Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Batuk adalah sesuatu yang normal, karena batuk dapat membantu tenggorokan Anda bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Batuk yang terjadi bisa disebabkan oleh alergi, virus atau pun bakteri. Apabila batuk yang terjadi disebabkan oleh virus atau bakteri, biasanya akan berlangsung selama satu hingga dua minggu. Namun, bila disebabkan oleh alergi tertentu, biasanya berlangsung lebih lama. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab batuk Anda.

Artikel Terkait: QnC Jelly Gamat

Kini telah banyak sekali di toko obat yang menawarkan berbagai obat batuk. Namun, sebelum Anda mengkonsumsi obat tersebut, alangkah baiknya untuk mencoba membuat ramuan obat dari bahan alami, apa sajakah? Berikut ini bahan-bahan alami untuk meredakan batuk.

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Madu
Menurut satu studi, madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif ketimbang sejumlah obat yang mengandung dekstrometorfan (penekan batuk). Anda bisa membuat ramuannya sendiri di rumah, yaitu dengan mencampurkan madu dua sendok teh dan teh herbal kemudian ditambah dengan air hangat serta lemon.

Telah diakui, madu dapat menenangkan tenggorokan, sedangkan lemon dapat membantu kemacetan di dalam tenggorokan. Namun, Anda juga bisa hanya memakan madu dengan mengoleskannya pada roti atau meminumnya sebanyak satu sendok makan.

Probiotik
Ada bukti bahwa Lactobacillus (bakteri di susu), dapat mengurangi kemungkinan pilek atau flu, serta kepekaan terhadap alergen tertentu seperti serbuk sari. Oleh karena itu, konsumsi probiotik yang sudah ditambahkan ke dalam beberapa jenis yoghurt.

Nanas
Ada bukti yang menunjukkan bahwa bromelain yang hanya ditemukan di dalam batang dan buah nanas, dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan Anda. Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain di dalamnya, makan sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Namun, meski nanas baik untuk meredakan batuk. tetapi Anda juga harus berhati-hati jika sedang menggunakan antibiotik seperti amosisilin, karena bromelain dapat meningkatkan penyerapan antibiotik.

Daun mint
Mentol yang ada di dalamnya dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan yang membantu memecah lendir. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan meminum teh peppermint atau dengan menghirup uapnya.

Untuk membuat uapnya, tambahkan 3 hingga 4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 mililiter air panas. Lalu kenakan handuk di atas kepala Anda dan ambil napas dalam-dalam di atas airnya.

Tanaman marshmallow
Daun dan akar marshmallow telah digunakan sejak zama kuno untuk mengobati sakit tenggorokan dan menekan batuk. Tanaman ini mengandung getah yang akan melapisi tengorokan dan menenangkan iritasi.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan akar marshmallow sebagai teh atau dalam bentuk kapsul. Namun mereka tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Garam dan air
Caranya, campurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dengan 8 ons air hangat, dan kumur-kumur beberapa saat. Namun perlu diperhatikan, cara ini belum bisa dicoba pada anak di bawah umur enam tahun, karena mereka belum begitu baik dalam hal berkumur. Lebih baik gunakan pengobatan lain untuk anak di kelompok usia ini.

Daun thyme
Anda dapat membuah teh thyme di rumah dengan menggunakan dua sendok teh daun thyme yang sudah dihancurkan dan satu cangkir air panas. Tutup cangkir tersebut, tunggu beberapa saat dan saring.

Nah, jadi itulah beberapa bahan-bahan alami dan cara membuat ramuannya. sEmgoa bermanfaat dan selamat mencoba serta lekas sembuh. Aamiin

| Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Anda perlu memperhatikan asupan gizinya. Konsumsi makanan dengan gizi yang lengkap akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Jual Obat Herbal Kaya Khasiat

Ada beragam jenis zat gizi yang perlu anak penuhi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat secara seimbang. Dengan jenis makanan yang tepat, tumbuh kembang anak bisa maksimal. Selain makanan, ada juga beberapa jus sehat untuk membantu tumbuh kembang anak. Apa saja itu? Ini dia

Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

  • Pisang

Buah yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan serat makanan. Serat makanan pada jus pisang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Kandungan vitamin A yang dimilikinya bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata balita, sedangkan asam folatnya bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

  • Tomat

Jus buah tomat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh terhadap gangguan bakteri atau organisme penyakit yang lain. Karena, tomat mengandung likopen. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfat untuk menjaga kesehatan penglihatan. Kandungan serat makanan pada tomat juga bermanfaat untuk melancarkan organ pencernaan, selain itu kandungan asam folatnya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita.

  • Apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mata, vitamin C yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh terhadap gangguan penyakit dan kandungan kalsiumnya yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan kalium pada apel juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kemungkinan dehidrasi. An Apple a day keep a doctor awat. Itulah ungkapan yang sering didengar.

  • Brokoli dan wortel

Kandungan vitamin A pada kedua sayuran ini bermanfaat untuk kesehatan mata balita. Kombinasi beta karoten pada wortel dan klorofil pada brokoli bermanfaat untuk menjaga kehalusan dan kesehatan kulit. Hanya saja pemberian wortel pada balita tidak disarankan diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan perubahan pigmentasi pada jaringan kulit dan retina.

  • Alpukat

Kandungan asam folat yang lumayan tinggi dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita. Kandungan carotenoid lutein dan beta-caroten pada alpukat juga bermanfaat untuk memelihara kelenturan lensa mata agar mata tidak cepat lelah ketika berakomodasi.

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan mineral zat besi yang tinggi dan bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berguna untuk mengikat oksigen yang berguna sebagai bahan bakar segala proses biokimia dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Merawat Anak yang Terkena Campak

Itulah beberapa jus sehat untuk tumbuh kembang si kecil. Berikan asupan nutrisi yang seimbang agar tumbuh kembang balita makin optimal. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

| Jus Sehat Untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Polusi udara disekitar anda bisa berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Namun, dibelahan dunia terdapat sejumlah tanaman herbal yang berkhasiat membersihkan paru-paru. Tanaman apa saja? Ini dia jenis tanaman yang menyehatkan paru-paru anda.

Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

  • Coltsfoot

Ini adalah tanaman herbal asal Eurasia dan sering digunakan secara tradisional di Australia untuk mengobati batuk, masalah pernafasan, infeksi kulit, rematik, asam urat, hingga infeksi virus. Caranya yaitu dengan diseduh satu atau dua sendok makan coltsfoot kering selama 15 menit dan ramuan itu akan ampuh membersihkan paru-paru dan saluran bronkial dari lendir yang berlebih.

Baca Juga: Obat Herbal Pneumonia Pada Anak

  • Elecampane

Ini adalah tanaman herbal dari Inggris, Eropa Tengah, Eropa Selatan dan Asia. Elecampane sering digunakan sebagai obat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan. Ekstrak akar elecampane membantu menghilangkan lendir berlebih, membunuh bakteri jahat yang menginfeksi paru-paru. Selain itu juga dapat mengurangi demam akibat infeksi dalam tubuh dan mendorong pengusiran racun melalui keringat. Ambil satu sendok teh akar kering elecampane, jerang dalam secangkir air selama beberapa menit dan minum 3 kali sehari.

  • Horehound

Selama berabad-abad, horehound yang memiliki daun menyerupai mint berwarna abu-abu ini telah digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan. Tanaman herbal ini bahkan disebutkan di De Medicina, ensiklopedi Romawi yang ditulis Aulus Cornelius Celsus.

Daun kering horehound bisa merilekskan otot paru-paru, menghilangkan kelebihan lendir, mengobati kejang bronkus, dan mengobati batuk karena sifat antispasmodic yang dimilikinya. Rasanya yang pahit bisa disiasati dengan menambahkan gula atau madu saat mengonsumsinya.

  • Lobelia

Jenis tanaman berbunga yang mayoritas tumbuh di daerah tropis ini telah dikenal dalam pengobatan tradisional appalachian untuk meredakan asma. Herbalis abad ke-19, Samuel Thompson, memopulerkan khasiat lobelia mengobati penyakit pernapasan, asma bronkial, dahak berlebih, dan lain-lain di Amerika Serikat. Namun, perempuan hamil dan anak-anak tidak dianjurkan mengonsumsinya karena bisa menyebabkan pusing bagi yang sensitif.

