Tanda-Tanda Stres Anak Yang Harus Diwaspadai Orang Tua

Tanda-Tanda Stres Anak Yang Harus Diwaspadai Orang Tua

Tanda-Tanda Stres Anak Yang Harus Diwaspadai Orang Tua

Menurut sebuah survei nasional yang dilakukan oleh situs kesehatan asal amerika serikat, Kebanyakan orang tua tidak menyadari munculnya tanda tanda anak stres. Ini bisa jadi disebabkan oleh suatu pemahaman keliru bahwa cuma orang dewasa yang bisa stres. Padahal, anak lima tahun sampai usia remaja juga mungkin diserang stres.

Penyebab anak stres tentu bermacam-macam. Misalnya masalah dalam keluarga, tuntutan belajar dan bersaing disekolah tinggi, ada anggota keluarga yang sakit keras, atau tekanan sosial dari lingkungan pergaulannya.

Anak-anak dan remaja umumnya belum bisa memahami dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan mereka sendiri bahkan tidak sadar kalau yang dialaminya adalah stres. Oleh karenanya, sudah menjadi tugas anda sebagai orang tua untuk membantu mengenali gejala-gejala stres pada anak dan remaja.

Gejala Anak Stres

1. Munculnya Prilaku Negatif

Perhatikan kalau akhir-akhir ini anak menunjukkan perubahan prilaku yang kurang baik. Apakah anak jadi mudah marah, tersinggung, mengeluh, membantah dan menangis. Anak dan remaja juga mungkin lebih sering berbohing dan menyalahi aturan di rumah. Contohnya keluyuran sampai malam atau menolak mengerejakan pekerajaan rumah tangga yang jadi tanggung jawabnya.

2. Mudah Takut

Salah satu ciri-ciri anak stres adalah tiba-tiba jadi mudah takut. Entah itu takut tidur sendiri, takut ruangan gelap, takut ditinggal orang tua, atau takut menghadapi orang asing. Apalagi kalau sebelumnya anak adalah sosok yang pemberani. Ini adalah tanda bahwa stres yang dialami oleh anak sudah cukup parah.

3. Menarik Diri Dari Keluarga Atau Pergaulan

Saat dilanda stres, anak mungkin memilih untuk menghindari interaksi dengan keluarga atau teman-temannya. Perhatikan apakah anak selalu menghindari ketika anda bertanya, tidak mau diajak makan atau pergi bersama, atau lebih sering menghabiskan waktu sendirian dikamar. Begitu juga kalau anak jadi jarang bermain dengan teman temannya.

4. Sakit Tanpa Penyebab Yang Jelas

Jika stres yang muncul sudah begitu serius, anak biasanya mengalami gejala gejala fisik seperti sakit perut, sakit kepala, atau pusing. Padahal ketika diperiksa ke dokter, anak tidak sedang mengidap penyakit tertentu. Gejala gejala tersebut adalah reaksi tubuh anak terhadap stres.

5. Perubahan Nafsu Makan

Nafsu makan anak bisa naik atau menurun secara drastis karena stres. Bila nafsu makannya turun, ia mungkin saja beralasan bahwa makanannya tidak enak atau ia tidak lapar. Sedangkan kalau nafsu makannya naik, anak mugkin jadi lebih sering ngemil dan cepat lapar padahal sudah makan.

6. Sulit Tidur

Tak cuma orang dewasa yang kalau sedang stres jadi susah tidur. Begitu juga dengan anak dan remaja yang tilanda stres. Selain susah tidur, biasanya anak-anak yang sedang sering terbangun ditengah malam karena mimpi buruk.

7. Mengompol

Hati hati kalau anka yang sudah berhenti mengompol tiba tiba kembali menunjukkan kebiasaan tersebut biasanya anak yang sedang stres memang kembali melakukan berbagai kebiasaan yang dimilikinya saat kecil dulu. Disamping mengompol, anak mungkin juga mengisap jari lagi atau tidak mau lepas dari boneka kesayangnnya.

8. Tidak Bisa Konsentrasi

Karena merasa kewalahan dengan beban yang ditangung, anak pun sulit berkonsentrasi. Baik itu saat belajar di sekolah, mendengarkan perintah dari orang tua, atau bahkan ketika menonton televisi.

Perhatikan kalau anak cenderung menatap kosong kedepan atau menunnduk saat melakukan aktivitas-aktivitas seperti biasanya. Itu berarti anak sudah tidak konsentrasi lagi terhadap hal yang sedang dilakukan.

Jangan Mengabaikan Stres Pada Anak

Kalau anak anda sudah menunjukkan berbagai gejala stres, jangan diabaikan. Stres yang dibiarkan bisa berdampak negatif dalam jangka panjang. Anak stres lebih rentan mengidap gangguan jiwa seperti depresi. Selain itu, karena perubahan pola makan akibat stres, anak pun makin berisiko mengalami kekurangan gizi atau kelebihan berat badan.

Dampak lain yang mungkin muncul adalah menurunnya prestasi di sekolah karena anak tidak bisa konsentrasi belajar. Untuk menghindari berbagai komplikasi anak stres, ajak anak mengobrol soal tekanan yang sedang ia hadapi. Dari situ, bantu anak untuk memahami keadaanya sekligus mencari solusi terbaik. Bila stresnya tak kunjung reda, anda bisa berkonsultasi dengan ahli konseling anak dan keluarga.

Penyebab Dan Obat Sariawan Pada Anak

Penyebab Dan Obat Sariawan Pada Anak

Pemberian obat sariawan anak dilakukan demi mengatasi rasa sakit dimulut. Sariawan bisa sembuh dalam waktu beberapa hari. Akan tetapi, sariawan juga bisa bertahan lebih lama. Periksakan kedokter apalabila sariawan tidak kunjung sembuh dalam dua minggu.

Sariawan sebenarnya jarang terjadi pada bayi maupun anak-anak usia dibawah sepuluh tahun. Kemunculan ditandai dengan lingkaran putih atau kuning dimulut. Sementara itu, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah dan menimbulkan rasa sakit. Anak yang sariawan umumnya menjadi tidak nyaman dalam menelan makanan, belajar, maupun bermain.

Penyebab Dan Obat Sariawan Pada Anak

Menggunakan Obat Sariawan Jika Perlu

Meski penyebab sariawan sebenarnya belum diketahui jelas, namun sariawan bisa disebabkan faktor keturunan (genetika) atau trauma mulut dan dipengaruhi pula oleh keseimbangan nutrisi serta pola kebersihan rongga mulut. Trauma pada mulut misalnya karena pengelupasan kulit didalam mulut akibat prosedur pemeriksaan oleh dokter gigi, tertusuk tulang ikan atau tidak sengaja menggigit bagian mulut tertentu.

Bila anggota keluarga memiliki riwayat sariawan cukup sering, hal ini mungkin bisa diturunkan kepada anak anak. Beberapa orang bahkan dapat sariawan karena dipicu oleh stres. Adapun pemicu timbulnya sariawan juga berkaitan dengan infeksi virus, alergi makanan, atau malnutrisi yaitu kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, Zat besi, asam folat, atau zinc.

Biasanya rasa sakit pada sariawan terjadi sekitar 3-4 hari, kemudian sariawan akan sembuh dengan sendirinya sekitar 7-10 hari. Jika sariawan tidak kunjung sembuh hingga 2 minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Beberapa jenis obat sariawan anak yang akan diberikan dokter umumnya berupa :

>> Pemberian obat resep topikal
>> Obat kumur-kumur khusus
>> Obat-obatan alami dirumah

Untuk penggunaan obat topikal sebagai obat sariawan anak yang dipakai langsung diarea mulut, sebaiknya ikuti aturan pemakaian. Antara lain, keringkan area mulut anak yang terkena sariawan menggunakan tisu kering dengan hati-hati. Berikan sedikit atau secukupnya obat sariawan anak ke kapas penyeka. Lalu, oleskan kapas ke area sariawan secara perlahan lahan dan hati hati. Kemudian minta anak anak tidak mengonsumsi makanan atau minuman selama 30 menit setelahnya agar obat dapat diserap dengan baik.

Cara Mengurangi Rasa Sakit

Rasa sakit karena sariawan bisa diatasi dengan pemakaian obat obatan penghilang sakit seperti parasetamol atau ibuprofen. Jangan pernah memberikan aspirin untuk pereda rasa sakit kepada anak anak dan usia dibawah 19 tahun. Obat ini dapat memicu penyakit yaitu sindrom reye pada bayi dan anak. Sindrom Reye adalah kondisi serius yang menyebabkan pembengkakan otak dan organ hati.

Selain itu, tindakan penanganan dirumah bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan perih karena sariawan, yaitu sebagai berikut :

>> Menjaga asupa nutrisi wajib mulai dari protein, lemak, vitamin, mineral, dan cairan dengan mencukupi kebutuhan air minum bagi anak
>> Kompres bagian sariawan menggunakan es batu, untuk mengurangi rasa nyeri
>> Hindari mengoleskan gel pereda nyeri karena memiliki kandungan aktif yang dapat membahayakan kesehatan anak. Konsultasikan kepada dokter atau tenaga medis profesional untuk memperoleh saran yang tepat.
>> Menjauhkan anak anak konsumsi makanan dan minuman terlampau asam, pedas, dan asin, karena dapat menambah rasa perih sekitar area sariawan. Hindari pula makanan seperti keripik dan kacang yang dapat membentuk serpihan yang bisa mengiritasi gusi dan jaringan halus di mulut.
>> Menyikat gigi anak dengan sikat gigi berbulu halus dengan menggosoknya secara perlahan lahan. Menggunakan pasta gigi dan obat obat kumur sesuai dengan resep dokter. Bila memungkinkan, hindari pasta gigi yang mengansung SLS (Sodium Lauryl Sulphate). Yang dapat menyebabkan perih dan iritasi pada sariawan.

Perhatikan dengan cermat sariawan pada sikecil. Sariawan yang berlarut laruy pada anak, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan berupa obat sariawan anak secara tepat. Semoga Bermanfaat.

Dampak Trauma Fisik Dan Mental Akibat Kekerasan Pada Anak

Dampak Trauma Fisik Dan Mental Akibat Kekerasan Pada Anak

Dampak Trauma Fisik Dan Mental Akibat Kekerasan Pada Anak

Kekerasan terhadap anak tidak hanya berdampak pada masa sekarang, namun juga bisa berpotensi bahaya untuk masa depannya. Konsekuensi penganiayaan dapat menuai berbagai dampak negatif pada perkembangan, psikologis dan fisik korban.

Dan tidak hanya itu. Dampak kekerasan terhadap anak bisa berkepanjangan. Sehingga tidak mengherankan kalau ada sangat banyak anak korban kekerasan dan pengabaian yang tidak bisa menikmati masa kanak kanaknua, apalagi tumbuh dan berkembang melanjutkan hidup sebagai orang dewasa yang normal.

Dampak Kekerasan Terhadap Anak Pada Tumbuh Kembangnya

Studi embriologi dan pediatri telah menyatakan bahwa otak berkembang dengan kecepatan yang luar biasa selama tahap perkembangan awal bayi dan masa kanak kanak. Paparan berulang terhadap kekerasan dan tekanan mental berat dapat memengaruhi respon stres otak, sehingga membuatnya menjadi lebih relatif dan kurang adaptif. Penelitian juga telah menemukan bahwa ada kaitan antara kekerasan terhadap anak dengan sejumlah masalah kesehatan di kemudian hari, yang bisa mencakup sebagai berikut :

>> Perkembangan otak yang terbelakang
>> Ketidakseimbangan antara kemampuan sosial, emosional dan kognitif
>> Gangguan berbahasa yang spesifik
>> Kesulitan dalam penglihatan, bicara dan pendengaran
>> Peningkatan risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, penyakit paru kronis, penyakit hati, obesitas, tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, dan tingginya kadar protein reaktif C
>> Kebiasaan merokok, ketergantungan alkohol (alkoholisme), dan penyalahgunaan obat-obatan.

Dampak Kekerasan Pada Anak Tehadap Mentalnya

Anak anak yang menderita penganiayaan cenderung kurang percaya diri dan tidak percaya pada orng dewasa. Mereka mungkin tidak bisa mengungkapkan perasaan yang sebenarnya, sehingga mengalami gangguan dalam mengendalikan emosi. Semakin lama penganiayaan berlanjut, semakin seriys pula dampaknya. Dalam beberapa situasi, kesulitan ini bisa terus berlanjut sampai masa remaja bahkan dewasa. Trauma kekerasan adalah salah satu faktor risiko dari gangguan kecemasan dan depresi kronis.

Beberapa kemungkinan efek samping kekerasan anak pada kesehatan mental mereka dapat meliputi :

>> Gangguan kecemasan dan depresi
>> Disosiasi (penarikan diri : isolasi)]
>> Kilas balik trauma (PTSD)
>> Sulit fokus
>> Sulit tidur
>> Gangguan makan
>> Tidak nyaman dengan sentuhan fisik
>> Kecendrungan melukai diri sendiri
>> Usaha bunuh diri

Dampak Kekerasan Terhadap Anak Terhadap Kesehatan Fisiknya

Mengidentifikasi dampak fisik dari kekerasan bisa menjadi sangat penting dalam mengetahui adanya penganiayaan dan mengambil langkah lebih jauh dalam melindungi anak dari kekerasan dan pengabaian. Tanda tanda kekerasan pada anak lebih mudah untuk dikenali dari pada jenis kekerasan lainnya, seperti pengabaian atau kekerasan emosional. Keberadaan satu tanda kekerasan fisik terhadap anak tidak selalu berarti seorang anak menderita penganiayaan. Namun, menyadari adanya satu tanda kekerasan pada anak bisa memberikan sinyal diperlukannya pengamatan lebih lanjut.

Beberapa tanda kekerasan fisik dapat meliputi

>> Memar, bengkak
>> Keseleo atau patah tulang
>> Luka bakar
>> Sulit berjalan atau duduk
>> Nyeri, memar atau pendarahan diarea reproduktif
>> Penyakit menular seksual
>> Kebersihan yang buruk

Tanda-tanda kekerasan terhadap anak tidak selalu tampak jelas, dan seorang anak mungkin tidak akan memberi tahu siapapun mengenai apa yang terjadi pada mereka. Anak-anak mungkin merasa takut bahwa pelaku akan mengetahuinya, dan takut jika kekerasan yang dialaminya akan menjadi lebih buruk. Atau, mereka mungkin berpikir bahwa tidak ada yang bisa mereka beri tahu atau behawa mereka tidak akan dipercaya. Semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan alami

Memiliki dahak yang menumpuk ditenggorokan pasti sangat tidak nyaman. Apalagi jika terjadi pada anak anda. Bila anak anda masih balita, maka hal tersebut akan sangat membuatnya rewel. Namun tenang, anda dapat menghilangkan dahak tersebut dengan hanya mengggunakan bahan bahan yang ada dirumah.

Bagaimana Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak ?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan dahak anak dengan cara yang mudah dan memakai bahan bahan yang ada dirumah anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan bahan alami ?

1. Menggunakan Madu
Seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya madu punya banyak manfaat dan kebunaan, salah satunya adalah untuk menghilangkan dahak. Bahkan para ahli menyatakan bila madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak ketimbang dengan dekongestan (obat penghilang dahak). Semakin gelap warna madunya maka semakin banyak antioksidan didalamnya dan dapat semakin efektif untuk menyembuhkan gejala yang dirasakan si anak.

Berikan anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan anak. Anda dapat memberikan anak madu sebanyak empat sampai lima kali perhari dengan dosis yang dihitung berdasarkan berat badan anak saat itu. Tapi ingat, apabila anak anda masih dibawah 2 tahun, maka sebaiknya jangan diberikan madu dan segera periksakan kedokter.

2. Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup

Air putih salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk. Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat anda andalkan. Selain bisa menghilangkan dahak anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi. Coba berikan anak anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut.

3. Minum Jus Lemon

Meskipun rasanya yang asam, jus lemon ampuh untuk menghilangkan dahak yang menumpuk ditenggorokan si anak. Tidak perlu memberikan jus lemon terlalu banyak pada anak, cukup satu sendok teh pertiga jam sekali. Pastikan anak anda minum air putih yang cukup setelah mengonsumsi jus lemon, sebab jus lemon dapat mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.

4. Mandi Dengan Air Hangat

Memandikan anak dengan air yang hangat dapat membantu melegakan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk. Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan seperti, melancarkan aliran darah, membersihkan kuman penyakit lebih ampuh, dan meringankan gejala pilek.

Jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak yang menumpuk adalah dekongestan. Dekongestan ini dapat anda dapatkan diapotek terdekat disekitar anda. Namun hati hati dengan pemberian obat jenis ini pada anak anda. Sebab jika anda salah dalam memberikan obat pada anak, anak justru bisa mengalami keracunan.

Sebaiknya anda baca aturan pakai yang ada dikemasan obat tersebut. Biasanya, anak yang dibawah 4 tahun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat obatan tersebut. Dan apabila kondisi anak tidak kunjung membaik, lebih baik anda segera membawanya kedokter untuk diperiksa lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Penyebab Sakit Perut Saat Hamil Dari Ringan Sampai Bahaya

Penyebab Sakit Perut Saat Hamil Dari Ringan Sampai Bahaya

Cara mengobati sakit perut saat hamil

Menjadi ibu hamil memang tidak mudah. Banyak kondisi kondisi yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman saat kehamilan. Salah satunya adalah sakit perut. Ini bukan sedikit perut biasa, sakit perut yang dirasakan ibu hamil berbeda dengan sakit perut biasanya. Sakit perut saat hamil ini bisa jadi disebabkan oleh berbagai hal. Tidak hanya karena ingin buang air besar, seperti pada orang kebanyakan.

Apakah Sakit Perut Saat Hamil Normal Terjadi ?

Sakit perut saat hamil, termasuk nyeri dan kram perut, merupakan hal yang normal terjadi. Ini bisa menjadi bagian dari proses perubahan tubuh anda saat hamil. Saat rahim anda terus membesar untuk memberi ruang pada janin, ini dapat menempatkan tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah. Sehingga, dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit di sekitar perut. Tentu, ini bukan merupakan hal yang perlu anda khawatirkan dan tidak akan membahayakan kesehatan anda dan bayi anda.

Namun disamping itu, ada juga beberapa hal penyebab sakit perut saat hamil yang perlu anda khawatirkan. Karena penyebab sakit perut anda ini bisa jadi merupakan kondisi yang serius yang perlu penanganan dokter.

Penyebab Ringan Sakit Perut Saat Hamil

1. Perut bergas
Gas yang menumpuk pada perut selama kehamilan dapat membuat anda merasa tidak nyaman dibagian perut. Perut bergas biasanya disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron, yang dapat menyebabkan otot-otot pada saluran pencernaan beristirahat. Semakin banyak hormon ini dilepaskan oleh tubuh, maka saluran pencernaan anda akan bekerja lebih lambat. Sehingga, waktu yang dihabiskan makanan dalam usus besar lebih lama dan menyebabkan perut bergas.

Selain itu, kehamilan yang semakin membesar juga dapat menyebabkan perut bergas. Mengapa ? karena rahim yang semakin besar dapat menempatkan tekanan tambahan pada organ yang membuat sistem pencernaan berjalan lebih lambat juga.

2. Sembelit
Masalah pencernaan ini juga bisa disebabkan karena perubahan hormon selama kehamilan. Selain itu, kurang minum, kurang mengonsumsi makanan berserat, kurang aktif bergerak, dan efek samping dari pil zat besi atau pil penambah darah, juga dapat menyebabkan ibu hamil sembelit. Sembelit ini kemudian dapat menyebabkan ibu hami merasa perutnya sakit atau kram.

3. Kontraksi Braxton-Hicks
Kontraksi ini umum diraskaan ibu hamil, tapi tenang karena kontraksi ini berbeda dengan konstraksi saat anda ingin melahirkan. Kontraksi Braxton-Hicks terasa seperti pengetatan pada otot perut sehingga perut terasa lebih kencang atau keras. Sedangkan, kontraksi saat ingin melahirkan terasa lebih kuat dan lebih terasa menyakitkan serta belangsung lebih lama.

Saat anda merasakan kontraksi Braxton-Hicks, cobalah minum lebih banyak air. Cara ini mungkin dapat membantu menenangkan anda.

4. Round Ligament Pain
Terdapat dua ligamen yang terbentang dari rahim ke selangkangan. Fungsi ligamen ini adalah menopang rahim. Saat rahim membesar dan meregang, ligamen pun juga ikut meregang. Hal ini membuat anda merasakan rasa sakit yang tajam diperut, panggul, atau selangkangan. Pergerakan tubuh anda, seperti saat mengubah posisi tubuh, bersin dan batuk dapat membuat anda merasakan round ligament pain. Biasanya nyeri ini anda rasakan pada trimester kedua.

Penyebab Serius Sakit Perut Saat Hamil

1. Kehamilan Ektopik
Merupakan sebuah kehamilan yang berkembang diluar rahim. Kehamilan ini tidak dapat berlanjut dan membutuhkan perawatan medis. Jika anda mengalami kehamilan ektopik, anda mungkin mengalami rasa sakit diperut anda. Anda juga bisa mengalami perdarahan yang berat antara minggu ke 6-10 kehamilan. Segera periksakan kedokter jika mengalami hal ini karena kehamilan ektopik butuh penanganan cepat.

2. Keguguran
Keguguran biasanya terjadi karena bayi tidak berkembang dengan baik. Pada saat akan mengalami keguguran, biasanya anda akan mengalami kram perut, perdarahan dan rasa sakit ditengah perut bagian bawah diwaktu tertentu pada 12 minggu pertama kehamilan. Beberapa tanda lain dari keguguran adalah nyeri punggung, kontraksi setiap 5-20 menit, dan perdarahan berat.

3. Plasenta Abrupsi
Merupakan kondisi dimana plasenta memisahkan diri dari rahim sebelum bayi lahir. Nyeri perut dalam waktu yang lama dan menyakitkan dapat menjadi gejala dari plasenta abrupsi. Beberapa gejala lain dari plasenta abrupsi, yaitu pecahanya cairan ketuban disertai dengan darah dan nyeri punggung.

4. Infeksi Saluran Kencing
Masalah ini dapat anda alami saat kehamilan dan bisa menjadi penyebab mengapa anda sakit perut saat hamil. Jika anda mengalami sakit atau nyeri diperut dibagian bawah diikuti dengan sakit saat buang air kecil, bisa jadi anda mengalami infeksi saluran kencing. Sebaiknya segera periksakan kedokter jika mengalami hal ini, karena jika dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi.

5. Preeklampsia
Jika anda mengalami sakit perut dibagian atas (dibawah tulang rusuk di sisi kanan), ini bisa saja menjadi tanda bahwa anda mengalami preeklampsia. Tanda lain dari preeklamsia, yaitu mual, muntah, dan tekanan darah tinggi. Biasanya masalah ini terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu. Semoga bermanfaat.