Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Makanan dan Kebiasaan Ini

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Makanan dan Kebiasaan Ini

Selama ini banyak orang berusaha mencari berbagai suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya ada cara alami, berupa makanan dan kebiasaan sehari hari yang dapat mendukungnya.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas akan melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Sistem ini terdiri dari sel jaringan dan organ organ tubuh yang bekerja sama. Jika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja optimal, tubuh pun mudah terserang penyakit.

Makanan Pendukung Imunitas

  • Brokoli

Mulailah konsumsi sayuran ini secara teratur. Sebab, manfaat brokoli mengandung tinggi serat dan antioksidan, serta mengandung vitamin A, C, dan E, kandungan nutrisi pada brokoli membuat sayuran ini dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara terbaik dalam mengonsumsi brokolo adalah meminimalisir proses memasak, seperti mencelupkan sebentar ke air panas.

  • Bayam

Kandungan antioksidan bayam tidak kalan tinggi dibanding brokoli. Dipadukan dengan beta karoten dan vitamin C, membuat bayam efektif membantu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Sama seperti brokli, masaklah bayam sebentar saja agar nutrisinya tidak terbuang.

  • Bawang Putih

Bahan makanan ini mengandung zat allicin. Kemungkinan besar zat itulah yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus melawan penyebab infeksi. Mulai kini, tambahkan bawang putih pada masakan anda, sehingga mudah mengonsumsinya.

  • Kunyit

Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa bahan ini mengandung kurkumin. Bahan makanan berwarna kuning ini juga sudah lama diandalkan sebagai bahan antiinflamasi atau antiradang terutama pada ostroarthritis dan rheumatoid artritis. Lebih jauh lagi, kunyit bahkan diyakini memiliki potensi untuk mencegah tumor dan pembentukan pembulih darah baru yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

  • Pepaya

Manfaat pepaya yang utama yaitu kaya akan nutrisi. Salah satunya adalah papain, enzim pencernaan yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, pepaya mengandung vitamin B, potasium dan folat. Kandungan vitamin C dalam satu buah pepaya yang dapat memenuhi, bahkan melebihi kebutuhan vitamin C perhari. Mengonsumsi papaya juga dapat memperlancar saluran pencernaan.

Selain itu, penting untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula. Sebab, kadar gula yang terlalu tinggi dapat menghambat kerja sel kekebalan tubuh dalam melawan bakteri untuk beberapa waktu.

Pola Hidup Yang Tepat

Selain mengatur asupan makanan, menjalani pola hidup sehat juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah :

  • Olahraga Secara Teratur

Mungkin terdengar klise, tapi ahli medis tidak henti hentinya menyarankan anda untuk berolahraga secara teratur. Misalnya, berjalan kaki sekitar 30 menit tiap hari. Manfaat olahraga dapat memperlancar peradaran darah, membantu mengoptimalkan kinerja organ tubuh dalam proses metabolisme, dan mengurangi stres, sehingga membuat anda merasa lebih segar, dapat tidur lebih nyenyak, juga dapat memperbaiki produksi zat kimiawi dalam tubuh. Hal hal tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan.

  • Kelola Stres

Tingkat stres yang tinggi atau terjadi secara terus menerus dapat membuat anda mudah terserang penyakit, baik ringan maupun berat. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Sebab, ketika stres melanda, terjadi perubahan hormonal yang akan menekan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya berbagai pneyakit mudah menyerang. Mulai kelola stres dengan bijak, bisa dengan bermeditasi, berintreaksi dengan orang lain atau berkonsultasi pada ahli medis.

  • Tertawa

Terdengar aneh ? Mirip dengan berolahraga, efek tertawa akan membuat tubuh meningkatkan produksi hormon endorfin, yang membantu mengusir hormon stres yang ada didalam tubuh. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah. Selain itu, tertawa akan meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi.

  • Bergaul

Sebuah penelitian membuktikan orang yang sendirian atau merasa kesepian, sistem kekebalan tubuhnya akan cenderung lebih lemah. Sebaiknya, orang orang yang memiliki teman dan kehidupan sosialnya baik, sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat. Karenanya, jangan ragu untuk bergaul dan sesekali bertemu teman.

  • Tidur Yang Cukup

Penelitian telah membuktikan bahwa istirahat yang cukup akan meningkatkan pertahanan tubuh pada saat terkena serangan penyakit. Hal ini terkait dengan produksi protein sitokin oleh sistem kekebalan tubuh terjadi pada saat kita tertidur. Sitokin dibutuhkan ketika menghadapi infeksi, peradangan, maupun saat stres. Mencukupi tidur anda minimal 7-9 jam perhari akan membantu menjaga kekebalan tubuh secara efektif.

Meski bahan bahan makanan diatas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anda tetap disarankan mengonsumsi bahan makanan yang bervariasi. Lalu kombinasikan dengan pola hidup sehat. Kedua hal tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *