Bahaya Anak Membawa Tas Sekolah Terlalu Berat Bagi Kesehatan

Tas sekolah yang berat adalah salah satu penyebab utama cedera pada anak-anak sekolah. Namun, kebanyakan para orang tua mengabaikannya. Padahal, berat tas yang melebihi 10% bobot tubuh akan berdampak buruk pada kesehatan tulang dan sendi-sendinya. Selain itu, berikut ini bahaya anak membawa tas sekolah terlalu berat bagi kesehatan lainnya.

Bahaya Anak Membawa Tas Sekolah Terlalu Berat Bagi Kesehatan

bahaya anak membawa tas terlalu berat

  • Menganggu Pertumbuhan Tulang Anak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Peadiatric bahwa beban yang mampu diangkat oleh seorang kanak-kanak hanya 10-20% dari berat tubuhnya. Usia kanak-kanak masih mengalami pertumbuhan tulang hingga mencapai usia 14 tahun. Apabila di usia itu pertumbuhan tulang mengalami gangguan itu pasti akan terjadi masalah dan apabila mengangkat beban yang terlalu berat di batas kemampuan pasti akan menyebabkan kecenderungan membongkok.

Baca Juga: Suplemen Kesehatan Anak

  • Menyebabkan Penyakit Scoliosis

Dalam membawa beban yang berat manusia akan mencari keseimbangan terhadap pusat gravitasi. Selain itu, menurut penelitian dari American Peadiatric juga bahwa kalau tumpuan beban hanya pada salah satu bagian bahu itu bisa menyebabkan penyakit skoliosis di bagian bahu. Scoliosis merupakan penyakit pada tulang punggung yang membengkok ke kanan atau ke kiri sebab terlalu berat sebelah membawa tas atau barang.

  • Menyebabkan sakit punggung

Tekanan kepada berat beban yang berlebihan untuk kanak-kanak juga berbahaya dan bisa menimbulkan kesan efek samping terhadap perkembangan sistim musculo-skeletal. Disamping itu juga pengaruhnya terhadap umur apabila dewasa nantiĀ  mungkin juga bisa menyebabkan masalah sakit punggung/belakang tubuh. sebab kondisi tulang yang sudah tidak begitu kuat dan kepadatan tulang mulai terkikis. Untuk itu, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D, K dapat menguatkan tulang serta mengembalikan kepadatan tulang di usia tua.

Baca Juga: Tanda Penyakit Jantung Bocor Pada Anak

Itulah beberapa bahaya anak membawa tas sekolah yang berat bagi kesehatan. Semoga, para orang tua mengerti dengan kondisi buah hatinya.

 

 

| Bahaya Anak Membawa Tas Sekolah Terlalu Berat Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *