Tips untuk Bunda dalam Mencegah Ruam Pada Bayi

Kulit bayi yang halus dan lembut sangat rentan terhadap kontaminasi zat asing. Apabila kulit bayi terpapar zat asing tadi, reaksi yang paling sering muncul adalah ruam.

Menurut dokter spesialis anak Rini Sekartini, pada tahun pertama, masalah kulit yang acap muncul pada bayi ada tiga yaitu ruam susu, ruam popok dan biang keringat. Ruam susu adalah gangguan kulit yang berupa bintil merah di pipi yang muncul setelah bayi menenggak air susu ibu.

Pada ruam popok, bintil muncul diarea pantat dan sekitar pinggang bekas popok. Sedangkan biang keringat lumrah dijumpai pada lipatan-lipatan tubuh bayi atau bagian yang sering basah oleh keringat seperti punggung.

Selain itu, dokter Rini juga mengungkapkan bahwa pemakaian minyak dan sebagainya harus segera dihentikan saat bintil-bintil pada kulit muncul supaya ruam tidak melebar. Berikut dibawah ini tips untuk bunda dalam mencegah ruam pada bayi.

Tips untuk Bunda dalam Mencegah Ruam Pada Bayi

Tips untuk Bunda dalam Mencegah Ruam Pada Bayi

Perhatikan asupan bayi
Apabila kulit bayi bereaksi memerah setelah menetek, yang harus diperhatikan adalah asupan ibu. Alergi yang diderita bayi berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh si ibu.

Selalu bersihkan kulit bayi
Jika bayi selesai buang air, makan dan berkeringat, segeralah bunda membersihkannya dengan air atau tisu basah. Pilihlah tisu basah non-alkohol untuk menghindari risiko iritasi.

Pelajari teknik membersihkan alat kelamin bayi
Bagi bayi perempuan, basuh dari depan ke belakang ke arah anus. Adapun untuk bayi laki-laki, tarik kulupnya perhan hingga tampak lubang kencingnya, barulah kemudian bersihkan.

Jangan gunakan antiseptik
Produk-produk antiseptik sesuai untuk anak yang tumbuh-kembangnya sudah nyaris sempurna, misalnya pada usia sekolah dasar. Di bawah usia tersebut, pilihlah produk yang kandungan bahayanya rendah (low hazard).

Hindari penggunaan detergen
Saat membilas perlengkapan bayi, sebaiknya Anda menghindari penggunaan detergen karena bisa meninggalkan residu pada peralatannya. Pilihlah produk yang food grade sehingga aman ketika bayi menelannya.

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan dirumah untuk menjaga kesehatan bayi Anda. Semoga tips ini membantu Anda.

Artikel lainnya obat qnc jelly gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *