lipatan telinga.

Membersihkan telinga harus dengan hati-hati. Pasalnya, apabila bunda salah dalam hal membersihkan telinga maka akan terjadi komplikasi yang berakibat fatal bagi kesehatan, seperti infeksi telinga, rusaknya gendang telinga dan bisa pula mengganggu pendengaran. Berikut ini cara membersihkan telinga pada bayi dengan benar.

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Bersihkan ketika waktu mandi
Karena, dengan kondisi telinga yang basah memudahkan proses pembersihan telinga. Ibu bisa menggunakan kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga, bagian lipatan telinga sercara lembut dan perlahan.

Gunakan dengan kain hangat
Rendam kain terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian gunakan untuk membersihkan telinga secara perlahan. Dengan hal ini, maka akan bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati juga.

Hindari membersihkan telinga dengan kapas
Tidak dianjurkan membersihkan telinga dengan cutton bud atau kapas pembersih telinga kedalam telinga bayi. Cukup gunakan kapas pada bagian luar telinga saja. Hal ini dikarenakan, apabila ibu memasukkan kapas kedalam telinga bayi maka dapat berisiko kapas tertinggal didalam telinga, sehingga dapat merusak gendang telinga.

Jangan membersihkan telinga pada keadaan bayi sudah kering
Hal ini dapat menyebabkan bayi terkena iritasi pada kulit telinga dan juga terjadi goresan yang menyebabkan infeksi.

Berhati-hati dan telitilah saat membersihkan telinga
Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman ketika Bunda sedang membersihkan telinganya sehingga tidak jarang bayi akan bertingkah. Bunda harus waspada, berhati-hati dan ekstra sabar dalam menghadapinya. Karena, jika tetap dipaksakan untuk membersihkan telinga bisa saja akan terjadi cedera yang serius pada bayi.

Bersihkan telinga bayi menggunakan tetes telinga
Namun, sebelum ibu menggunakannya, sebaiknya ibu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter supaya tidak salah langkah.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga bayi dengan benar. Semoga bermanfaat buat para ibu baru.

| Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi dengan Benar

Cara Mengobati Gatal Pada Bayi Akibat Ruam Popok

Ruam popok pada bayi sering ditandai dengan kemunculan kulit kemerahan pada bokong bayi. Sehingga bayi sering nangis karena rasa gatal dan rasa tidak nyaman. Ruam popok ini terjadi akibat adanya peradangan pada kulit bayi yang tertutup popok seperti bokong. Ruam ini biasanya terjadi karena reaksi kulit terhadap urine dan tinja.

Pada umumnya, ruam popok memang tidak berbahaya. Namun, sering kita melihat kasian pada bayi yang mengalaminya karena dia akan merasakan gatal serta ketidak nyamanan. Maka dari itu, sebaiknya bunda pintar-pintar dan dalam merawat dan mengobati ruam pada popok buah hati bunda. Berikut ini cara mengobati gatal pada bayi akibat ruam popok.

Cara Mengobati Gatal Pada Bayi Akibat Ruam Popok

screenshot_20

Ruam popok umumnya terjadi pada dua tahun pertama, terutama saat bayi berusia 9 bulan hingga satu tahun atau kambuh saat buah hati Anda masih memakai popok. Untuk mengatasinya, sebaiknya hentikan terlebih dahulu pemakaian popok untuk mengurangi gejalanya, lalu berikan obat herbal gatal akibat ruam popok pada bayi dengan QnC Jelly Gamat.

Herbal yang dibuat dari ekstrak teripang ini sudah terbukti aman diberikan pada bayi dan ampuh atasi gatal akibat peradangan, dll. Di produksi oleh PT. Bijaksana Maju Utama, Indonesia yang telah terdaftar di Lembaga Kesehatan DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan telah bersertifikat HALAL dari MUI.

Didalam dunia medis, teripang juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa, diantaranya untuk penyembuhan luka seperti luka bakar, luka gores, sayat, mengatasi kulit gatal, sebagai tonik ginjal, darah tinggi, jerawat, asam urat, maag, masalah persendian pada usia lanjut, tumor, kista, kanker, stroke, kesehatan liver, kesehatan jantung dsb. Bahkan sudah banyak penelitian tentang khasiat dari ekstra teripang.

Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia. Dari hasil penelitiannya disebutkan bahwa ” teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.”

Hasil dari penelitian dan study diatas cukup menjelaskan mengenai manfaat teripang bagi kesehatan. Semoga hal ini bisa menjadi referensi Anda dalam mengobati gatal ruam popok pada bayi Anda. Jika berminat, pemesanan bisa dilakukan dengan mengirimkan pemesanan melalui SMS, BBM atau Whatsapp dengan mencantumkan kode produk YGAA dalam setiap pemesanan Anda, seperti contoh dibawah ini.

Dapatkan discount dan promo potongan harga bagi Anda yang memesan lebih dari 2 botol. Untuk info selengkapnya, bisa buka dihalaman CARA PEMESANAN QNC JELLY GAMAT.

Manfaat Berenang Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Norwegia University of Science and Technology mengungkapkan bahwa, bayi yang sering diajak bermain dikolam renang memiliki keseimbangan dan kemampuan memahami lebih baik dibandingkan yang tidak pernah diajak berenang. Keterampilan fisiknya saat dewasa juga akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Menurut profesor Sigmundsson,”Bayi yang melakukan latihan tertentu saat berenang akan membuahkan hasil yang baik. Ini sangat menarik bahwa program pelatihan renang bagi bayi berpengaruh di masa depan mereka. Perkembangan kemampuan menjaga keseimbangandan berpadu dengan pengalaman dan pembelajaran”.

Manfaat Berenang Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Berenang Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Pelatihan berenang bisa dipraktekan saat bayi sudah menginjak usia 3 bulan, karena:

  1. Sebelum usia 3 bulan, kekuatan tubuh bayi dan daya koordinasi tubuhnya belum selaras
  2. Pada usia satu atau duab bulan, tubuh si kecil juga belum proforsional untuk berenang di permukaan air.
  3. Diatas usia 3 bulan, bayi memiliki refleks yang sangat baik untuk berenang.

Maka dari itu, banyak sekali manfaat berenang yang diberikan untuk buah hati Anda, seperti

  • Membantu menjaga kesehatan fisik dan mental buah hati
  • Memperkuat jantung dan paru-paru bayi
  • Otak bayi akan distimulasi dengan keselarasan geral dari lima panca indera nya
  • Melatih keselamatan diri di air
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Membentuk keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik
  • Melancarkan peredaran darah
  • Rekreasi dan penyegaran

Itulah beberapa keuntungan melatih anak berenang sejak bayi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

| Manfaat Berenang Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini