Nutrisi Penting Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung manusia merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam mempengaruhi sistem peredaran darah manusia. Gangguan pada jantung dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung. Penyakit jantung bisa terjadi karena adanya penyakit turunan yang berhubungan dengan otot jantung yang lemah dan juga kelainan serambi kanan dan serambi kiri. Sedangkan untuk serangan jantung adalah salah satu kondisi yang menyebabkan jantung tidak berfungsi sama sekali.

Baca Juga: Jual Obat Herbal Kaya Khasiat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, berikut ini asupan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Nutrisi Penting Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

salmon dan tuna

  • Asam lemak omega -3

Asam lemak merupakan asam lemak tah jenuh yang mampu menurunkan kadar trigliserida, menghilangkan peradangan, membantu mengurangi darah yang terlalu kental serta melindungi kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi depresi.

Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa Omega -3 dapat menjadi bagian penting dalam program diet. Suplementasi omega -3 yang baik dan disarankan adalah yang mengandung EPA dan DHA serta banyak juga ditemukan dalam ikan dan hewan laut lainnya.

  • Coenzyme Q (CoQ10)

CoQ10 adalah zat yang mirip vitamin dan banyak ditemukan disemua sel tubuh manusia. CoQ10 merupakan komponen integral dari suatu rantai transpor elektron yang bertindak sebagai pembawa elektron dan selanjutnya diperlukan untuk memproduksi Adenosine Ttriphosphatase (ATP) yang berfungsi sebagai sumber energi.

Beberapa studi telah menunjukan bahwa CoQ10 juga dapat bertindak sebagai antioksidan dalam mencegah LDL oxydation2, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan membantu peningkatan antioksidan lainnya, seperti vitamin E dan vitamin C3.

  • Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai antiosksidan dan efektif dalam mencegah berbagai jenis penyakit kronis, seperti: kanker, penyakit jantung, katarak, glukom, alzheimer dan parkinson. Tidak hanya itu, vitamin E juga berperan aktif dalam melindungi kesehatan kulit dan mengurangi bekas luka. Sekarang ini telah banyak tersedia suplementasi vitamin E yang mengandung semua komponen tocopherol seperti d-alpha, d-beta, d-delta dan d-gamma tocopherol.

  • Magnesium

Magnesium adalah bahan yang diperlukan untuk proses biokimia di dalam tubuh. Para peneliti menemukan adanya keterkaitan antara magnesium dengan resiko serangan jantung, bahwa dengan meningkatkan jumlah magnesium dalam sirkulasi sebesar 0,2 micromoles per liter (micromoles adalah jumlah moleculesized) maka seseorang dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 30 persen di dalam hidupnya. Adapun makanan yang mengandung magnesium terdapat pada sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan, kacang, pisang dan kismis.

Baca Juga: Obat Herbal Sekat Bilik Jantung Berlubang Pada Bayi

Catatan penting: Meskipun magnesium penting dalam mengurangi resiko penyakit jantung akan tetapi mengkonsumsi suplemen magnesium kurang disarankan, apalagi mengkonsumsi suplemen magnesium setiap hari. Mengingat pentingnya nutrisi yang bisa didapat dari menu makan anda setiap hari, penting sekiranya unuk memperhatikan menu makan untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan jantung anda.

 

| Nutrisi Penting Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *