Virus dan Bakteri Penyebab Meningitis

De Bibah Jenabiah,- Meningitis disebabkan oleh virus umumnya tidak berbahaya tanpa pengobatan dan perawatan yang intensif. Tetapi meningitis karena bakteri dapat berakibat serius dan membutuhkan perawatan antibiotik segera untuk meningkatkan kemungkinan pemulihan. Menunda pengobatan untuk meningitis karena bakteri meningkat risiko kerusakan otak permanen atau kematian. Selain itu, bakteri meningitis dapat berakibat fatal dalam hitungan hari.

Cara mengetahui jenis meningitis seseorang dapat diketahui setelah menjalani tes cairan tulang belakang. Berbagai jenis bentuk mikroorganisme yan dapat menjadi penyebab meningitis meliputi:

Bakteri Penyebab Meningitis

meningitiss

      • Meningitis bakteri akut biasanya terjadi ketika bakteri memasuki aliran darah dan bermigrasi ke otak dan sumsum tulang belakang. Tetapi juga dapat terjadi ketika bakteri secara langsung menyerang meninges, sebagai akibat dari infeksi telinga atau sinus atau patah tulang tengkorak.
      • Streptococcus pneumoniae (pneumococcus) bakteri ini yang paling umum menyebabkan meningitis pada bayi ataupun anak-anak. Jenis bakteri ini juga yang bisa menyebabkan infeksi pneumonia, telinga dan rongga hidung (sinus)
      • Neisseria meningitidis (meningococcus), bakteri ini merupakan penyebab kedua terbanyak setelah streptoccus pneumoniae. Meningitis meningokokus biasanya terjadi ketika bakteri dari infeksi saluran pernapasan atas memasuki aliran darah Anda. Infeksi ini sangat menular. Ini mempengaruhi terutama remaja dan dewasa muda, dan dapat menyebabkan epidemi lokal di asrama perguruan tinggi, pesantren dan pangkalan militer. Ada vaksin untuk membantu mengurangi terjadinya infeksi ini.
      • Haemophilus influenzae (Haemophilus), bakteri digunakan untuk menjadi penyebab utama meningitis bakteri pada anak-anak. Tapi Hib vaksin sudah tersedia sebagai bagian dari imunisasi rutin di Amerika Serikat dan telah sangat mengurangi sejumlah kasus meningitis.
      • Listeria monocytogenes (listeria), bakteri ini dapat ditemukan pada makanan yang terkontaminasi, biasanya dalam jenis makanan keju. Listeria dapat melewati sawar plasenta, dan infeksi pada akhir kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir meninggal atau meninggal tak lama setelah lahir. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, karena efek penyakit atau obat-obatan, yang paling rentan seperti ibu hamil, bayi baru lahir, orang tua.

Virus Penyebab Meningitis

Virus menyebabkan lebih banyak kasus meningitis daripada bakteri. Meningitis virus biasanya ringan dan seringkali dapat sembuh dengan sendirinya. Sekelompok virus yang dikenal dengan enterovirus menjadi penyebab utama kasus meningitis viral di Amerika Serikat. Virus ini cenderung beredar di akhir musim panas dan awal musim gugur. Virus seperti virus herpes simpleks, HIV, mumps, virus West Nile dan lain-lain juga dapat menyebabkan meningitis.

Faktor Risiko Terkena Penyakit Meningitis

Bentuk kronis meningitis terjadi ketika tumbuh organisme yang menyerang selaput dan cairan yang mengelilingi otak. Meskipun meningitis akut menyerang tiba-tiba, meningitis kronis berkembang lebih dari dua minggu atau lebih. Namun demikian, tanda-tanda dan gejala meningitis kronis seperti sakit kepala, demam, muntah, dan kurangnya konsentrasi. Terdapat pula beberapa faktor yang menjadi pemicu risiko seseorang menderita penyakit meningitis, diantaranya yaitu:

        1. Usia. Sebagian besar kasus meningitis virus terjadi pada anak-anak pada usia 5 tahun.
      • Hidup dalam lingkungan sosial dimana kontak sosial seringkali berlangsung. Seperti tinggal di asrama, personil di pangkalan militer, pesantren dan fasilitas penitipan anak akan meningkatkan risiko meningitis meningokokus. Peningkatan risiko kemungkinan terjadi karena bakteri yang disebarkan oleh rute pernapasan dan cenderung menyebar dengan cepat dimana pun kelompok besar berkumpul.
      • Kehamilan. Dapat berisiko menderita meningitis karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria melalui makanan dan dapat berisiko pada kandungan.
      • Bekerja dalam lingkungan dimana banyak hewan ternak yang dapat meningkatkan risiko meningitis karena listeria.
      • Memiliki sistem imun yang lemah seperti AIDS, alkoholisme, diabetes dan penggunaan obat penekan kekebalan juga menjadi lebih rentan terhadap meningitis.

Itulah beberapa faktor risiko yang dapat memicu seseorang terkena penyakit meningitis. Dan apabila anda atau buah hati anda menderita penyakit meningitis, dibutuhkan suatu penanganan dini seperti pemberian obat yang tepat untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri penyebab meningitis, untuk ibu dibutuhkan suatu obat meningitis yang tentunya aman untuk anak dan semua kalangan usia.

| Virus dan Bakteri Penyebab Meningitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *