Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Balita

Madu bukan hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa saja, namun juga aman dikonsumsi oleh bayi maupun anak balita. Hal ini dikarenakan madu kaya akan nutrisi dan tidak membahayakan kesehatan anak. Madu memiliki kandungan fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa, air, dan vitamin C.

Hal ini juga telah diungkapkan dari hasil penelitian Y. Widodo sebagai peneliti pada pusat penelitian dan pengembangan gizi di Bogor, tahun lalu yang mengatakan bahwa pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat morboditas (panas dan pilek) dan memperbaiki nafsu makan anak balita.

Baca Juga: Manfaat Berenang Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Maka dari itulah, madu diyakini sebagai obat herbal untuk mengatasi anak yang sakit. Berikut dibawah ini khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan anak balita.

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Balita

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Balita

  • Meredakan batuk

Jika buah hati Anda batuk sehingga mengakibat rewel, berilah satu sendok madu pada balita sebelum makan agar batuknya mereda.

  • Membantu pertumbuhan

Balita membutuhkan banyak gizi dan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya. Dengan mengonsumsi madu secara teratur, maka Anda dapat membantu proses pertumbuhan buah hati Anda dengan baik. Berikan satu sendok madu sehari dua kali secara teratur.

  • Sumber energi

Fruktosa merupakan pemanis alami yang dapat memberikan sumber energi. Fruktosa dapat memberikan sumber energi pada balita dalam waktu yang lama, sehingga balita dapat menggunakan energi tersebut untuk aktif bergerak. Dalam usia balita, mereka sangat aktif bermain dan berlari-lari. Konsumsi madu dapat mencukupi kebutuhan energi balita.

  • Mengobati luka

Bila si kecil jatuh dan terluka, oleskan madu pada bagian luka. Karena madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi pada luka lebih cepat. Penelitian telah membuktikan bahwa luka yang diolesi madu akan lebih cepat untuk sembuh pada balita.

  • Mencerdaskan otak

Dengan mengonsumsi madu secara teratur setiap hari dapat membuat balita menjadi kreatif, aktif dan bersikap positif dalam kesehariannya.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Madu mengandung sejumlah bakteri yang baik untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat di dalam usus. Anak balita yang aktif biasanya suka memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Ini bisa menganggu sistem pencernaan balita. Dengan diberi madu sistem pencernaan balita tetap sehat. Dan tetap awasi perkembangan balita di masa pertumbuhannya.

  • Sumber vitamin

Dalam masa pertumbuhan, balita sangat membutuhkan berbagai macam vitamin untuk menunjang masa pertumbuhannya. Madu mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan K. Semuanya bagus untuk fisik balita Anda.

Baca Juga: Obat Herbal QnC Jelly Gamat

Nah itulah khasiat madu untuk kesehatan dan masa pertumbuhan balita Anda. Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin

 

| Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak Balita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *