Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Batuk adalah sesuatu yang normal, karena batuk dapat membantu tenggorokan Anda bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Batuk yang terjadi bisa disebabkan oleh alergi, virus atau pun bakteri. Apabila batuk yang terjadi disebabkan oleh virus atau bakteri, biasanya akan berlangsung selama satu hingga dua minggu. Namun, bila disebabkan oleh alergi tertentu, biasanya berlangsung lebih lama. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab batuk Anda.

Artikel Terkait: QnC Jelly Gamat

Kini telah banyak sekali di toko obat yang menawarkan berbagai obat batuk. Namun, sebelum Anda mengkonsumsi obat tersebut, alangkah baiknya untuk mencoba membuat ramuan obat dari bahan alami, apa sajakah? Berikut ini bahan-bahan alami untuk meredakan batuk.

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Madu
Menurut satu studi, madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif ketimbang sejumlah obat yang mengandung dekstrometorfan (penekan batuk). Anda bisa membuat ramuannya sendiri di rumah, yaitu dengan mencampurkan madu dua sendok teh dan teh herbal kemudian ditambah dengan air hangat serta lemon.

Telah diakui, madu dapat menenangkan tenggorokan, sedangkan lemon dapat membantu kemacetan di dalam tenggorokan. Namun, Anda juga bisa hanya memakan madu dengan mengoleskannya pada roti atau meminumnya sebanyak satu sendok makan.

Probiotik
Ada bukti bahwa Lactobacillus (bakteri di susu), dapat mengurangi kemungkinan pilek atau flu, serta kepekaan terhadap alergen tertentu seperti serbuk sari. Oleh karena itu, konsumsi probiotik yang sudah ditambahkan ke dalam beberapa jenis yoghurt.

Nanas
Ada bukti yang menunjukkan bahwa bromelain yang hanya ditemukan di dalam batang dan buah nanas, dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan Anda. Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain di dalamnya, makan sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Namun, meski nanas baik untuk meredakan batuk. tetapi Anda juga harus berhati-hati jika sedang menggunakan antibiotik seperti amosisilin, karena bromelain dapat meningkatkan penyerapan antibiotik.

Daun mint
Mentol yang ada di dalamnya dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan yang membantu memecah lendir. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan meminum teh peppermint atau dengan menghirup uapnya.

Untuk membuat uapnya, tambahkan 3 hingga 4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 mililiter air panas. Lalu kenakan handuk di atas kepala Anda dan ambil napas dalam-dalam di atas airnya.

Tanaman marshmallow
Daun dan akar marshmallow telah digunakan sejak zama kuno untuk mengobati sakit tenggorokan dan menekan batuk. Tanaman ini mengandung getah yang akan melapisi tengorokan dan menenangkan iritasi.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan akar marshmallow sebagai teh atau dalam bentuk kapsul. Namun mereka tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Garam dan air
Caranya, campurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dengan 8 ons air hangat, dan kumur-kumur beberapa saat. Namun perlu diperhatikan, cara ini belum bisa dicoba pada anak di bawah umur enam tahun, karena mereka belum begitu baik dalam hal berkumur. Lebih baik gunakan pengobatan lain untuk anak di kelompok usia ini.

Daun thyme
Anda dapat membuah teh thyme di rumah dengan menggunakan dua sendok teh daun thyme yang sudah dihancurkan dan satu cangkir air panas. Tutup cangkir tersebut, tunggu beberapa saat dan saring.

Nah, jadi itulah beberapa bahan-bahan alami dan cara membuat ramuannya. sEmgoa bermanfaat dan selamat mencoba serta lekas sembuh. Aamiin

| Bahan-Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk

Tanaman Obat Untuk Atasi Masalah Kelainan Jantung Bayi

Penyakit jantung bisa dialami oleh siapa saja mulai dari bayi, remaja, dewasa, orang tua, ibu hamil maupun menyusui. Berdasarkan data WHO menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah penyakit pembunuh orang di dunia nomor 1. Dari data yang diperoleh di tahun 2008 saja ada 7.25 juta orang atau sekitar 12.8% yang ada di dunia meninggal akibat penyakit jantung. Dengan adanya data tersebut penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mengkhawatirkan dan perlu diwaspadai oleh setiap orang.

Untuk mengobati masalah kelainan jantung, Anda bisa dengan mengonsumsi beberapa ramuan herbal yang disediakan alam. Diantaranya berikut dibawah ini tanaman obat untuk atasi masalah kelainan jantung bayi.

Tanaman Obat Untuk Atasi Masalah Kelainan Jantung Bayi

Tanaman Obat Untuk Atasi Masalah Kelainan Jantung Bayi

Sirih merah
Sirih merah biasa digunakan sebagai ramuan untuk mengobati masalah jantung bengkak. Jenis tanaman ini mengandung berbagai senyawa seperti antioksidan flavonoid, alkaloid, vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan proses metabolisme protein dalam tubuh untuk menyediakan bahan regenerasi sel otot serta katup jantung yang rusak akibat endapan lemak maupun penyebab lainnya.

Tidak hanya itu, komponen vitamin dalam sirih merah juga akan membuat tubuh menjadi lebih berstamina dan segar, meskipun sudah lanjut usia. Cara membuat ramuannya yaitu:

  • Rebuslah 10 lembar daun sirih merah ditambah madu kedalam air 800ml.
  • Jika sudah, saringlah 200ml untuk dikonsumsi 2 kali sehari

Catatan: Jika anda tidak hanya ingin mengkonsumsi sirih merah, anda dapat menambahkan bahan lain bersama daun sirih merah dengan perbandingan daun sirih lebih banyak 2 kali lipatnya seperti daun meniran, lidah buaya, kayu manis, atau daun kumis kucing.

Wortel
Ternyata wortel tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata saja, namun juga jantung. Hal ini lantaran wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu membantu meregenerasi sel otot jantung dan mengikis endapan lemak yang menempel di area pembuluh darah. Selain itu, wortel juga kaya akan zat prebiotik serta antioksidan yang bisa membunuh bakteri yang masuk kedalam tubuh.

Cara penyajian ramuan herbal wortel untuk mengatasi masalah pembengkakan jantung yaitu dengan diambil air sari wortel yang diperoleh dari perasan 3-5 buah wortel yang diparut dan diminum 2 kali sehari. Hal ini bisa menambah daya tahan tubuh Anda sehingga kontraksi otot jantung juga lebih terkontrol. Meski demikian, Anda juga perlu ingat, saat mengonsumsi air perasan wortel, Anda tidak perlu menambah air hangat, madu atau pun gula karena dapat mengurangi efektivitas senyawa yang terdapat pada ramuan wortel tersebut.

Mahkota dewa
Buah ini mengandung senyawa flavin, minyak atsiri, dan terpenoid yang dapat membantu memperkuat otot jantung saat berkontraksi sekaligus meluruhkan endapan kolesterol atau kalium yang menggumpal di dinding pembuluh darah. Selain itu, kandungan vitamin serta mineral dalam buah ini juga cukup tinggi sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat untuk menyembuhkan jantung bengkak. Cara membuatnya yaitu:

  • Cuci buah mahkota dewa hingga bersih
  • Haluskan buah tersebut
  • Rebus kedalam 400ml air untuk diambil air sarinya sebanyak 500ml dan dikonsumsi 2 kali sehari.

Selain cara itu, Anda juga bisa mengeringkannya terlebih dahulu kemudian menyeduhnya dengan air hangat seperti saat ingin membuat teh.

Mengkudu
Buah ini sudah dikenal khasiatnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, namun selain itu ternyata buah ini juga dapat menguatkan otot serta katup jantung sehingga darah kaya oksigen yang dipompa ke seluruh organ untuk metabolisme lebih banyak.

Buah mengkudu mengandung senyawa flavonoid serta mineral makro (magnesium, kalsium, kalium, natrium, fosfor, dan 19sulfur), dan vitamin kompleks). Cara membuat ramuannya yaitu dengan rebuslah 2 buah yang telah di potong-potong kedalam 1000ml air, tunggu hingga air menyisakan 200ml. Namun, sebelumnya disarankan untuk disaring terlebih dahulu. Konsumsilah setidaknya sehari sekali.

Nah itulah beberapa tanaman obat yang bisa Anda gunakan untuk solusi sehat alami mengatasi masalah pada kelainan jantung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sehat selalu !

| Tanaman Obat Untuk Atasi Masalah Kelainan Jantung Bayi

Cara Membuat Ramuan Herbal Untuk Melancarkan ASI

ASI sangat penting diberikan pada bayi untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Namun, ada beragam kendala yang harus dihadapi oleh seorang ibu manakala ingin memberikan Air Susu Ibu (ASI) ekslusif untuk buah hati. Mulai dari ASI yang tidak lancar, sampai timbul ruam kemerahan disekitar payudara.

Baca Juga: Jual Obat Herbal

Namun, tidak perlu khawatir karena semua masalah diatas bisa diatasi. Berikut ini cara membuat ramuan herbal untuk melancarkan ASI. Ramun ini telah terbukti khasiat dan manfaatnya yang sangat ampuh untuk melancarkan ASI dan telah digunakan sejak dulu.

Cara Membuat Ramuan Herbal Untuk Melancarkan ASI

cara membuat ramuan herbal untuk melancarkan ASI

Bahan yang harus anda siapkan yaitu:

  • 7 helai daun adem ati
  • 3 rimpang kunyit
  • 1 rimpang temulawak sebesar telur ayam
  • 3 rimpang kencur
  • 1 sendok teh mungsi
  • 1 sendok teh adas

Cara membuatnya

  • Cuci bersih semua bahan, lalu tumbuk sampai halus sambil diberi 2 gelas air matang.
  • Peras dan saring.
  • Saat akan diminum, tambahkan sedikit gula aren dan perasan air jeruk nipis.
  • Minum 1 kali sehari.

Sebaiknya minum jamu ini 1 minggu setelah bersalin. Sebelumnya, ibu yang baru melahirkan ini sebaiknya diberi jamu beras kencur.

Bila tidak ada daun adem ati, boleh ditukar dengan 1/2 genggam daun pegagan.

Khasiat yang diberikan

Daun adem ati yang mengandung zat alkaloid, flavanoid, tanin dan minyak atsiri berkhasiat untuk antiradang. Sementara itu, temulawak yang mengandung zat kurkumin dapat melancarkan keluarnya ASI

Kemudian, kencur dan adas yang sifatnya menghangatkan dapat mengurangi rasa sakit. Mungsi, selain bersifat menghangatkan juga dapat menambah nafsu makan dan tubuh menjadi segar

Membuat ramuan herbal ini juga untuk mencegah anda dari penyakit mastitis atau radang payudara dan mengembalikan ibu yang sedang menyusui.

Baca Juga: Tips Mencegah Diare Pada Bayi dan Anak Balita

| Cara Membuat Ramuan Herbal Untuk Melancarkan ASI

5 Jenis Bahan Herbal yang dapat Menyehatkan Ibu Hamil

Tidak sedikit wanita hamil yang sering mengalami masalah saat masa kehamilannya, seperti misalnya, mual, hilang nafsu makan, lemas, lelah, mudah mengantuk, dll. Kondisi kesehatan janin yang ada dalam kandungan tergantung dari apa yang ibunya konsumsi. Karena, apapun yang dikonsumsi oleh ibunya, maka akan berpengaruh terhadap janinnya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda selalu memperhatikan asupan makanan anda, terutama asupan makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin.

Baca Juga: Jual Obat herbal

Maka dari itu, kami disini mengenalkan 5 jenis bahan herbal yang dapat menyehatkan ibu hamil.

5 Jenis Bahan Herbal yang dapat Menyehatkan Ibu Hamil

5 Jenis Bahan Herbal yang dapat Menyehatkan Ibu Hamil

  • Kemangi

Kemangi sangat kaya akan antioksidan dan merupakan sumber kalsium, kalium dan zat besi. Dengan mengkonsumsi daun kemangi setiap hari juga akan memasok 85% dari asupan vitamin K harian anda.

  • Peterseli

Daun ini sering digunakan sebagai garnish makanan dan merupakan salah satu herbal segar untuk diet harian anda. Peterseli juga menawarkan pasokan vitamin A dan karotenoid yang melindungi kesehatan mata. Ada juga kandungan vitamin K yang tidak hanya menjaga kesehatan darah, tapi juga mencegah pendarahan berlebihan bagi ibu hamil.

  • Rosemary

Bunga rosemary ini memasok polifenol untuk membantu mengurangi rasa kembung dan pencernaan yang buruk. Terlebih, jika anda mengkonsumsinya setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga.

  • Mint

Apabila anda kini tengah hamil, disarankan untuk mengunyah beberapa lembar daun mint setiap hari. Daun mint ini menjadi salah satu herbal ajaib yang mengandung antioksidan kuat, termasuk vitamin A dan C. Sehingga dapat mengurangi masalah pencernaan dengan relaksasi otot-otot perut dan mengatasi rasa mual.

  • Bunga lavender

Lavender juga menawarkan polifenol yang membantu mencegah infeksi bakteri pada sistem pencernaan. Sehingga, ini bermanfaat untuk mengatasi kembung, melancarkan buang air besar dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Maka dari itu, bagi anda yang tengah mengandung disarankan untuk mengkonsumsi salah satu jenis herbal yang kami rekomendasikan diatas, karena dapat membantu mengatasi beberapa masalah saat hamil, terutama masalah pencernaan yang bisa terjadi saat pada masa kehamilan, seperti misalnya susah BAB, mual karena asam lambung naik, hilangnya nafsu makan, dll. Semoga sajian artikel ini bermanfaat untuk anda dan memberikan pengetahuan baru. Terimakasih telah menyimak artikel kami. Semoga anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| 5 Jenis Bahan Herbal yang dapat Menyehatkan Ibu Hamil