Baca Juga: Jual Obat Herbal

  • Lungwort atau pulmonaria atau pulmonaria

Lungwort sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah paru seperti infeksi dan lendir berlebih. Tanaman ini juga ampuh membersihkan saluran pernapasan atas, tenggorokan, saluran bronkial atas dari mukosa, hingga mengobati bronkitis. Dua penelitian terpisah di Turki mendokumentasikan khasiat Lungwort mengurangi iritasi pada sistem pencernaan dan menjaga sistem pernapasan tetap sehat dalam jangka panjang.

  • Mullein

Daun dan bunga tanaman mullein diyakini menenangkan membran mukosa, meminimalkan peradangan dan rasa sakit dari lapisan hidung, saluran bronkial, dan lapisan tenggorokan.

Mullein juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, membersihkan saluran kemih, dan meredakan gangguan sistem alat gerak. Mullein bisa diseduh dengan air, dioleskan sebagai salep, atau digunakan untuk kompres.

  • Sea buckthorn

Semak daun dengan buah oranye terang ini tumbuh dekat laut di wilayah Eropa dan Asia, utamanya Rusia, Cina, Kanada, dan Eropa Utara. Minyak alami yang terkandung dalam buahnya sering digunakan sebagai bahan aktif dalam produk makanan.

Kandungan vitamin C dalam buah kecil itu 15 kali lebih banyak dari jeruk dan mengandung konsentrasi padat karotenoid, vitamin E, asam amino, mineral diet, dan polifenol ß-sitosteroland. Daun dan kulit kayunya yang telah dikeringkan juga berkhasiat mengobati berbagai penyakit paru, seperti asma, batuk kronis, bronkus, gastrointestinal, dan gangguan metabolisme.

Nah itulah beberapa tanaman herbal yang bisa anda konsumsi untuk membersihkan organ paru-paru anda. Semoga sajian artikel kami bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda. Terimakasih.

 

| Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Minuman Sehat Alami Untuk Meredakan Batuk

Jika anda mengalami batuk, tentunya sangat mengganggu aktifitas anda bukan? Oleh karena itulah, kami disini mencoba berbagai pengetahuan mengenai minuman sehat alami untuk meredakan batuk. Apa saja nih minumannya? Ini dia

Minuman Sehat Alami Untuk Meredakan Batuk

Minuman Sehat Alami Untuk Meredakan Batuk

  • Lemon Tea

Minuman ini memiliki kandungan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan sel-sel darah putih untuk melawan virus dan infeksi yang menyebabkan batuk. Jus lemon ini dapat mengurangi racun berbahaya dan toksisitas virus dalam tubuh. Caranya yaitu dengan mencampurkan jus lemon dalam air hangat tambahkan madu sebagai pemanis rasa. Minuman ini mampu membantu meringankan sakit tenggorokan balita dan membersihkan lendir.

Baca Juga: Jual Obat Herbal Kaya Khasiat

  • Teh jahe

Jahe dapat merangsang produksi air liur yang membantu untuk mengencerkan sekresi lendir. Ambil sepotong jahe segar dan hancurkan hingga halus kemudian tambahkan dengan air hangat dan saring. Berikan anak teh ini 2 kali sehari saat masih hangat.

  • Uap air hangat

Simpanlah air hangat dalam mangkuk dan hirup udaranya dengan cara menutupi dengan handuk sekitar 15-20 menit agar uap terhirup. Hal ini dapat membantu melonggarkan sekresi hidung dan ulangi secara teratur untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

  • Susu dan madu

Madu memberikan efek nyaman pada tenggorokan dan membantu tidur lebih nyenyak dimalam hari. Segelas susu hangat dengan tambahan satu sendok teh madu dan sejumput kunyit dapat membantu menggantikan zat gizi saat anak sakit.

Baca Juga: Obat Batuk Rejan Untuk Semua Usia Dari Bahan Alami

Itulah beberapa minuman sehat alami rekomendasi dari kami untuk anda yang kini sedang menderita batuk. Semoga lekas sembuh

| Minuman Sehat Alami Untuk Meredakan Batuk