Waspada, Bahaya Obesitas Pada Anak

Dalam masa pertumbuhan, anak memang perlu cukup makanan, baik dari segi jumlah ataupun kandungan gizi, nutrisi serta vitamin. Makanan diperlukan untuk tumbuh kembang menjadi anak yang sehat dan kuat. Namun, bila porsi makanan yang diberikan berlebihan dari yang dibutuhkan, tubuhnya akan menjadi kelebihan kalori. Bila hal itu berlangsung terus, maka akan terjadi kenaikkan berat badan yang berlebihan (obesitas).

Sebenarnya, penyebab obesitas pada anak bukan hanya disebabkan oleh banyaknya makan, namun faktor kurangnya aktifitas fisik pun menjadi penyebab terjadinya obesitas pada anak. Lalu apa dampak bahaya obesitas pada anak?

Waspada, Bahaya Obesitas Pada Anak

obesitas anak

  • Kecanduan untuk makan banyak

Terbiasa dengan porsi makan yang banyak, sehingga kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa. Apabila dia makan kurang dari porsi biasanya, maka ia akan terus merasa lapar. Hasilnya, tubuh anak akan terpenuhi ribuan lemak.

  • Sistem Imun

Obesitas mengubah kinerja sistem imun sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi atau inflamasi yang mempengaruhi otak dan menghancurkan beberapa bagian disana. Akibatnya, suasana hati mudah berubah dan membuat anak susah menghentikan kebiasaan makan berlebih

  • Demensia atau stress

Obesitas pada anak akan sangat menyebabkan lemak dalam perut mempengaruhi otak, otak akan menciut, sehingga risiko obesitas akan berpengaruh demensia pada anak. Obesitas yang mempengaruhi resiko inflamasi pun akan membuat si anak jadi mudah stress karena faktor tubuh dan pikiran yang melemah.

  • Gangguan Pernafasan

Terjadinya gangguan pernapasa yang kurang baik. Tak ayal, orang yang terlalu gemuk akan mudah mendengkur saat ia tidur dan membuatnya lemah dan mudah ngantuk dan tidur di siang hari.

Untuk menjaga kesehatan anak dan terhindar dari obesitas, sudah seharusnya para orang tua memberikan asupan gizi, nutrisi yang dibutuhkan anak dan tidak berlebihan. Dan sudah sepatutnya juga orang tua mengawasi makanan apa saja yang mereka makan agar terhindar dari infeksi penyakit.

| Waspada, Bahaya Obesitas Pada Anak

Artikel Terkait

Agen Obat QnC Jelly Gamat
Obat Faringitis Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *