Permainan Untuk Mengasah Perkembangan Otak Anak

Perkembangan otak anak adalah hal yang harus di perhatikan oleh orang tua. Namun, sayangnya orang tua cenderung hanya memperhatikan aspek kecerdasan dan pengetahuan anak.

Bermain merupakan salah satu aktifitas yang paling senang dilakukan oleh anak-anak sejatinya dapat menjadi sarana orang tua untuk dapat mengembangkan kecerdasan buah hatinya. Beberapa penelitian membuktikan bahwa perkembangan otak anak usia 2-5 tahun dapat dilakukan lewat mainan anak. terlebih lagi apabila permainan edukatif tersebut diberkan pada masa emas perkembangan anak (golden age). Untuk itu, berikut ini permainan untuk mengasah perkembangan otak anak.

Baca Juga: Obat Alami ISPA Pada Anak

Permainan Untuk Mengasah Perkembangan Otak Anak

bermain caturCatur

Catur sangat baik untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Dari segi cara memenangkannya pun tidak sembarang, pemain memasang strategi, belajar dari teori yang sangat kompleks. Dengan beraneka raga langha awal, menyusun strategi hingga akhirnya bisa skak mat dan memang. Tanpa disadari, cara tersebut dapat mengembangkan logika. Dengan melindungi hingga menyerang, pemain mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya, banyak kombinasi yang pemain ciptakan untuk menjadi deffence dan attacker. Dengan sudut pandang masing-masing pemain catur dapat memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di langkah selanjutnya.

Rubik

Kubis rubik ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang Profesor Arsitektur bernama Erno Rubis yang berasal dari Hungaria. Permainan ini menggunakan rumus matematika, hingga seseorang yang memainkan permainan ini dapat melatih daya ingat, kecerdasan juga kesabarannya. Semakin seiring zaman bentuk rubik pun berbeda-beda. Dulu yang hanya berukurang 3×3 sekarang tersedia ukuran 6×2.

Puzzle

Permainan ini melatih daya ingat, intuisi, daya nalar dan melatih kesabaran. Sangat cocok bagi seseorang yang menyukai masalah rumit, bagaimana mereka meresolve problem. Hal ini terpampang jelas dari kepingan puzzle yang berantakan, di atur satu-satu entah dari tengah atau dari pinggir-pinggir yang penting hasilnya tersusun dengan benar. Permainan ini sangat cocok untuk anak anda, untuk melatih kreatifitas, daya ingat, dan kesabaran anak. Walau tidak terlalu menonjol manfaat permainan anak, namun akan terlihat ketika anak anda sudah besar.

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Berlubang Pada Anak

Lego

Lego adalah permainan yang berbentuk kotak dengan bulatan-bulatan kecil yang dapat disusun dengan piece yang lain. Permainan ini sangat melatih daya imajinasi anak. Otak anak ibarat perut yang sangat kehausan akan ilmu dan imajinasi. Hal ini terpampang ketika seorang anak selalu bertanya dan menyentuh benda-benda. Orang tua selalu menyalah artikan pertanyaan-pertanyaan anak, dengan lego anak bisa berkreatifitas dengan imajinasinya.

Halma

Permainan Halma adalah permainan yang menggunakan taktik dan strategi seperti catur dan dapat melibatkan 2, 3 atau 4 pemain. Permainan ini berbentuk geometri, tersedia home bagi pemain. Permainan ini sangat menarik minat bagi seseorang yang ingin mengasah kemampuan otak, dalam strategi, taktik bermain. Bagi anda yang sering bermain ini, secara tidak langsung anda belajar mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam menghadapi suatu masalah

Itulah beberapa jenis permainan yang baik untuk mengasah otak anak. Selain dengan bermain, suplemen penambah daya ingat anak pun dibutuhkan untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya tankap si anak. Salah satu suplemen untuk tumbuh kembang anak yaitu dengan QnC Jelly Gamat yang merupakan suplemen alami dari teripang laut yang aman untuk anak.

 

 

| Permainan Untuk Mengasah Perkembangan Otak Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *