Asupan Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Anak

Orang tua mana sih yang ngga mau buah hatinya, pintar, cerdas, dan penurut? Tentunya semua orang tua menginginkan hal yang demikian. Namun, tidak semua orang tua beruntung memiliki buah hati yang cerdas. Sebenarnya, anak dapat menjadi pintar, pandai dan cerdas itu tergantung dari asuhan orang tuanya.

Baca Juga: QnC Jelly Gamat

Orang tua yang rajin memberikan pengertian dan pemahaman terhadap anaknya, pastinya membuat anak itu mengerti dan pintar dalam segala hal. Anak-anak masih dalam perkembangan dan pertumbuhan, sehingga apapun yang mereka lihat dan mereka dengar pastinya akan dilakukan sama seperti yang orang tua mereka lakukan. Maka dengan demikian, sebaiknya anda sebagai orang tua melatih buah hati anda dengan hal-hal yang positif dan memberikan hal-hal baru bagi mereka. Selain itu, adapun asupan makanan yang dapat menunjang kecerdasan anak. Inilah beberapa makanan yang menunjang kecerdasan otak anak.

Asupan Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Anak

Asupan Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Anak

  • Ikan Salmon

Mengandung asam lemak omega 3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

  • Telur

Dikenal sebagai sumber protein, walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin yaitu suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

Baca Juga: Minuman Sehat Alami Untuk Meredakan Batuk

  • Selai kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi. Bahkan dari salah satu penelitian, diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

  • Gandum murni

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

  • Buah Berry

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji buah berry ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 yang selama ini sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam perkambangan kecerdasan anak. Selain itu, antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya, juga dapat mengurangi stress serta berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker.

  • Sayuran Berwarna

Bahan makanan alami yang berwarna cerah seperti wortel, tomat dan bayam merupakan makanan yang kaya akan segudang nutrisi, salah satunya kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Semakin cerah dan segar warna sayuran, maka semakin tinggi pula kandung antioksidannya. Antioksidan dan nutrisi baik dapat mendorong sel-sel otak untuk berkembang menjadi lebih kuat dan sehat, yang akhirnya dapat menunjang kecerdasan otak anak.

  • Daging sapi bebas lemak

Daging sapi tanpa lemak bisa Bunda jadikan sebagai sumber zat besi, yang merupakan salah satu mineral esensial yang akan membantu anak untuk tetap berenergi dan berkonsentrasi saat belajar di sekolah. Bahkan makanan ini merupakan sumber zat besi terbaik yang paling mudah diserap oleh tubuh. Kandungan zinc yang terdapat pada daging sapi tanpa lemak ini juga akan membantu memelihara daya ingat dan kecerdasan otak si kecil.

Nah, itu lah beberapa asupan makanan penunjang kecerdasan otak anak. Bila buah hati anda ingin cerdas sebaiknya berikan asupan makanan diatas dan bimbinglah buah hati anda.

| Asupan Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *