Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Polusi udara disekitar anda bisa berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Namun, dibelahan dunia terdapat sejumlah tanaman herbal yang berkhasiat membersihkan paru-paru. Tanaman apa saja? Ini dia jenis tanaman yang menyehatkan paru-paru anda.

Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

  • Coltsfoot

Ini adalah tanaman herbal asal Eurasia dan sering digunakan secara tradisional di Australia untuk mengobati batuk, masalah pernafasan, infeksi kulit, rematik, asam urat, hingga infeksi virus. Caranya yaitu dengan diseduh satu atau dua sendok makan coltsfoot kering selama 15 menit dan ramuan itu akan ampuh membersihkan paru-paru dan saluran bronkial dari lendir yang berlebih.

Baca Juga: Obat Herbal Pneumonia Pada Anak

  • Elecampane

Ini adalah tanaman herbal dari Inggris, Eropa Tengah, Eropa Selatan dan Asia. Elecampane sering digunakan sebagai obat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan. Ekstrak akar elecampane membantu menghilangkan lendir berlebih, membunuh bakteri jahat yang menginfeksi paru-paru. Selain itu juga dapat mengurangi demam akibat infeksi dalam tubuh dan mendorong pengusiran racun melalui keringat. Ambil satu sendok teh akar kering elecampane, jerang dalam secangkir air selama beberapa menit dan minum 3 kali sehari.

  • Horehound

Selama berabad-abad, horehound yang memiliki daun menyerupai mint berwarna abu-abu ini telah digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan. Tanaman herbal ini bahkan disebutkan di De Medicina, ensiklopedi Romawi yang ditulis Aulus Cornelius Celsus.

Daun kering horehound bisa merilekskan otot paru-paru, menghilangkan kelebihan lendir, mengobati kejang bronkus, dan mengobati batuk karena sifat antispasmodic yang dimilikinya. Rasanya yang pahit bisa disiasati dengan menambahkan gula atau madu saat mengonsumsinya.

  • Lobelia

Jenis tanaman berbunga yang mayoritas tumbuh di daerah tropis ini telah dikenal dalam pengobatan tradisional appalachian untuk meredakan asma. Herbalis abad ke-19, Samuel Thompson, memopulerkan khasiat lobelia mengobati penyakit pernapasan, asma bronkial, dahak berlebih, dan lain-lain di Amerika Serikat. Namun, perempuan hamil dan anak-anak tidak dianjurkan mengonsumsinya karena bisa menyebabkan pusing bagi yang sensitif.

Baca Juga: Jual Obat Herbal

  • Lungwort atau pulmonaria atau pulmonaria

Lungwort sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah paru seperti infeksi dan lendir berlebih. Tanaman ini juga ampuh membersihkan saluran pernapasan atas, tenggorokan, saluran bronkial atas dari mukosa, hingga mengobati bronkitis. Dua penelitian terpisah di Turki mendokumentasikan khasiat Lungwort mengurangi iritasi pada sistem pencernaan dan menjaga sistem pernapasan tetap sehat dalam jangka panjang.

  • Mullein

Daun dan bunga tanaman mullein diyakini menenangkan membran mukosa, meminimalkan peradangan dan rasa sakit dari lapisan hidung, saluran bronkial, dan lapisan tenggorokan.

Mullein juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, membersihkan saluran kemih, dan meredakan gangguan sistem alat gerak. Mullein bisa diseduh dengan air, dioleskan sebagai salep, atau digunakan untuk kompres.

  • Sea buckthorn

Semak daun dengan buah oranye terang ini tumbuh dekat laut di wilayah Eropa dan Asia, utamanya Rusia, Cina, Kanada, dan Eropa Utara. Minyak alami yang terkandung dalam buahnya sering digunakan sebagai bahan aktif dalam produk makanan.

Kandungan vitamin C dalam buah kecil itu 15 kali lebih banyak dari jeruk dan mengandung konsentrasi padat karotenoid, vitamin E, asam amino, mineral diet, dan polifenol ß-sitosteroland. Daun dan kulit kayunya yang telah dikeringkan juga berkhasiat mengobati berbagai penyakit paru, seperti asma, batuk kronis, bronkus, gastrointestinal, dan gangguan metabolisme.

Nah itulah beberapa tanaman herbal yang bisa anda konsumsi untuk membersihkan organ paru-paru anda. Semoga sajian artikel kami bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda. Terimakasih.

 

| Tanaman Herbal yang Berkhasiat Membersihkan Paru-Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *